Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Laga Chelsea Vs. Tottenham, Berakhir Sama Kuat 2-2

Thomas Tuchel berhasil mempertahankan rekornya 

Chelsea harus puas bermain imbang 2-2 ketika menghadapi Tottenham Hotspur pada pekan kedua English Premier League (EPL) 2022/2023. Pertandingan yang berlangsung di Stamford Bridge, Minggu (14/8/2022) malam WIB, berjalan sangat seru.

Chelsea sebenarnya dua kali unggul dalam laga ini. Namun, Spurs dua kali pula mampu menyamakan kedudukan.

Gol-gol dalam pertandingan itu masing-masing diciptakan oleh Kalidou Koulibaly (19’), Pierre-Emile Hojbjerg (68’), Reece James (77’), dan Harry Kane (96’). Seperti laga lain, pertandingan Chelsea melawan Tottenham Hotspur juga menghasilkan sejumlah fakta menarik yang layak untuk dibahas. 

1. Kalidou Koulibaly cetak gol debut 

6 Fakta Menarik Laga Chelsea Vs. Tottenham, Berakhir Sama Kuat 2-2Kalidou Koulibaly melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur di English Premier League 2022/2023. (twitter.com/premierleague)

Dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur, Kalidou Koulibaly memulai laga sejak menit pertama. Ia ditandemkan bersama Thiago Silva dan Reece James di jantung pertahanan. Keputusan Thomas Tuchel memainkan Koulibaly terbukti membuahkan hasil positif. Sebab, pemain asal Senegal itu berhasil menorehkan gol debutnya dan sempat membawa Chelsea unggul 1-0.

Hebatnya, gol perdana itu sukses dicetak sang pemain saat melawan tim sekelas Tottenham Hotspur. Catatan Koulibaly itu sama seperti Michael Essien yang juga mencetak gol debut bersama Chelsea ketika melawan Spurs pada Maret 2006.

2. Raheem Sterling dan Marc Cucurella juga tampil apik 

6 Fakta Menarik Laga Chelsea Vs. Tottenham, Berakhir Sama Kuat 2-2Marc Cucurella (twitter.com/cucurella3)

Semua rekrutan anyar Chelsea berhasil menunjukkan kelasnya dalam laga melawan Tottenham Hotspur. Selain Kalidou Koulibaly, Marc Cucurella dan Raheem Sterling juga tampil impresif.

Keduanya masing-masing berhasil menciptakan assist untuk The Blues. Cucurella menciptakan assist dalam gol Koulibaly, sedangkan Sterling menorehkan assist dalam gol James.

3. Harry Kane sejajar dengan Sergio Aguero 

6 Fakta Menarik Laga Chelsea Vs. Tottenham, Berakhir Sama Kuat 2-2Harry Kane (twitter.com/SpursOfficial)

Tambahan satu gol Harry Kane saat melawan Chelsea membuat dirinya saat ini telah menorehkan total 184 gol di kompetisi Premier League. Itu merupakan jumlah gol terbanyak yang dicetak seorang pemain untuk satu klub dalam sejarah Premier League.

Torehan itu membuat Kane sejajar dengan Sergio Aguero yang sama-sama mencetak 184 gol di kasta tertinggi Liga Inggris. Bedanya, Aguero hanya membutuhkan 275 laga untuk menorehkan semua itu, sedangkan Kane memerlukan 284 pertandingan. Beda tipis!

Baca Juga: Fakta Menarik di Balik Transfer Cucurella ke Chelsea, Ditebus Mahal

4. Harry Kane dekati rekor Thierry Henry 

6 Fakta Menarik Laga Chelsea Vs. Tottenham, Berakhir Sama Kuat 2-2Para pemain Tottenham Hotspur melakukan selebrasi setelah Harry Kane mencetak gol ke gawang Chelsea di English Premier League 2022/2023. (twitter.com/premierleague)

Berkat tambahan satu gol menghadapi Chelsea, Harry Kane juga mendekati rekor lain. Kini penyerang asal Inggris itu masuk ke dalam daftar pemain yang paling sering mencetak gol di pertandingan Derbi London.

Kane tercatat sudah menorehkan total 42 gol ketika melawan klub-klub asal London. Ia hanya terpaut satu gol dari legenda Arsenal, Thierry Henry, yang sukses mencetak 43 gol.

5. Penantian panjang Tottenham Hotspur 

6 Fakta Menarik Laga Chelsea Vs. Tottenham, Berakhir Sama Kuat 2-2Pierre-Emile Hojbjerg (twitter.com/SpursOfficial)

Pertandingan melawan Chelsea sepertinya tidak akan mudah untuk dilupakan oleh Pierre-Emile Hojbjerg. Sebab, pria asal Denmark itu menjadi pemain Tottenham Hotspur pertama yang berhasil mencetak gol ke gawang Chelsea di Premier League sejak November 2018.

Itu artinya, Tottenham membutuhkan waktu hampir empat tahun untuk bisa membobol gawang Chelsea lagi. Penantian panjang itu akhirnya berakhir setelah 1.359 hari. 

6. Thomas Tuchel belum pernah kalah melawan Spurs 

6 Fakta Menarik Laga Chelsea Vs. Tottenham, Berakhir Sama Kuat 2-2Thomas Tuchel (twitter.com/ChelseaFC)

Thomas Tuchel ditunjuk menjadi pelatih Chelsea sejak Januari 2021. Sampai saat ini, pria asal Jerman itu belum sekalipun mengalami kekalahan ketika timnya menghadapi Tottenham Hotspur.

Dari delapan laga yang dilalui, Tuchel sukses mengalahkan Spurs sebanyak tujuh kali sementara sisanya berakhir imbang. Hal tersebut jelas menjadi catatan yang impresif bagi pelatih berusia 48 tahun itu.

Hasil imbang membuat Chelsea dan Tottenham Hotspur sama-sama mengumpulkan 4 poin dari 2 pertandingan Premier League 2022/2023. Pada pekan berikutnya, Chelsea akan menghadapi Leeds United, sedangkan Spurs bakal melawan Wolves.

Baca Juga: Dejavu Ribut-ribut Chelsea vs Tottenham di Stamford Bridge

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya