5 Catatan Menarik Kekalahan Liverpool dari Nottingham Forest di EPL

Mohamed Salah belum pernah mencetak gol ke gawang Nottingham

Liverpool tampil buruk pada pekan ke-13 English Premier League (EPL) 2022/2023. Bertandang ke markas Nottingham Forest di City Ground, Sabtu (22/10/2022) malam, The Reds dipaksa bertekuk lutut karena kalah dengan skor tipis 0-1. Gol kemenangan Nottingham Forest diciptakan oleh Taiwo Awoniyi pada babak kedua.

Liverpool sebenarnya bukan tanpa peluang. Anak asuh Jurgen Klopp tersebut mampu mendominasi permainan, tapi kesulitan menjebol gawang Dean Henderson. Dari hasil pertandingan ini, hadir sejumlah catatan menarik yang layak untuk disimak. Apa saja itu?

1. Liverpool menderita kekalahan ketiga di Premier League 

5 Catatan Menarik Kekalahan Liverpool dari Nottingham Forest di EPLAksi Jesse Lingard dan James Milner dalam pertandingan Nottingham Forest melawan Liverpool pada pekan ke-13 Premier League 2022/2023. (twitter.com/NFFC)

Kekalahan dari Nottingham Forest membuat Liverpool menorehkan catatan buruk. Kini, The Reds telah kalah 3 kali dari 11 pertandingan di Premier League.

Jumlah kekalahan tersebut lebih banyak jika dibandingkan musim 2021/2022. Musim lalu, Liverpool hanya menderita 2 kekalahan dari 38 pertandingan di Premier League.

2. Taiwo Awoniyi cetak gol ke gawang mantan klub 

5 Catatan Menarik Kekalahan Liverpool dari Nottingham Forest di EPLTaiwo Awoniyi (nottinghamforest.co.uk)

Taiwo Awoniyi mencetak gol pada menit ke-55. Striker asal Nigeria tersebut membukukan gol ke gawang Alisson setelah mendapatkan bola rebound dari tendangannya sendiri yang membentur tiang gawang. Gol tersebut cukup spesial bagi sang pemain. Pasalnya, Awoniyi berhasil mencetak gol ke gawang mantan klubnya.

Awoniyi tercatat menjadi bagian dari Liverpool selama 6 tahun dari 2015--2021. Namun, pemain berusia 25 tahun tersebut tidak pernah sekali pun tampil bersama tim utama The Reds. Ia lebih sering dipinjamkan ke berbagai klub, seperti FSV Frankfurt, NEC Nijmegen, KAA Gent, FSV Mainz, hingga Union Berlin.

Baca Juga: Ironis, Liverpool Dibekap Eks Pemainnya yang Diasingkan

3. Dean Henderson penyelamat Nottingham Forest 

5 Catatan Menarik Kekalahan Liverpool dari Nottingham Forest di EPLDean Henderson (twitter.com/Squawka)

Dean Henderson layak dinobatkan sebagai Man of the Match dalam pertandingan ini. Penjaga gawang berusia 25 tahun itu tampil solid di bawah mistar gawang sehingga Liverpool gagal mencetak gol. Ia tercatat membuat total tujuh penyelamatan selama 90 menit.

Henderson menghentikan peluang matang dari Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, hingga Mohamed Salah. Penampilan ciamik Henderson itu membuat Whoscored memberikan rating 8,1. Nilai tertinggi di antara pemain lain.

4. Mohamed Salah belum pernah mencetak gol ke gawang Nottingham Forest 

5 Catatan Menarik Kekalahan Liverpool dari Nottingham Forest di EPLMohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Penampilan apik atau tidaknya Liverpool tergantung kepada performa Mohamed Salah. Sayangnya, bintang asal Mesir itu tampil kurang gereget dalam pertandingan kali ini. Saking buruknya penampilannya, Salah hanya mendapatkan nilai 6,1 dari Whoscored.

Nottingham Forest sendiri menjadi klub Premier League kedua yang belum pernah dibobol Mohamed Salah. Tim lainnya adalah Swansea City. Apakah ini tanda Mohamed Salah sudah kehilangan ketajamannya?

5. Nottingham Forest masih berada di zona degradasi 

5 Catatan Menarik Kekalahan Liverpool dari Nottingham Forest di EPLPara pemain Nottingham Forest melakukan selebrasi setelah Taiwo Awoniyi mencetak gol ke gawang Liverpool pada pekan ke-13 Premier League 2022/2023. (twitter.com/NFFC)

Kemenangan ini membuat Nottingham Forest naik satu peringkat ke posisi 19. Anak asuh Steve Cooper tersebut mengumpulkan 9 poin dari 12 pertandingan. Mereka unggul satu poin dari Leicester City yang baru akan main kontra Wolves pada Minggu (23/10/2022).

Sementara itu, kekalahan membuat Liverpool tidak beranjak dari posisi ketujuh klasemen Premier League. The Reds mengoleksi 16 poin dari 11 pertandingan, tertinggal 11 angka dari Arsenal di puncak klasemen.

 

Pada pekan Premier League berikutnya, Liverpool akan menjamu Leeds United di Anfield, sedangkan Nottingham Forest bakal bertandang ke markas Arsenal di Emirates. Kedua laga tersebut dilaksanakan pada Minggu (30/10/2022).

Baca Juga: Nottingham Forest Curi Poin Penuh Atas Liverpool

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya