Dibeli Mahal Klub Premier League, 5 Pemain Ini Gagal Tampil Maksimal

Ada pemain yang sempat memecahkan rekor transfer 

Klub-klub yang berkompetisi di Premier League kerap kali membeli pemain dengan harga yang sangat mahal. Bahkan, tidak sedikit klub yang rela jor-joran untuk bisa mendatangkan pemain incarannya. Walau begitu, tidak semua pemain mahal memiliki karier yang sukses di kasta tertinggi Inggris tersebut.

Pasalnya, ada juga sejumlah pemain yang dibeli mahal tapi performanya tidak sesuai harapan. Berikut ini lima pemain yang gagal tampil maksimal meski digaet dengan biaya tinggi.

1. Andriy Shevchenko – Chelsea 

Dibeli Mahal Klub Premier League, 5 Pemain Ini Gagal Tampil MaksimalAndriy Shevchenko. (planetsport.com)

Pada tahun 2006, Andriy Shevchenko direkrut oleh Chelsea dari AC Milan dengan biaya sebesar 44 juta euro atau setara dengan Rp754 miliar. Nominal tersebut saat itu sempat menjadikan dirinya sebagai pemain termahal yang pernah dibeli klub Premier League. Penyerang asal Ukraina saat itu memang sedang berada di puncak kariernya.

Sebelumnya, Shevchenko pernah meraih gelar juara bersama AC Milan, yaitu Scudetto dan Liga Champions. Bahkan, ia pernah meraih penghargaan individu terbaik, yaitu Ballon d’Or pada tahun 2004. Sayangnya, sang pemain gagal meneruskan performa apiknya bersama Chelsea. Ia lebih sering dibekap cedera dan tampil inkonsisten selama waktunya di London.

2. Romelu Lukaku – Manchester United 

Dibeli Mahal Klub Premier League, 5 Pemain Ini Gagal Tampil MaksimalRomelu Lukaku. (skysports.com)

Biaya sebesar 85 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun dikeluarkan oleh Manchester United untuk mendatangkan Romelu Lukaku ke Old Trafford. Penyerang asal Belgia itu direkrut dari sesama klub Premier League, Everton. Dengan harga semahal itu, tidak mengherankan jika para pendukung Setan Merah berharap banyak kepada sang penyerang.

Awalnya, Lukaku memulai musim dengan sangat baik bersama Manchester United. Akan tetapi, sang pemain kemudian sempat mengalami paceklik gol selama empat bulan. Kehadiran Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih baru justru membuat posisi Lukaku semakin tak jelas. Alhasil, sang penyerang memutuskan untuk hengkang ke Inter Milan dan berhasil kembali menemukan performa terbaiknya.

Baca Juga: Lukaku Tolak Mentah-mentah Tawaran Gabung Manchester City

3. Alvaro Morata – Chelsea 

Dibeli Mahal Klub Premier League, 5 Pemain Ini Gagal Tampil MaksimalAlvaro Morata. (skysports.com)

Alvaro Morata direkrut oleh Chelsea dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas tahun 2017. Ketika itu penyerang asal Spanyol itu didatangkan ke Stamford Bridge dengan harga sebesar 66 juta euro atau setara dengan Rp1,1 triliun. Nominal tersebut sempat membuat Morata menjadi pemain termahal Premier League.

Akan tetapi, Morata gagal tampil memuaskan selama berseragam Chelsea. Ia tercatat hanya bermain di kompetisi Premier League selama 2 musim sebelum akhirnya hengkang ke Atletico Madrid. Selama waktunya itu, sang pemain hanya mencetak 16 gol dari 47 pertandingan.

4. Paul Pogba – Manchester United 

Dibeli Mahal Klub Premier League, 5 Pemain Ini Gagal Tampil MaksimalPaul Pogba. (skysports.com)

Untuk bisa memboyong Paul Pogba dari Juventus, Manchester United harus mengeluarkan uang sebesar 105 juta euro atau setara dengan Rp1,8 triliun. Setan Merah saat itu mengontrak sang gelandang pada tahun 2016. Pemain asal Prancis itu diharapkan menjadi gelandang box-to-box yang hebat selama waktunya di Old Trafford.

Sejauh ini Pogba bisa dikatakan tidak terlalu berhasil dalam menjalankan tugasnya. Performanya kurang memuaskan dan masih jauh dari harapan selama lima tahun ini. Dalam beberapa kesempatan, sang gelandang bahkan kerap kali dikambinghitamkan ketika Manchester United menderita kekalahan.

5. Kepa Arrizabalaga – Chelsea 

Dibeli Mahal Klub Premier League, 5 Pemain Ini Gagal Tampil MaksimalKepa Arrizabalaga. (skysports.com)

Kehilangan Thibaut Courtois membuat Chelsea harus mendatangkan sosok penjaga gawang baru. Kiper Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga, kemudian dipilih dan didatangkan pada musim panas 2018. Kepa ketika itu dibeli dengan harga yang sangat mahal, yaitu 80 juta euro atau setara Rp1,3 triliun.

Nominal tersebut sampai saat ini masih menjadikan Kepa sebagai penjaga gawang termahal sepanjang sejarah. Akan tetapi, performa kiper asal Spanyol tersebut kurang memuaskan bersama Chelsea. Bahkan, Chelsea kembali mendatangkan kiper baru, Edouard Mendy, pada musim panas tahun lalu. Alhasil, posisi Kepa pun digeser oleh kiper asal Senegal tersebut.

 

Tentunya ada banyak faktor yang membuat lima pemain mahal itu kurang memuaskan penampilannya selama bermain dengan klubnya masing-masing. Kini tinggal dua nama yang masih membela timnya, yaitu Paul Pogba dan Kepa Arrizabalaga.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Sepanjang Masa Athletic Bilbao, Ada Kepa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya