Comscore Tracker

Belum Genap 18 Tahun, 5 Pemain Ini Sudah Bermain Bersama Tim Senior

Wonderkid yang sedang naik daun, nih! 

Saat ini di liga top Eropa, kita sering kali melihat para pemain muda mendapatkan kepercayaan bermain di tim senior dan jadi pilihan utama. Meski baru berusia belasan tahun, mereka mampu tampil menjanjikan sehingga terus dipercayai oleh pelatih.

Nama-nama seperti Ansu Fati hingga Eduardo Camavinga menjadi langganan dan hampir tak tergantikan perannya di klub mereka masing-masing. Namun, pemain tersebut kini usianya sudah menginjak 18 tahun.

Ternyata, ada sejumlah pemain yang usianya lebih muda daripada mereka tapi sudah mampu tampil mengesankan. Berikut ini lima pemain yang belum genap 18 tahun tapi sudah mendapatkan tempat bermain bersama tim senior dan jadi pilihan utama. Siapa saja?

1. Jude Bellingham 

Belum Genap 18 Tahun, 5 Pemain Ini Sudah Bermain Bersama Tim Seniorgoal.com/Getty Images

Jude Bellingham didatangkan Borussia Dortmund pada musim ini dari klub Championship, Birmingham City. Ia digaet dengan biaya sebesar 23 juta euro atau sekitar Rp394 miliar. Meski baru berusia 17 tahun, ia langsung dimasukkan di tim senior.

Walau masih sangat muda, ia berhasil membayar kepercayaan itu. Pemain asal Inggris tersebut sejauh ini telah bermain sebanyak 13 pertandingan di semua ajang.

Ia hanya dua kali tidak dimainkan saat pekan kelima dan kesembilan Bundesliga. Tak mengherankan karena performanya itu, ia mendapatkan panggilan untuk bermain bersama timnas Inggris asuhan Gareth Southgate.

2. Rayan Cherki 

Belum Genap 18 Tahun, 5 Pemain Ini Sudah Bermain Bersama Tim Senioren.as.com/ SOCCRATES IMAGES

Rayan Cherki menjadi salah satu pemain muda yang sangat menonjol di Ligue 1 Prancis. Ia saat ini bermain untuk Olympique Lyon. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu telah memainkan 8 pertandingan di Ligue 1 musim ini.

Meski dalam beberapa kesempatan terakhir jarang dimainkan, hal tersebut tak mengubah banderol sang pemain. Cherki memiliki market value sebesar 25 juta euro atau sekitar Rp428 miliar. Angka tersebut terbilang besar mengingat ia baru berusia 17 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Ini Tampil Menjanjikan di Liga Champions

3. Florian Wirtz 

Belum Genap 18 Tahun, 5 Pemain Ini Sudah Bermain Bersama Tim Seniorspox.com/Getty Images

Di urutan ketiga ada Florian Wirtz. Pemain milik Bayer Leverkusen ini memainkan debutnya di Bundesliga pada musim lalu saat usianya masih 17 tahun, 15 hari. Seiring berjalannya waktu, ia mulai mendapatkan tempat di skuat utama Leverkusen.

Wirtz sejauh ini sudah menciptakan 3 gol dan 5 assist dari 13 pertandingan di semua ajang. Capaian apiknya itu membuat ia tak tergantikan dalam 4 pertandingan terakhir Leverkusen di Bundesliga. Jika terus menunjukkan kualitas tersebut, bukan tidak mungkin ia bakal menjadi incaran klub-klub top Eropa.

4. Jamal Musiala 

Belum Genap 18 Tahun, 5 Pemain Ini Sudah Bermain Bersama Tim Seniorbr.de/© picture-alliance/dpa

Jamal Musiala adalah pemain muda asal Inggris yang merantau ke Jerman, lebih tepatnya bersama Bayern Munchen. Meski skuat Bayern Munchen diisi para pemain beken, ia masih mampu bersaing sebagai pemain muda yang menjanjikan. Sejauh ini, pemain berusia 17 tahun itu sudah memainkan 6 pertandingan di Bundesliga dan membukukan 2 gol.

Tak hanya itu, ia juga sudah dipercayai untuk tampil di ajang bergengsi sekelas Liga Champions musim ini. Tentu saja, hal tersebut membuat banderol sang pemain naik hingga angka 10 juta euro atau sekitar Rp171 miliar.

Musiala sendiri bergabung bersama akademi Bayern Munchen pada musim panas 2019. Tak butuh waktu lama, ia kemudian promosi ke tim senior pada musim panas tahun ini.

5. Youssoufa Moukoko 

Belum Genap 18 Tahun, 5 Pemain Ini Sudah Bermain Bersama Tim Seniorgoal.com/Bundesliga

Youssoufa Moukoko menjadi pemain termuda di daftar ini. Di usia 16 tahun, ia sudah merasakan debut bersama tim senior Borussia Dortmund di musim ini. Suatu kesempatan yang begitu langka untuk didapat.

Pemain asal Jerman ini memainkan debutnya pada pertandingan pekan ke-8 Bundesliga saat Dortmund membantai Hertha Berlin dengan skor 5-2. Saat itu, ia masuk sebagai pemain pengganti dan bermain di lapangan selama 5 menit. Setelah memainkan partai debutnya, Moukoko kembali mendapatkan kepercayaan pada pekan ke-9 dan bermain selama 23 menit.

Pemain asli akademi Dortmund ini sempat menjadi buah bibir di kalangan pencinta sepak bola. Sebab, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini mampu membukukan 90 gol dan 16 assist dari 56 pertandingan bersama tim U-17.

 

Dari kelima pemain itu, hanya Cherki yang bermain di luar Bundesliga. Kira-kira siapa yang bakal tampil konsisten hingga musim berakhir?

Baca Juga: 5 Pemain Muda Dortmund Paling Moncer Saat Ini, Moukoko Debutan Anyar!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya