Comscore Tracker

6 Fakta Duel Liverpool vs Ajax Amsterdam pada Matchday Kedua UCL

Salah butuh waktu 7 bulan untuk kembali cetak gol di UCL

Liverpool berhasil mengamankan tiga poin dalam matchday kedua Grup A UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. Bersua Ajax Amsterdam di Anfield, Rabu (14/9/2022) dini hari, tim asuhan Jurgen Klopp itu sukses menang dengan skor tipis 2-1.

Dua gol The Reds masing-masing diciptakan oleh Mohamed Salah dan Joel Matip. Sementara itu, gol tunggal Ajax dihasilkan oleh Mohammed Kudus.

Pertandingan yang menghasil kemenangan bagi Liverpool ini mencatatkan beberapa fakta menarik. Apa saja? Check this out!

1. Liverpool tidak pernah kalah setiap kali Joel Matip mencetak gol 

6 Fakta Duel Liverpool vs Ajax Amsterdam pada Matchday Kedua UCLJoel Matip dan Virgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Joel Matip mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam pada menit akhir babak kedua, tepatnya menit ke-89. Gol yang mengantarkan The Reds meraih tiga poin itu merupakan gol kesepuluh Matip bersama Liverpool.

Menariknya, setiap kali Matip mencetak gol, Liverpool tidak pernah mengalami kekalahan. Dari 10 pertandingan, tim asuhan Jurgen Klopp itu berhasil meraih 9 kemenangan dan 1 imbang.

2. Jurgen Klopp lanjutkan tren positif 

6 Fakta Duel Liverpool vs Ajax Amsterdam pada Matchday Kedua UCLJurgen Klopp (twitter.com/LFC)

Jurgen Klopp tercatat telah berjumpa dengan Ajax Amsterdam sebanyak lima pertandingan sepanjang kariernya. Pelatih asal Jerman ini berhasil menyapu bersih semua laga dengan kemenangan.

Ia menorehkan dua kemenangan saat melatih Borussia Dortmund dan tiga kemenangan bersama Liverpool. Dengan torehan itu, Klopp hanya kalah dari Jose Mourinho yang mampu mengalahkan Ajax sebanyak enam kali di kompetisi Champions League.

Baca Juga: 5 Catatan Terakhir Ajax di Fase Grup UCL, Dihantui Klub Inggris!

3. Penantian panjang Mohamed Salah 

6 Fakta Duel Liverpool vs Ajax Amsterdam pada Matchday Kedua UCLMohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Mohamed Salah berhasil membobol gawang Ajax Amsterdam pada menit ke-17. Meski hanya mencetak satu gol, torehan itu sangat berarti bagi pemain asal Mesir tersebut. Pasalnya gol tersebut merupakan gol pertama Salah dalam delapan pertandingan terakhir di kompetisi Champions League.

Ia terakhir kali mencetak gol di turnamen itu saat Liverpool melawan Inter Milan pada 16 Februari 2022. Itu artinya, Salah membutuhkan waktu sekitar 7 bulan untuk bisa kembali membukukan gol di Champions League.

4. Mohamed Salah melewati torehan Steven Gerrard 

6 Fakta Duel Liverpool vs Ajax Amsterdam pada Matchday Kedua UCLMohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Tambahan satu gol ke gawang Ajax Amsterdam membuat Mohamed Salah menorehkan catatan impresif lainnya. Pemain berusia 30 tahun itu sekarang berstatus sebagai pencetak gol terbanyak di kompetisi Eropa bagi Liverpool di Anfield.

Salah tercatat telah membukukan 15 gol bersama The Reds. Ia melewati torehan Steven Gerrard yang mampu mencetak 14 gol di Anfield dalam kompetisi Eropa.

5. Liverpool menjadi mimpi buruk Ajax Amsterdam 

6 Fakta Duel Liverpool vs Ajax Amsterdam pada Matchday Kedua UCLSkuad Liverpool ketika menghadapi Ajax Amsterdam pada matchday kedua Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/LFC)

Ajax Amsterdam merupakan salah satu kuda hitam di kompetisi Champions League. Klub asal Belanda itu sudah tampil di laga tandang sebanyak tujuh belas kali sejak musim 2018/2019.

Dari seluruh pertandingan itu, Ajax mampu meraih 10 kemenangan, 5 imbang, dan 2 kekalahan. Menariknya, dua kekalahan yang didapatkan Ajax itu datang dari klub yang sama, yakni Liverpool. Sebelum pertandingan kali ini, Ajax kalah dari Liverpool di Anfield dengan skor 0-1 pada 1 Desember 2020.

6. Mohammed Kudus tampil impresif musim ini 

6 Fakta Duel Liverpool vs Ajax Amsterdam pada Matchday Kedua UCLMohammed Kudus (twitter.com/SquawkaNews)

Mohammed Kudus menjadi sorotan dalam pertandingan Liverpool melawan Ajax Amsterdam. Bermain selama 86 menit, pria berusia 22 tahun itu mampu mencetak satu gol untuk Ajax.

Secara keseluruhan, Kudus telah mengoleksi 6 gol serta 1 assist dari 9 pertandingan pada musim ini. Torehan itu menyamai catatan dirinya pada musim lalu. Bedanya, Kudus membutuhkan 25 pertandingan pada musim lalu.

 

Meski menderita kekalahan, Ajax Amsterdam untuk sementara waktu masih berada di puncak klasemen Grup A. Pasalnya, Ajax masih unggul produktivitas gol dari Napoli dan Liverpool yang berada di urutan kedua serta ketiga.

Baca Juga: Catatan Liverpool Vs. Ajax di UCL 2022/2023, The Reds Menang Tipis

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya