5 Fakta Menarik Pertandingan Chelsea Vs Newcastle United di EPL

Chelsea menang dengan skor tipis 1-0 

Chelsea berhasil kalahkan Newcastle United pada pekan ke-29 English Premier League (EPL) di Stamford Bridge, Minggu (13/3/2022) malam WIB. The Blues berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal Chelsea diciptakan oleh Kai Havertz pada menit ke-89. Tambahan tiga poin semakin memantapkan Chelsea di urutan ketiga dalam klasemen Premier League.

Sementara itu, kekalahan membuat Newcastle United tertahan di posisi ke-13. Berikut lima fakta menarik dalam laga Chelsea melawan Newcastle di Stamford Bridge.

1. Gol keempat Kai Havertz dalam tiga laga terakhir

5 Fakta Menarik Pertandingan Chelsea Vs Newcastle United di EPLKai Havertz (twitter.com/Squawka)

Kai Havertz berhasil membuktikan dirinya sebagai penyerang yang haus gol bagi Chelsea. Golnya ke gawang Newcastle United merupakan gol keempat sang pemain dalam 3 laga terakhir di kompetisi Premier League.

Sementara itu, Havertz terlibat 6 gol (5 gol serta 1 assist) dalam 5 pertandingan terakhirnya di semua ajang. Performa impresif itu hampir pasti akan membuat Havertz terus menjadi starter pada pekan-pekan berikutnya. Di sisi lain, kegemilangan Havertz berpotensi membuat Romelu Lukaku lebih sering duduk di bangku cadangan.

2. Tren positif Newcastle United terhenti 

5 Fakta Menarik Pertandingan Chelsea Vs Newcastle United di EPLSkuad Newcastle United saat pertandingan menghadapi Chelsea di Premier League. (twitter.com/NUFC)

Sebelum laga melawan Chelsea, Newcastle United berada di tren yang apik. Tim asuhan Eddie Howe tersebut tidak terkalahkan dalam 9 pertandingan terakhir di Premier League. The Magpies terakhir kali mengalami kekalahan saat menghadapi Manchester City pada 19 Desember 2021.

Ketika itu, Newcastle dibantai The Cityzens dengan skor telak 4-0 di St James' Park. Setelah itu, Newcastle mendapatkan hasil imbang 3 kali dan 6 laga berakhir dengan kemenangan. Sayangnya, tren positif itu harus terhenti di tangan Chelsea.

Baca Juga: Chelsea Curi Poin Penuh Atas Newcastle

3. Thomas Tuchel menggunakan formasi 4 bek 

5 Fakta Menarik Pertandingan Chelsea Vs Newcastle United di EPLThomas Tuchel (squawka.com)

Selama melatih Chelsea, Thomas Tuchel dikenal selalu menggunakan skema tiga bek tengah. Namun, pada laga melawan Newcastle United, pria asal Jerman itu secara mengejutkan memakai formasi empat bek di lini belakang.

Di posisi bek sayap kanan, Tuchel memainkan Trevoh Chalobah. Sedangkan di posisi bek sayap kiri, Tuchel menempatkan Malang Sarr. Andreas Christensen dan Antonio Rudiger dipercayai untuk mengisi posisi bek tengah.

Namun, pada akhirnya, pelatih berusia 48 tahun itu mengubah lagi taktiknya dengan menarik keluar Malang Sarr dan memasukkan Christian Pulisic. The Blues pun bermain lagi dengan formasi tiga bek. Perubahan itu kemudian membuat Chelsea tampil jauh lebih efektif.

4. Chelsea gagal melakukan tembakan tepat sasaran selama 65 menit 

5 Fakta Menarik Pertandingan Chelsea Vs Newcastle United di EPLPara pemain Chelsea melakukan selebrasi setelah Kai Havertz mencetak gol ke gawang Newcastle United di Premier League. (twitter.com/ChelseaFC)

Meski mendominasi penguasaan bola, tetapi penampilan Chelsea bisa dibilang cukup mengecewakan saat menghadapi Newcastle United. Bagaimana tidak, The Blues gagal menciptakan satu pun tembakan tepat sasaran pada babak pertama.

Itu menyamai rekor buruk Chelsea saat menghadapi Manchester United (2020), Liverpool (2020), dan Manchester City (2021). Lebih mengecewakannya lagi, Chelsea tak kunjung mendapatkan tembakan tepat sasaran hingga menit ke-65.

Namun, masuknya Christian Pulisic berhasil mengubah permainan The Blues. Setelah itu, Chelsea berhasil membuat tiga tembakan tepat sasaran, di mana salah satunya menjadi gol.

5. Masih ada sponsor di jersey Chelsea

5 Fakta Menarik Pertandingan Chelsea Vs Newcastle United di EPLKai Havertz (twitter.com/premierleague)

Dalam beberapa hari terakhir, beredar kabar bahwa sejumlah sponsor menghentikan kesepakatan sementara dengan Chelsea. Dua sponsor besar yang meminta logonya dilepas dari jersey Chelsea adalah provider telekomunikasi, 3, dan perusahaan otomotif, Hyundai.

Namun, pada laga melawan Newcastle United, kedua logo sponsor itu tetap terpasang di jersey The Blues. Menurut beberapa laporan, Chelsea terpaksa masih memakai jersey lama karena tidak punya dana untuk memesan lagi jersey baru. Sebab, rekening bank Chelsea saat ini sedang dibekukan.

 

Pada pekan selanjutnya, Chelsea akan menghadapi Brentford pada Sabtu (2/4/2022) pukul 21.00 WIB. Sementara itu, Newcastle akan melawan Everton pada Jumat (18/3/2022) pukul 02.45 WIB.

Baca Juga: Menengok Dua Sisi dari Kemenangan Chelsea atas Newcastle United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya