5 Fakta Pertandingan Ajax Amsterdam vs. Napoli, Hujan Gol!

Napoli berhasil menorehkan rekor baru 

Napoli menunjukkan penampilan yang luar biasa ketika bersua Ajax Amsterdam pada matchday ketiga Grup A UEFA Champions League (UCL) 2022/2023, Rabu (5/20/2022) dini hari. Meski berstatus tim tamu, Partenopei berhasil menang dengan skor telak yakni 6-1.

Giacomo Raspadori menjadi bintang Napoli dengan berhasil mencetak brace. Sementara itu, gol-gol Napoli lainnya diciptakan oleh Giovanni Di Lorenzo, Piotr Zielinski, Khvicha Kvaratskhelia, dan Giovanni Simeone. Adapun gol tunggal Ajax dibukukan oleh Mohammed Kudus.

Pertandingan kali ini juga diwarnai kartu merah yang diberikan wasit kepada Dusan Tadic pada menit ke-73. Selain menghasilkan hujan gol, laga Ajax melawan Napoli juga menghasilkan beberapa fakta menarik. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Napoli menorehkan rekor baru 

5 Fakta Pertandingan Ajax Amsterdam vs. Napoli, Hujan Gol!Giacomo Raspadori melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam pada matchday ketiga Champions League 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Tambahan enam gol ke gawang Ajax membuat Napoli saat ini total sudah mencetak tiga belas gol di babak fase grup Champions League. Berkat performanya itu, Napoli menjadi klub Italia pertama yang mampu mencetak sepuluh gol lebih dalam tiga pertandingan pertama fase grup Champions League.

Selain itu, Napoli juga menjadi tim tamu pertama yang mampu mencetak lima gol lebih melawan Ajax di kompetisi Eropa. Sebelumnya, kebobolan terbanyak Ajax di Johan Cruyff Arena terjadi saat melawan Borussia Dortmund pada 2012. Ketika itu, Dortmund sukses mengalahkan Ajax dengan skor 4-1.

2. Piotr Zielinski sejajar dengan Marek Hamsik dan Edinson Cavani 

5 Fakta Pertandingan Ajax Amsterdam vs. Napoli, Hujan Gol!Piotr Zielinski (twitter.com/sscnapoli)

Piotr Zielinski mencetak gol ke gawang Ajax pada akhir babak pertama, tepatnya menit ke-45. Golnya itu merupakan gol kelima sang pemain di kompetisi Champions League selama berseragam Napoli.

Torehan itu membuat Piotr Zielinski sejajar dengan dua legenda Napoli, Marek Hamsik dan Edinson Cavani, yang sama-sama mencetak lima gol. Zielinski hanya kalah dari catatan Arkadiusz Milik (7 gol), Lorenzo Insigne (11 gol), dan Dries Mertens (16 gol).

Baca Juga: Start Sempurna Napoli di Fase Grup UCL 2022/2023, Yakin Lolos?

3. Mohammed Kudus mencetak gol dalam tiga laga beruntun 

5 Fakta Pertandingan Ajax Amsterdam vs. Napoli, Hujan Gol!Mohammed Kudus (twitter.com/ChampionsLeague)

Gol Mohammed Kudus memang gagal mengantarkan Ajax meraih tiga poin. Meski begitu, gol tersebut membuatnya menorehkan catatan impresif. Kudus merupakan pemain kelima yang mencetak gol dalam tiga pertandingan berturut-turut di Champions League bagi Ajax.

Ia menjadi pemain termuda kedua yang melakukan hal tersebut saat usianya 22 tahun 63 hari. Kudus hanya kalah dari Patrick Kluivert yang berusia 19 tahun 109 hari.

4. Penampilan ciamik Giacomo Raspadori 

5 Fakta Pertandingan Ajax Amsterdam vs. Napoli, Hujan Gol!Giacomo Raspadori (twitter.com/sscnapoli)

Kemenangan telak Napoli atas Ajax tentu tidak terlepas dari peran Giacomo Raspadori. Striker asal Italia itu sukses mencetak 2 gol serta 1 assist dalam laga tersebut. Ia membuat assist untuk gol yang diciptakan oleh Khvicha Kvaratskhelia pada menit ke-63.

Tidak lama setelah membuat assist, Raspadori langsung ditarik keluar oleh Luciano Spalletti untuk diistirahatkan. Whoscored memberikan nilai 9,46 untuk aksi pemain berusia 22 tahun tersebut.

5. Napoli sempurna di Grup A 

5 Fakta Pertandingan Ajax Amsterdam vs. Napoli, Hujan Gol!Skuad Napoli saat menghadapi Ajax Amsterdam pada matchday ketiga Champions League 2022/2023. (twitter.com/MathiasOlivera5)

Dengan hasil ini, Napoli kukuh di puncak klasemen Grup A Champions League 2022/2023. Anak asuh Luciano Spalletti itu meraih poin sempurna dari tiga pertandingan yang dilalui. Mereka unggul tiga angka dari Liverpool yang berada di urutan kedua.

Sementara itu, kekalahan membuat Ajax tertahan di posisi ketiga klasemen sementara. Juara Eredivisie itu baru mengumpulkan tiga poin dari tiga laga.

 

Napoli dan Ajax Amsterdam akan kembali berjumpa pada matchday keempat Grup A Champions League 2022/2023, Rabu (12/10/2022) pukul 23.45 WIB. Akankah Napoli bakal kembali membantai wakil Belanda itu pada pekan depan?

Baca Juga: 5 Pemain Asal Negara Semenjana Eropa di Skuad Napoli 2022/2023

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya