5 Duet Bek Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Puyol dan Pique!

Mereka sukses mempersembahkan banyak gelar untuk timnya

Olahraga sepak bola merupakan permainan yang mengedepankan kerja sama tim. Semakin bagus kerja sama antarpemain, semakin baik juga performa klub tersebut. Agar bisa menjadi yang terbaik, setiap klub juga dituntut untuk memiliki lini pertahanan yang solid. Pertahanan yang kuat biasanya dilihat dari adanya bek tengah yang tangguh.

Dua bek tengah pada dasarnya memiliki tugas yang sangat berat. Meski demikian, banyak sekali duet yang sangat baik di lini pertahanan pada abad ke-21. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. John Terry dan Ricardo Carvalho (Chelsea) 

5 Duet Bek Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Puyol dan Pique!Twitter/ubercheiseafc

Chelsea mendapatkan gelar Premier League pertamanya pada musim 2004/2005. Saat itu Jose Mourinho menjalani debutnya dengan sangat baik. Keberhasilan yang diraih oleh Chelsea ketika itu tentu saja tidak terlepas dari lini pertahanan yang solid karena adanya sosok John Terry dan Ricardo Carvalho.

Dua bek itu juga kembali mengantarkan The Blues meraih gelar Premier League di musim berikutnya. Hebatnya, Chelsea saat itu hanya kebobolan 15 gol dan mencatatkan 25 clean sheet. Catatan itu menjadi salah satu yang terbaik sepanjang sejarah Premier League.

Baca Juga: Jelang Duel Lawan Madrid, 2 Pemain Chelsea Berurusan dengan Polisi

2. Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci (Juventus) 

5 Duet Bek Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Puyol dan Pique!goal.com

Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci bisa dibilang sebagai salah satu duet bek terbaik selama 10 tahun terakhir. Dua pemain asal Italia itu memiliki peran yang sangat penting bagi lini pertahanan Juventus. Sebagian besar kesuksesan Bianconeri dalam memenangi 9 gelar Serie A secara berturut-turut juga karena sumbangsih dari kedua nama tersebut.

Chiellini dan Bonucci dikenal saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Oleh karena itu, tak mengherankan jika duet pemain ini bertahan lebih dari satu dekade. Bahkan, Jose Mourinho yang dikenal sebagai pelatih kontroversial tak tanggung-tanggung dalam memuji kedua pemain tersebut.

3. Carles Puyol dan Gerard Pique (Barcelona) 

5 Duet Bek Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Puyol dan Pique!vbetnews.com

Di era Pep Guardiola, Barcelona bisa dikatakan sebagai salah satu klub sepak bola terbaik di abad ke-21. Selain memiliki trio lini tengah yang berkualitas, Barcelona saat itu juga memiliki duet lini pertahanan yang solid, yaitu Carles Puyol dan Gerard Pique. Kemitraan kedua pemain itu membuat Barcelona berhasil memenangi banyak gelar di bawah asuhan Pep Guardiola.

Puyol memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat bagus sebagai seorang kapten, sedangkan Pique mempunyai kemampuan membaca permainan yang sangat baik. Tak hanya diduetkan ketika berseragam Barcelona, mereka juga sering dimainkan bersama ketika membela tim nasional Spanyol.

4. Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand (Manchester United) 

5 Duet Bek Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Puyol dan Pique!goal.com

Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand merupakan pasangan bek paling dominan dalam sejarah Premier League. Kedua pemain itu melakukan pekerjaannya dengan sangat baik dalam menghalau serangan lawan. Tak hanya itu, mereka juga cukup sering membantu tim dalam menciptakan gol di pertandingan-pertandingan penting.

Dominasi Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson selama bertahun-tahun memang tidak bisa dilepaskan dari kedua nama tersebut. Vidic dikenal memiliki gaya permainan yang keras dan lugas, sedangkan Ferdinand secara teknis sangat mahir dalam melakukan intersep dan sering kali menang dalam duel-duel bola udara.

5. Sergio Ramos dan Raphael Varane (Real Madrid) 

5 Duet Bek Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Puyol dan Pique!Twitter/optajean

Sergio Ramos dan Raphael Varane adalah salah satu duet bek tengah paling sukses sepanjang masa. Mereka sudah bermain bersama sejak Varane datang ke Santiago Bernabeu pada tahun 2011. Kerja sama mereka berdua berhasil mengantarkan Real Madrid tak terkalahkan dalam laga-laga penting.

Ramos dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas dan tak pandang bulu di lapangan. Sementara itu, Varane memiliki banyak kelebihan dalam permainannya yang tenang, kecepatan lari, serta duel bola udara. Kedua pemain itu sudah berhasil memenangi 3 gelar LaLiga. Namun, pencapaian terbaiknya justru meraih 4 trofi Liga Champions.

 

Kelima duet bek tengah itu pernah berjaya pada masanya dan berhasil mempersembahkan sejumlah gelar juara untuk klubnya. Siapa duet lini pertahanan yang paling kamu idolai?

Baca Juga: Real Madrid Perlu Waspada! Raphael Varane Diincar Manchester United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya