5 Bek yang Performanya Paling Apik Sepanjang Piala Eropa 2020

Leonardo Bonucci salah satunya!

Piala Eropa 2020 menyuguhkan banyak sekali pertandingan seru tiap harinya. Meski banyak tim yang menciptakan banyak gol, hanya tim-tim dengan pertahanan terbaik yang bisa melangkah hingga pertandingan puncak. Italia dan Inggris menjadi dua tim yang memang memiliki lini pertahanan yang sangat solid sepanjang pergelaran Piala Eropa 2020.

Inggris hanya kebobolan dua gol sepanjang turnamen, sedangkan Italia hanya kebobolan empat kali. Semua itu tentu saja tidak terlepas dari peran para bek yang tampil apik setiap pertandingannya. Berikut ini lima bek yang performanya paling impresif sepanjang pergelaran Piala Eropa 2020.

1. Kyle Walker 

5 Bek yang Performanya Paling Apik Sepanjang Piala Eropa 2020Kyle Walker. (thefa.com)

Kyle Walker tampil sangat luar biasa bersama tim nasional Inggris di Piala Eropa 2020. Bek milik Manchester City ini awalnya bermain sebagai bek tengah dalam skema tiga bek. Namun, ia kemudian dipercaya oleh Gareth Southgate untuk tampil sebagai bek sayap kanan dalam sejumlah pertandingan.

Pemain berusia 31 tahun ini bisa dibilang menjadi salah satu bek sayap kanan terbaik di kompetisi Premier League dalam beberapa tahun terakhir. Kecepatan, fisik, dan kemampuannya untuk membawa bola ke depan menjadikannya salah satu bek sayap modern terbaik di dunia. Bahkan, Jose Mourinho tak ragu menyebut Walker sebagai pemain terbaik versinya di Piala Eropa 2020.

2. Aymeric Laporte 

5 Bek yang Performanya Paling Apik Sepanjang Piala Eropa 2020Aymeric Laporte. (mancitysquare.com)

Sangat membingungkan untuk berpikir bahwa bek berkualitas seperti Aymeric Laporte tidak pernah tampil untuk tim nasional Prancis. Bintang Manchester City ini telah menjadi salah satu bek tengah paling mengesankan di Premier League dalam beberapa tahun terakhir. Karena tak kunjung mendapatkan panggilan untuk tampil bersama tim senior Prancis, Laporte memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya menjadi Spanyol sebelum Piala Eropa 2020.

Laporte menampilkan sejumlah penampilan luar biasa untuk Spanyol. Ia membantu tim asuhan Luis Enrique mencapai semifinal Piala Eropa 2020 meski Spanyol harus kalah adu penalti dari Italia yang akhirnya menjadi juara. Dengan kualitasnya itu, tidak menutup kemungkinan sang pemain akan kembali diandalkan oleh Spanyol di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 10 Potret Aymeric Laporte, Bek Manchester City yang Gagah Menawan

3. Leonardo Spinazzola 

5 Bek yang Performanya Paling Apik Sepanjang Piala Eropa 2020Leonardo Spinazzola. (italy24news.com)

Bek kiri milik AS Roma ini adalah salah satu bintang di pergelaran Piala Eropa 2020. Spinazzola memenangkan penghargaan Man of the Match dalam kemenangan 3-0 Italia atas Turki di pertandingan pembukaan Piala Eropa 2020. Ia juga memenangkan penghargaan Star of the Match dalam kemenangan Italia 2-1 atas Austria di babak 16 besar.

Sebelum mengalami cedera tendon achilles, ia sukses menciptakan 2 assist dari 4 pertandingan. Cedera yang didapatkan oleh Spinazzola kemungkinan besar akan membuatnya absen beberapa bulan.

4. Harry Maguire 

5 Bek yang Performanya Paling Apik Sepanjang Piala Eropa 2020Ekspresi bahagia Harry Maguire saat Inggris berhasil mengalahkan Jerman. (Twitter/England)

Penampilan Harry Maguire di Piala Eropa 2020 bersama tim nasional Inggris juga tidak kalah bagus. Kapten Manchester United ini bisa dibilang sebagai tembok kokoh milik The Three Lions. Ia turut membantu Inggris menciptakan 5 clean sheet sepanjang Piala Eropa 2020. Tidak hanya itu, sang pemain juga membuat Inggris hanya kebobolan 2 gol.

Pemain berusia 28 tahun itu terbukti telah menjadi pemimpin yang sangat dibutuhkan di jantung pertahanan Inggris. Menarik untuk ditunggu apakah ia bakal bisa terus melanjutkan performanya impresifnya itu bersama Manchester United pada musim depan.

5. Leonardo Bonucci 

5 Bek yang Performanya Paling Apik Sepanjang Piala Eropa 2020Leonardo Bonucci. (goal.com)

Kualitas dan pengalaman Leonardo Bonucci memang tidak perlu diragukan lagi. Meski secara umur tidak lagi muda, sang pemain masih menunjukkan kualitas terbaiknya bersama tim nasional Italia di Piala Eropa 2020. Bersama Giorgio Chiellini, mereka berhasil membuat lini pertahanan Gli Azzurri sangat kokoh.

Bonucci bahkan berhasil meraih Star of the Match di pertandingan final ketika berjumpa dengan Inggris. Jika melihat performanya di turnamen tersebut, Bonucci memang sangat layak dibandingkan dengan pemain seperti Fabio Cannavaro, Paolo Maldini, dan Alessandro Nesta sebagai salah satu bek terbaik yang pernah diproduksi oleh Italia.

 

Performa impresif yang ditunjukkan oleh para bek tersebut berhasil membuat negaranya melangkah jauh dan tampil solid sepanjang pergelaran Piala Eropa 2020. Jika melihat performanya, tidak menutup kemungkinan mereka bakal kembali diandalkan ketika turnamen Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik di Laga Final Piala Eropa 2020, Kane hingga Bonucci!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya