5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Joachim Low di Tim Nasional Jerman

Joachim Low akan mengundurkan diri setelah Piala Eropa 2021

Beberapa hari lalu, sebuah pernyataan mengejutkan diucapkan oleh pelatih tim nasional Jerman, Joachim Low. Pria yang saat ini sudah berusia 61 tahun itu mengonfirmasi bahwa dirinya akan mengundurkan diri dari posisi pelatih Timnas Jerman setelah Piala Eropa 2021.

Low menangani Timnas Jerman sejak tahun 2006 silam. Ketika itu, ia menggantikan posisi Jurgen Klinsmann. Selama 15 tahun menukangi Der Panzer, Low telah menghadirkan prestasi gemilang, salah satunya adalah gelar Piala Dunia 2014. Keputusan Low yang memilih untuk mundur membuat sejumlah nama diberitakan akan menjadi penerus dari sang pelatih. Lantas, siapa saja calon pengganti Low di Timnas Jerman? Berikut ulasannya!

1. Jurgen Klopp 

5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Joachim Low di Tim Nasional Jermanskysports.com

Nama yang paling kuat untuk menggantikan posisi Low adalah Jurgen Klopp. Pria yang saat ini melatih Liverpool itu dinilai memiliki kemampuan mumpuni untuk menukangi Der Panzer. Terlebih lagi, ia juga memiliki pengalaman yang sangat banyak dan sudah merasakan pahit serta manisnya perjalanan sebagai pelatih.

Klopp sendiri saat ini dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia. Ia sudah memenangkan begitu banyak prestasi gemilang di setiap tim yang ditanganinya. Borussia Dortmund dan Liverpool menjadi bukti keberhasilan pelatih berusia 53 tahun itu.

Baca Juga: Liverpool Kalah Lagi, Pertanda Jurgen Klopp Bakal Pergi?

2. Julian Nagelsmann 

5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Joachim Low di Tim Nasional Jermangoal.com

Performa apik yang ditunjukkan Julian Nagelsmann bersama RB Leipzig membuat namanya diminati banyak klub top Eropa. Oleh karena itu, tak mengherankan jika ia dianggap cocok untuk menjadi penerus Low di Timnas Jerman. Walau masih berusia cukup muda, 33 tahun, Nagelsmann telah memperlihatkan banyak kesuksesan dalam karir kepelatihannya.

Ia memimpin Hoffenheim ke Liga Champions pada musim 2016/2017 dan kemudian membantu Leipzig ke semifinal turnamen yang sama pada musim 2019/2020. Nagelsmann sendiri dikenal dengan strategi sepak bola menyerang. Ia selalu menjaga tempo cepat dan memberikan tekanan besar kepada lawan. Sang pelatih bisa menjadi proyek jangka panjang yang menjanjikan bagi Timnas Jerman.

3. Ralph Hasenhuttl 

5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Joachim Low di Tim Nasional Jermanbt.com

Sepanjang sejarahnya, Timnas Jerman belum pernah dilatih oleh pelatih yang berasal dari luar Jerman. Meski demikian, tradisi tersebut bisa saja berubah jika pelatih non-Jerman dianggap memiliki kualitas yang mumpuni. Salah satu pelatih luar Jerman yang dinilai cocok menukangi Der Panzer adalah Ralph Hasenhuttl.

Walau bukan berasal dari Jerman, Hasenhuttl telah mengetahui dan paham seluk beluk sepak bola Jerman. Ia pernah melatih sejumlah tim Jerman, seperti SpVgg Unterhaching, VfR Aalen, FC Ingolstadt, dan RB Leipzig.

4. Arsene Wenger 

5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Joachim Low di Tim Nasional Jermangoal.com

Arsene Wenger telah diakui sebagai salah satu pelatih hebat pada masanya. Meski pernah menukangi sejumlah tim, pria asal Prancis itu meraih banyak kesuksesan ketika bergabung bersama Arsenal. Selama 22 tahun melatih The Gunners, ia mampu meraih total 17 gelar juara.

Bahkan, Wenger pernah mengantarkan Arsenal tak terkalahkan selama satu musim penuh. Pengalamannya tersebut tentu saja sangat membantu dirinya jika ditunjuk sebagai penerus dari Low di Timnas Jerman.

5. Hans-Dieter Flick

5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Joachim Low di Tim Nasional Jermangoal.com

Performa impresif yang ditunjukkan Hans-Dieter Flick bersama Bayern Munchen membuat namanya melambung. Tak mengherankan jika ia masuk dalam kandidat penerus Low di Timnas Jerman. Flick berhasil memenangi 6 gelar sekaligus bersama Die Rotten pada musim pertamanya sebagai pelatih.

Keenam gelar itu adalah trofi Bundesliga, Piala Super Jerman, DFB Pokal, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Karena prestasinya tersebut, pria yang saat ini berusia 56 tahun itu menjelma menjadi salah satu juru taktik terbaik di dunia.

 

Dari kelima nama tersebut, kira-kira siapa yang cocok menjadi penerus Joachim Low di Timnas Jerman?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Pernah Dimainkan Hansi Flick di Bundesliga 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya