5 Catatan Menarik Kemenangan Bayern Munich Atas Barcelona di UCL

Leroy Sane dan Manuel Neuer catatkan rekor baru

Barcelona dipaksa pulang dengan tangan kosong dari Allianz Arena, Rabu (14/9/2022) dini hari. Bayern Munich berhasil mengalahkan wakil asal Spanyol itu dengan skor 2-0 pada matchday kedua Grup C UEFA Champions League (UCL) 2022/2023.

Die Roten membuktikan ketangguhannya di hadapan pendukung sendiri lewat gol Lucas Hernandez dan Leroy Sane. Berkat hasil ini, Bayern Munich untuk sementara waktu berhasil memuncaki klasemen Grup C.

Di sisi lain, hasil ini membuat Barcelona untuk sementara tertahan di urutan kedua. Sajikan duel agresif dari kedua tim, simak sederet catatan kemenangan Bayern Muncih atas Barcelona di UCL 2022/2023 berikut ini!

1. Leroy Sane menyamai torehan Ronaldinho 

5 Catatan Menarik Kemenangan Bayern Munich Atas Barcelona di UCLLeroy Sane (twitter.com/FCBayern)

Leroy Sane mencetak gol ke gawang Barcelona pada menit ke-54. Gol tersebut merupakan gol ke-18 bagi sang pemain selama tampil di Champions League. Torehan itu membuat Sane menyamai catatan legenda Brasil, Ronaldinho, yang juga mampu menorehkan 18 gol di kompetisi tersebut.

Di sisi lain, Sane sendiri telah terlibat 14 gol dalam 12 pertandingan terakhirnya di Champions League sejak musim 2021/2022 lalu. Rinciannya, ia mampu mencetak 8 gol serta 6 assist bagi Bayern Munich. Pemain asal Jerman itu hanya kalah dari Robert Lewandowski yang terlibat 19 gol dan Karim Benzema yang terlibat 17 gol.

2. Manuel Neuer melewati catatan Gianluigi Buffon 

5 Catatan Menarik Kemenangan Bayern Munich Atas Barcelona di UCLManuel Neuer (twitter.com/FCBayern)

Manuel Neuer tampil sangat solid di bawah mistar gawang Bayern Munich saat menghadapi Barcelona. Penjaga gawang berusia 36 tahun itu berhasil mencatatkan nirbobol alias clean sheet.

Berkat catatan tersebut, saat ini total Neuer telah menciptakan 53 clean sheet di Champions League. Torehan itu membuatnya melewati rekor Gianluigi Buffon yang mampu membukukan 52 clean sheet.

Neuer hanya terpaut empat clean sheet dari Iker Casillas yang berstatus sebagai raja clean sheet di Champions League. Mengingat kualitasnya yang masih menjanjikan, bukan tidak mungkin Neuer bakal melewati torehan mantan kiper Real Madrid tersebut.

Baca Juga: Chelsea Jamin Posisi Graham Potter Meski Gagal Tembus UCL

3. Bayern Munich tidak terkalahkan dalam 30 laga terakhir di fase grup

5 Catatan Menarik Kemenangan Bayern Munich Atas Barcelona di UCLKegembiraan para pemain Bayern Munchen setelah berhasil mengalahkan Barcelona pada matchday kedua Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/FCBayern)

Kemenangan atas Barcelona terasa manis bagi Bayern Munchen. Selain mampu menyegel posisi puncak Grup C, Bayern Munchen tercatat juga belum terkalahkan dalam 30 pertandingan terakhir penyisihan grup Champions League.

Klub asal Jerman itu hanya imbang tiga kali dan sisanya berakhir dengan kemenangan. Bayern Munchen menyamai rekor Real Madrid medio 2012-2017. Konsistensi Die Roten tersebut menjadi alasan mereka difavoritkan juara Champions League 2022/2023 ini.

4. Barcelona menjadi tim yang paling sering dikalahkan Bayern Munich

5 Catatan Menarik Kemenangan Bayern Munich Atas Barcelona di UCLLeroy Sane ketika berhasil mencetak gol ke gawang Barcelona pada matchday kedua Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Barcelona harus diakui sebagai salah satu klub paling berbahaya dalam dua dekade terakhir di kompetisi Eropa. Akan tetapi, tim asal Catalunya tersebut tidak bisa berkutik saat berjumpa Bayern Munich.

Dua klub elite itu tercatat telah 12 kali saling berhadapan di turnamen Champions League. Bayern Munich berhasil meraih 9 kemenangan, 1 imbang, dan 2 kekalahan.

Torehan itu membuat Barcelona menjadi klub yang paling sering dikalahkan Bayern Munchen di Champions League. Barcelona sejajar dengan sang rival, Real Madrid, yang juga telah dikalahkan Bayern Munich sebanyak sembilan kali.

5. Robert Lewandowski kembali ke Allianz Arena 

5 Catatan Menarik Kemenangan Bayern Munich Atas Barcelona di UCLRobert Lewandowski (twitter.com/ChampionsLeague)

Pertandingan Bayern Munich melawan Barcelona menjadi penanda kembalinya Robert Lewandowski ke Allianz Arena. Striker asal Polandia itu kali ini datang bukan sebagai kawan, melainkan sebagai lawan. Pasalnya, ia sudah berstatus sebagai pemain Blaugrana setelah diboyong pada bursa transfer musim panas 2022.

Walau bukan lagi menjadi pemain Bayern Munchen, Lewy, sapaan akrab sang pemain, tetap mendapatkan sambutan hangat dari suporter tuan rumah. Menurut Peter Schmeichel melalui CBS Sports, tak ada sama sekali cemoohan untuk pemain berusia 34 tahun tersebut.

Sayangnya, Lewandowski gagal menunjukkan tajinya dalam pertandingan kali ini. Ia tercatat melewatkan dua peluang emas untuk mencetak gol.

Hasil ini tentu cukup buruk bagi Barcelona. Mereka gagal melanjutkan tren positif setelah meraih lima kemenangan beruntun. Pada matchday ketiga Grup C, Barcelona akan bertandang ke markas Inter Milan, sedangkan Bayern Munich bakal menjamu Viktoria Plzen.

Baca Juga: 5 Catatan Terakhir Ajax di Fase Grup UCL, Dihantui Klub Inggris!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya