5 Fakta Tentang Skuad Tim Nasional Jerman di Turnamen Piala Eropa 2020

Mampukah Der Panzer meraih gelar juara?

Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Low, baru saja mengumumkan para pemain yang akan dibawa pada Piala Eropa 2020. Pria berusia 61 tahun itu memanggil total 26 pemain untuk mengarungi kompetisi tersebut. Jerman bisa dibilang tergabung dalam grup neraka karena harus bermain melawan Portugal dan Prancis.

Oleh karena itu, jika ingin lolos sampai babak gugur, Jerman harus tampil maksimal. Terlebih lagi, turnamen ini akan menjadi yang terakhir bagi Joachim Low bersama tim nasional Jerman. Tentunya hasil maksimal diharapkan bisa diraih oleh Der Panzer kali ini. Berikut ini lima fakta tentang skuad tim nasional Jerman pada ajang Piala Eropa 2020.

1. Banyak pemain debutan 

5 Fakta Tentang Skuad Tim Nasional Jerman di Turnamen Piala Eropa 2020Kai Havertz saat bermain bersama tim nasional Jerman. (dw.com)

Dari 26 nama yang mendapatkan panggilan, cukup banyak pemain yang belum pernah merasakan tampil di kejuaraan Eropa. Nama-nama seperti Kevin Volland, Florian Neuhaus, Jamal Musiala, Kai Havertz, Christian Guenter, hingga Robin Gosens baru merasakan debutnya pada tahun ini.

Bahkan, Christian Guenter baru tampil dengan tim nasional Jerman sebanyak 1 kali. Catatan tersebut didapatkannya pada 13 Mei 2014 ketika bertanding melawan Polandia dalam pertandingan persahabatan.

2. Jamal Musiala menjadi pemain termuda 

5 Fakta Tentang Skuad Tim Nasional Jerman di Turnamen Piala Eropa 2020Jamal Musiala saat bermain bersama tim nasional Jerman. (goal.com)

Jamal Musiala baru dipromosikan oleh Bayern Munchen pada musim ini. Meski demikian, sang pemain berhasil tampil menjanjikan bersama Die Roten. Tercatat pemain berusia 18 tahun itu mampu tampil sebanyak 39 pertandingan dan menciptakan 7 gol serta 1 assist.

Catatan tersebut berhasil membuat dirinya dipanggil untuk bermain bersama tim nasional Jerman pada Piala Eropa 2020. Hal tersebut sekaligus membuat Musiala menjadi pemain termuda dalam skuad Der Panzer dalam ajang tersebut.

Baca Juga: 9 Potret Jamal Musiala, Wonderkid Baru Andalan Bayern Munchen

3. Manuel Neuer menjadi pemain tertua 

5 Fakta Tentang Skuad Tim Nasional Jerman di Turnamen Piala Eropa 2020Manuel Neuer saat bermain bersama tim nasional Jerman. (goal.com)

Walau saat ini umurnya sudah 35 tahun, Manuel Neuer masih menjadi andalan bagi Bayern Munchen. Ia juga berperan sangat penting dalam keberhasilan tim meraih banyak gelar beberapa musim terakhir. Musim ini ia sukses menciptakan 14 clean sheet dari 46 pertandingan di semua ajang.

Dengan performa yang solid itu, tidak mengherankan jika Neuer masih dipercayai oleh Joachim Low pada ajang Piala Eropa 2020. Melihat usianya yang tidak lagi muda, bisa jadi turnamen ini akan menjadi yang terakhir bagi Neuer.

4. Thomas Muller dan Mats Hummels kembali ke skuad Jerman 

5 Fakta Tentang Skuad Tim Nasional Jerman di Turnamen Piala Eropa 2020Muller dan Hummels saat bermain bersama tim nasional Jerman. (footballexpress.in)

Thomas Muller dan Mats Hummels terakhir kali mendapatkan panggilan untuk tampil dengan tim nasional Jerman pada dua tahun yang lalu. Setelah menunggu cukup lama, kedua nama tersebut akhirnya bisa kembali berseragam Der Panzer. Semua itu tentu saja tidak terlepas dari performa mereka yang apik pada musim ini.

Muller yang tampil cemerlang bersama Bayern Munchen berhasil menciptakan 15 gol dan 24 assist dari 46 pertandingan. Di sisi lain, Hummels mampu tampil solid di lini pertahanan Borussia Dortmund dengan menciptakan 16 clean sheet dari 48 pertandingan.

5. Turnamen terakhir Joachim Low 

5 Fakta Tentang Skuad Tim Nasional Jerman di Turnamen Piala Eropa 2020Joachim Low. (eurosport.com)

Joachim Low mulai menjadi pelatih utama tim nasional Jerman pada tahun 2006. Itu artinya ia total sudah menukangi Der Panzer selama 15 tahun. Selama waktunya itu, Low sudah menangani tim nasional Jerman sebanyak 191 pertandingan dengan 122 laga berakhir dengan kemenangan, 37 seri, dan 32 kekalahan.

Salah satu gelar juara yang berhasil dipersembahkan oleh dirinya adalah trofi Piala Dunia 2014. Di tahun terakhirnya menangani tim nasional Jerman, Low tentu berharap bisa memberikan kado manis dalam perpisahannya tersebut.

 

Dengan skuad yang mumpuni, kira-kira, mampukah Der Panzer meraih gelar juara pada ajang Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Tim yang Bisa Ditangani Joachim Low Setelah Pergi dari Timnas Jerman

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya