5 Catatan Menarik Kemenangan Borussia Dortmund atas Copenhagen di UCL

Jude Bellingham menorehkan catatan impresif 

Borussia Dortmund tampil menyakinkan pada matchday pertama fase grup Liga Champions 2022/2023. Menjamu FC Copenhagen di Signal Iduna Park, Selasa (6/9/2022) malam WIB, Die Borussen berhasil menang dengan skor 3-0.

Tiga gol Dortmund masing-masing dihasilkan oleh Marco Reus, Raphaël Guerreiro, dan Jude Bellingham. Selain banyak gol yang tercipta, pertandingan Dortmund melawan Copenhagen itu juga menghasilkan sejumlah fakta menarik.

1. Jude Bellingham menorehkan catatan impresif 

5 Catatan Menarik Kemenangan Borussia Dortmund atas Copenhagen di UCLJude Bellingham (twitter.com/BellinghamJude)

Jude Bellingham tampil penuh selama 90 menit saat menghadapi Copenhagen. Pemain asal Inggris itu mampu menciptakan gol untuk Dortmund pada menit ke-83. Gol tersebut ternyata mengantarkan Bellingham menorehkan catatan impresif.

Bellingham menjadi remaja Inggris pertama yang mampu mencetak gol dalam tiga kompetisi Liga Champions berbeda pada musim 2020/2021, 2021/2022, dan 2022/2023. Ia mengikuti jejak deretan pemain bintang, seperti Obafemi Martins, Karim Benzema, Bojan Krkić, Kylian Mbappe, dan Ansu Fati.

2. Jude Bellingham juga sejajar dengan Theo Walcott 

5 Catatan Menarik Kemenangan Borussia Dortmund atas Copenhagen di UCLJude Bellingham (twitter.com/BellinghamJude)

Pertandingan melawan Copenhagen merupakan laga ke-17 Jude Bellingham di kompetisi Liga Champions. Catatan itu menyamai torehan Theo Walcott yang juga sama-sama memainkan 17 pertandingan saat umurnya belum genap 20 tahun.

Menariknya, Bellingham sukses mencetak 3 gol serta 4 assist dari seluruh penampilannya tersebut. Untuk seorang gelandang tengah, torehan Bellingham layak untuk diapresiasi.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Borussia Dortmund Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

3. Masuk sebagai pemain pengganti, Giovanni Reyna berhasil memberikan dampak besar 

5 Catatan Menarik Kemenangan Borussia Dortmund atas Copenhagen di UCLGiovanni Reyna (twitter.com/BVB)

Giovanni Reyna memulai laga dari bangku cadangan saat Dortmund berjumpa dengan Copenhagen. Pemain asal Amerika Serikat itu masuk pada menit ke-23 menggantikan Thorgan Hazard yang mengalami cedera.

Selama 67 menit di atas lapangan, Reyna sukses menorehkan dua assist untuk Die Borussen. Momen itu tercipta pada gol Raphaël Guerreiro (42’) dan Jude Bellingham (83’). Sayangnya, Reyna gagal meraih predikat man of the match. Pemain terbaik di pertandingan itu diraih oleh rekan Reyna, Julian Brandt.

4. Marco Reus tidak kalah impresif dari Giovanni Reyna dan Jude Bellingham 

5 Catatan Menarik Kemenangan Borussia Dortmund atas Copenhagen di UCLMarco Reus melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Copenhagen pada matchday pertama Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Marco Reus berhasil menyumbang satu gol saat Dortmund membantai Copenhagen dengan skor 3-0. Tambahan satu gol itu membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Dortmund di Liga Champions. Sang kapten secara total sudah membukukan 22 gol di kasta tertinggi kompetisi Eropa itu.

Tidak hanya itu, Reus saat ini juga memegang rekor sebagai pemberi assist terbanyak sepanjang masa Dortmund di Liga Champions. Pria berusia 33 tahun tersebut tercatat telah menciptakan 18 assist.

5. Clean sheet kelima Dortmund pada musim ini 

5 Catatan Menarik Kemenangan Borussia Dortmund atas Copenhagen di UCLNico Schlotterbeck dan Jude Bellingham (twitter.com/BlackYellow)

Dortmund memulai kompetisi musim 2022/2023 dengan performa yang ciamik. Dari tujuh pertandingan yang telah dilalui di semua kompetisi, tim asuhan Edin Terzic itu berhasil meraih enam kemenangan.

Hebatnya, Die Borussen berhasil menorehkan lima clean sheet dari seluruh laga tersebut. Catatan itu termasuk pertandingan saat menghadapi Copenhagen di Liga Champions dini hari tadi. Apakah ini pertanda Dortmund siap berjaya lagi, baik di ajang domestik maupun Eropa?

 

Kemenangan atas Copenhagen menjadi modal yang penting untuk Borussia Dortmund dalam menjalani pertandingan berikutnya. Pada matchday kedua Grup G, Dortmund akan bertandang ke markas Manchester City di Stadion Etihad, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Berkiprah di EPL setelah Tinggalkan Borussia Dortmund

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya