5 Fakta Menarik Kemenangan Tipis Arsenal Melawan PSV Eindhoven di UEL

Arsenal dipastikan lolos ke fase gugur 

Arsenal masih terlalu kuat bagi pesaingnya di Grup A UEFA Europa League (UEL) 2022/2023. Ketika menjalani laga tunda pekan kedua kontra PSV Eindhoven di Stadion Emirates, Jumat (21/10/2022) dini hari WIB, The Gunners berhasil menang tipis dengan skor 1-0.

Granit Xhaka mencetak gol semata wayang pada menit ke-70. Gelandang asal Swiss tersebut memanfaatkan umpan silang dari Takehiro Tomiyasu.

Kemenangan tipis ini memastikan Arsenal lolos ke babak gugur UEL 2022/2023. Di samping itu, terdapat sejumlah fakta menarik yang layak untuk diketahui dari pertandingan Arsenal melawan PSV Eindhoven. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!

1. Granit Xhaka telah mencetak tiga gol musim ini 

5 Fakta Menarik Kemenangan Tipis Arsenal Melawan PSV Eindhoven di UELGranit Xhaka (twitter.com/EuropaLeague)

Dengan tambahan 1 gol melawan PSV Eindhoven, Granit Xhaka saat ini sudah menorehkan 3 gol pada 2022/2023. Jumlah tersebut merupakan gol terbanyak Xhaka selama berseragam Arsenal per musimnya. Uniknya, gol dini hari tadi adalah gol pertamanya menggunakan kaki kanan.

Xhaka sendiri tampil cukup produktif pada musim ini karena perannya diubah Mikel Arteta sebagai box-to-box. Jika sebelumnya lebih sering menjaga kedalaman lini tengah, ia kini lebih punya kebebasan untuk membantu serangan.

Performa apik Xhaka tersebut membuat namanya kembali dicintai fans The Gunners. Ia menemukan kembali cinta setelah sempat menjadi sosok yang dibenci publik Stadion Emirates.

2. Arsenal akhirnya mampu mengalahkan PSV kembali setelah 18 tahun 

5 Fakta Menarik Kemenangan Tipis Arsenal Melawan PSV Eindhoven di UELBukayo Saka (kiri) dalam pertandingan Arsenal melawan PSV Eindhoven di UEL 2022/2023. (twitter.com/EuropaLeague)

Kemenangan atas PSV Eindhoven cukup berkesan bagi Arsenal. Pasalnya, kemenangan ini merupakan kemenangan perdana The Gunners atas Boeren setelah 18 tahun.

Arsenal terakhir kali mengalahkan PSV pada 2004 silam. Dalam kompetisi UEFA Champions League (UCL) 2004/2005, Arsenal ketika itu berhasil mengalahkan PSV dengan skor tipis 1-0.

Setelah laga tersebut, Arsenal gagal meraih kemenangan dalam tiga pertandingan kontra PSV. Rinciannya, Arsenal hanya mampu meraih 2 imbang dan 1 kalah.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Tipis Arsenal atas FK Bodo/Glimt di UEL

3. Penampilan ke-100 Kieran Tierney bersama Arsenal 

5 Fakta Menarik Kemenangan Tipis Arsenal Melawan PSV Eindhoven di UELKieran Tierney (arsenal.com)

Pertandingan menghadapi PSV Eindhoven sepertinya tidak akan mudah untuk dilupakan Kieran Tierney. Pasalnya, sang pemain mampu menorehkan catatan individu. Ia tercatat telah memainkan laga ke-100 bersama Arsenal.

Tierney merupakan pemain Skotlandia pertama yang mencapai 100 penampilan untuk Arsenal sejak Charlie Nicholas pada September 1985. Selama berseragam The Gunners, Tierney sukses menyumbangkan 4 gol dan 13 assist.

4. Walter Benitez jadi Man of the Match

5 Fakta Menarik Kemenangan Tipis Arsenal Melawan PSV Eindhoven di UELWalter Benítez (twitter.com/PSV)

Meski gagal mencatatkan clean sheet, Walter Benitez tetap layak dinobatkan sebagai Man of the Match dalam pertandingan ini. Penjaga gawang berusia 29 tahun itu tampil solid di bawah mistar gawang PSV Eindhoven. Total ada tujuh penyelamatan yang dibuat Benitez. Tiga di antaranya tergolong penyelamatan krusial.

Benitez berhasil menggagalkan peluang one-on-one Bukayo Saka. Tembakan jarak dekat Gabriel Jesus juga berhasil dipatahkan. Belum lagi tendangan keras kaki kiri Gabriel Martinelli dalam kotak penalti. Jika tanpa kehadiran Benitez, PSV sepertinya bakal kebobolan lebih banyak gol.

5. Arsenal sempurna di UEL 2022/2023 

5 Fakta Menarik Kemenangan Tipis Arsenal Melawan PSV Eindhoven di UELSkuad Arsenal ketika menghadapi PSV Eindhoven di UEL 2022/2023. (twitter.com/EuropaLeague)

Kemenangan atas PSV Eindhoven membuat Arsenal dipastikan lolos ke babak gugur UEL 2022/2023. The Gunners saat ini kokoh di puncak klasemen Grup A setelah berhasil menyapu bersih empat pertandingan dengan kemenangan.

Sementara itu, kekalahan membuat PSV tertahan di urutan kedua. Boeren mengumpulkan 7 poin dari 4 pertandingan. PSV hanya membutuhkan satu poin lagi untuk memastikan diri menemani Arsenal lolos ke babak berikutnya.

Arsenal dan PSV Eindhoven akan kembali berjumpa pada pekan kelima UEL 2022/2023. Laga tersebut akan dilaksanakan pada Kamis (27/10/2022) malam pukul 23.45 WIB.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain yang Menjadi Pelatih PSV Eindhoven, Nistelrooy Terbaru

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya