5 Catatan Singkat Manchester City Usai Singkirkan Atletico di UCL

Manchester City lolos ke semifinal dengan agregat 1-0 

Manchester City berhasil melaju ke semifinal Liga Champions Eropa (UCL) 2021/2022. Kepastian itu didapat usai bermain imbang 0-0 melawan Atletico Madrid pada leg kedua babak perempat final di Wanda Metropolitano, Kamis (14/4/2022) dini hari WIB.

Manchester City mampu menang 1-0 dari Atletico Madrid pada leg pertama di Stadion Etihad. Berkat hasil tersebut, The Citizens berhak lolos ke semifinal dengan agregat 1-0.

Tim asuhan Pep Guardiola itu akan menghadapi Real Madrid pada laga semifinal. Ada juga sejumlah catatan menarik usai menyingkirkan Atletico Madrid. Apa saja?

1. Semifinal kesembilan Pep Guardiola 

5 Catatan Singkat Manchester City Usai Singkirkan Atletico di UCLPep Guardiola (twitter.com/SquawkaNews)

Pep Guardiola telah mencapai semifinal Liga Champions untuk kesembilan kalinya. Catatan tersebut menjadi yang terbanyak daripada pelatih manapun di Eropa. Guardiola melakukannya 4 kali bersama Barcelona, 3 kali bersama Bayern Munich, dan 2 kali bersama Manchester City.

Dari seluruh catatan tersebut, Guardiola mampu meraih trofi Liga Champions sebanyak dua kali. Semuanya tercipta saat menangani Barcelona pada 2008/2009 dan 2010/2011.

2. Manchester City belum kebobolan pada fase gugur

5 Catatan Singkat Manchester City Usai Singkirkan Atletico di UCLAksi Ilkay Gundogan dalam pertandingan Atletico Madrid melawan Manchester City di Liga Champions 2021/2022. (twitter.com/SquawkaNews)

Manchester City tampil jauh lebih solid pada fase gugur Liga Champions 2021/2022. Bagaimana tidak, dari empat laga yang telah dilalui melawan Sporting Lisbon dan Atletico Madrid, Manchester City belum kebobolan sekalipun.

Jika ditotal, The Citizens belum kebobolan selama 424 menit di kompetisi tersebut. Gawang Manchester City terakhir kali kebobolan saat melawan RB Leipzig pada 7 Desember 2021 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester City

3. Pertandingan ke-100 Manchester City 

5 Catatan Singkat Manchester City Usai Singkirkan Atletico di UCLSelebrasi para pemain Manchester City ketika Raheem Sterling mencetak gol ke gawang Club Brugge. (skysports.com)

Pertandingan leg kedua melawan Atletico Madrid dini hari tadi menjadi laga yang cukup berkesan bagi Manchester City. Pasalnya, klub asal Inggris tersebut memainkan laga ke-100 di kompetisi antarklub Eropa. Dari seluruh torehan itu, The Citizens mampu meraih 55 kemenangan.

Catatan tersebut menjadi yang terbanyak daripada tim Inggris lainnya. Secara keseluruhan, hanya Real Madrid yang memenangi lebih banyak laga dari 100 pertandingan pertama, yakni 57 kali.

4. Atletico Madrid secara berturut-turut kalah dari wakil Inggris 

5 Catatan Singkat Manchester City Usai Singkirkan Atletico di UCLKeributan yang terjadi di laga Atletico Madrid melawan Manchester City di Liga Champions 2021/2022. (twitter.com/SquawkaNews)

Atletico Madrid sepertinya belum memiliki cara untuk menyingkirkan wakil Inggris di Liga Champions. Sebab, tim asuhan Diego Simeone tersebut harus kalah dari klub Inggris dalam 2 tahun terakhir. Mereka kalah dari Chelsea pada 2021 dan Manchester City pada 2022.

Itu menjadi yang pertama kalinya bagi Atletico Madrid kalah dari negara yang sama pada fase gugur Liga Champions sejak 1999. Los Rojiblancos sempat kalah secara berturut-turut dari wakil Italia, yaitu Lazio (1998) dan Parma (1999).

5. Hujan kartu tercipta pada masa injury time 

5 Catatan Singkat Manchester City Usai Singkirkan Atletico di UCLFelipe ketika mendapatkan kartu merah dari Diniel Siebert. (twitter.com/Squawka)

Periode injury time babak kedua antara Atletico Madrid dan Manchester City cukup ikonik. Pasalnya, terdapat banyak kartu yang dikeluarkan oleh wasit Diniel Siebert. Dalam tempo waktu 5 menit, sang wasit mengeluarkan 7 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Kartu merah diberikan Diniel Siebert kepada bek Atletico Madrid, Felipe, pada menit ke-95. Menariknya, Felipe hanya membuat dua pelanggaran sepanjang pertandingan. Itu artinya, setiap pelanggaran berbuah kartu kuning.

Manchester City akan menghadapi Real Madrid dalam dua leg pada babak semifinal. Pertama, mereka akan berjumpa di Stadion Etihad pada Rabu (27/4/2022) dini hari WIB. Pertandingan kedua bakal diselenggarakan di Stadion Santiago Bernabeu pada Kamis (5/5/2022) dini hari WIB.

Baca Juga: 7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico Madrid

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya