Comscore Tracker

5 Catatan Menarik Kemenangan Chelsea atas Leeds United di EPL

Mason Mount menciptakan beberapa rekor pribadi

Chelsea menang begitu mudah saat menghadapi Leeds United dalam laga tunda English Premier League (EPL) pekan ke-33. Bermain di Stadion Elland Road, Kamis (12/5/2022) dini hari, The Blues sukses menang dengan skor 3-0.

Tiga gol tim asuhan Thomas Tuchel itu masing-masing dibukukan oleh Mason Mount, Christian Pulisic, dan Romelu Lukaku. Dari hasil pertandingan Leeds United melawan Chelsea, hadir sejumlah catatan menarik yang layak untuk disimak.

1. Mason Mount menjadi pemain Inggris paling produktif di Premier League 

5 Catatan Menarik Kemenangan Chelsea atas Leeds United di EPLMason Mount ketika mencetak gol ke gawang Leeds United di Premier League. (twitter.com/premierleague)

Mason Mount layak dinobatkan sebagai Man of the Match dalam pertandingan menghadapi Leeds United. Pasalnya, pemain berusia 23 tahun itu sukses menciptakan masing-masing 1 gol dan 1 assist dalam laga tersebut.

Kini, Mount telah membukukan total 11 gol dan 10 assist di kompetisi Premier League musim 2021/2022. Catatan itu membuat Mount menjadi pemain Inggris yang paling banyak terlibat gol di kasta tertinggi Inggris tersebut.

2. Mason Mount menjadi pemain keenam Chelsea yang mencetak 10+ gol dan 10+ assist 

5 Catatan Menarik Kemenangan Chelsea atas Leeds United di EPLMason Mount (planetfootball.com)

Mason Mount adalah pemain pertama Chelsea yang terlibat langsung dalam 10 gol lebih dan 10 assist lebih di Premier League sejak musim 2018/2019. Terakhir kali pemain The Blues yang berhasil melakukan hal tersebut adalah Eden Hazard.

Selain mereka berdua, tercatat sudah ada tiga pemain Chelsea lainnya yang juga melakukan hal serupa, yakni Didier Drogba (dua kali), Frank Lampard, dan Juan Mata. Meski begitu, Mason Mount tetap menjadi pemain termuda yang berhasil menciptakan rekor tersebut dalam sejarah Chelsea.

Baca Juga: 9 Ide OOTD Kasual dan Trendi ala Mason Mount, Pas Buat Hangout!

3. Leeds United mendapatkan kartu merah dalam dua laga berturut-turut 

5 Catatan Menarik Kemenangan Chelsea atas Leeds United di EPLDaniel James ketika menerima kartu merah dari wasit dalam pertandingan melawan Chelsea di Premier League. (twitter.com/SquawkaNews)

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Peribahasa tersebut sepertinya sangat cocok dengan kondisi Leeds United akhir-akhir ini. Pasalnya, dalam dua laga terakhir mereka, saat kalah dari Arsenal dan Chelsea, dua pemain Leeds United harus menerima kartu merah, yakni Luke Ayling dan Daniel James.

Uniknya, dua kartu merah itu datang masing-masing pada babak pertama. Itu membuat Leeds menjadi tim kedelapan dalam sejarah Premier League yang pemainnya di kartu merah pada paruh pertama secara berturut-turut. Klub yang terakhir kali mengalami hal tersebut adalah Hull City pada September 2016.

4. Leeds United menjadi tim pertama yang menerima 100 kartu di Premier League 

5 Catatan Menarik Kemenangan Chelsea atas Leeds United di EPLDaniel James ketika melakukan pelanggaran keras kepada Mateo Kovacic dalam pertandingan melawan Chelsea di Premier League. (twitter.com/SquawkaNews)

Selain kartu merah Daniel James, Leeds United juga menerima satu kartu kuning dalam pertandingan menghadapi Chelsea. Kartu kuning itu diberikan wasit kepada Kalvin Phillips pada menit ke-43.

Tambahan dua kartu itu membuat Leeds United menjadi tim pertama yang menerima seratus kartu dalam satu musim di Premier League. Rinciannya adalah 97 kartu kuning dan 3 kartu merah.

5. Chelsea belum pernah kalah dari Leeds United dalam delapan laga terakhir 

5 Catatan Menarik Kemenangan Chelsea atas Leeds United di EPLPara pemain Chelsea melakukan selebrasi setelah Mason Mount mencetak gol ke gawang Leeds United di Premier League. (twitter.com/premierleague)

Kemenangan dini hari tadi membuat Chelsea belum terkalahkan dari Leeds United dalam delapan pertandingan terakhir di semua kompetisi. Selama periode tersebut, The Blues berhasil meraih 6 kali kemenangan dan 2 kali imbang.

Chelsea sendiri terakhir kali kalah dari Leeds United pada pertandingan tandang di kompetisi Premier League musim 2002/2003. Ketika itu, klub asal London Barat itu kalah dengan skor 0-2 di Elland Road.

 

Tambahan tiga poin membuat posisi Chelsea makin aman di urutan ketiga Premier League. Sementara itu, kekalahan membuat Leeds United tertahan di posisi ke-18. Jika tidak ingin turun kasta, Leeds harus bisa menyapu bersih dua pertandingan terakhir dengan kemenangan.

Baca Juga: 9 Fakta Mateo Kovacic, Pemain Chelsea yang Menguasai Lima Bahasa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya