5 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea

Ada satu pemain yang gagal bersinar! 

Setiap posisi dalam permainan sepak bola memiliki peran yang sangat penting, termasuk gelandang bertahan. Tugas utama seorang gelandang bertahan yaitu memutus serangan lawan.

Salah satu klub yang cukup sering mendatangkan gelandang bertahan adalah Chelsea. Klub asal London Utara itu beberapa kali merekrut gelandang bertahan dengan harga yang cukup mahal.

Meski demikian, tidak semua pemain mampu meraih kesuksesan selama kariernya di Stamford Bridge. Lantas, siapa saja gelandang termahal yang pernah dibeli Chelsea? Berikut ulasannya!

1. Jorginho 

5 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Chelseafootballtransfertavern.com

Jorginho digaet oleh Chelsea dari Napoli dengan biaya 57 juta euro atau setara Rp965 miliar pada musim panas 2018. The Blues saat itu masih dilatih oleh Maurizio Sarri. Gelandang asal Italia itu tampil sangat baik di musim debutnya sekaligus mengantarkan tim memenangi gelar Liga Europa.

Tak hanya itu, Jorginho juga mampu mengantarkan Chelsea tampil di final Piala Liga Inggris dan Piala FA. Walau Sarri sudah meninggalkan Inggris, ia masih tetap menjadi pemain penting bagi Chelsea sejauh ini. Pemain berusia 29 tahun itu sudah mencatatkan 14 gol dan 3 assist dari 119 pertandingan di semua ajang.

2. Tiemoue Bakayoko 

5 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Chelseagoal.com

Chelsea merekrut Tiemoue Bakayoko dari AS Monaco dengan biaya 40 juta euro atau setara Rp677 miliar pada musim panas 2017. Walau ditebus dengan harga yang cukup mahal, gelandang asal Prancis itu gagal membuktikan kualitasnya di Stamford Bridge.

Dalam 3 musim terakhir, ia sudah dipinjamkan ke sejumlah klub seperti AC Milan, AS Monaco dan Napoli. Secara keseluruhan, Bakayoko baru mencatatkan 43 pertandingan di semua ajang bersama Chelsea.

Sementara itu, ia tampil cukup baik bersama Napoli di musim ini. Gelandang berusia 26 tahun itu sudah mencatatkan 26 pertandingan di semua kompetisi. Ia bahkan hanya sekali absen di ajang Serie A musim ini. Itu pun karena sang pemain mendapatkan akumulasi kartu kuning.

Baca Juga: 11 Pemain Chelsea dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Masa, Legenda!

3. Michael Essien 

5 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Chelseagoal.com

Performa apik yang ditunjukkan Michael Essien bersama Lyon membuat Chelsea jatuh hati. Alhasil, ia didatangkan ke Inggris pada musim panas 2005 dengan harga 38 juta euro atau setara Rp643 miliar. Saat itu, tim masih dinakhodai oleh pelatih bertangan dingin, Jose Mourinho.

Di bawah kepemimpinan pria asal Portugal itu, Essien sukses menampilkan permainan terbaiknya. Selama 7 musim membela Chelsea, ia berhasil mempersembahkan 8 trofi termasuk 2 gelar Premier League.

Dari 256 pertandingan di semua kompetisi, Essien mampu menciptakan 25 gol dan 18 assist. Sempat dipinjamkan ke Real Madrid, ia kemudian meninggalkan Chelsea secara permanen dengan bergabung bersama AC Milan pada Januari 2014.

4. Nemanja Matic 

5 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Chelseaexpress.co.uk

Setelah dijual ke Benfica, Chelsea kembali memboyong Nemanja Matic ke Stamford Bridge pada musim dingin 2014. Gelandang asal Serbia ini dibeli dengan harga 25 juta euro atau setara Rp423 miliar.

Di kesempatan kedua itu, ia berhasil meraih kesuksesan dengan memenangi sejumlah trofi. Matic menjuarai 2 gelar Premier League, 1 Piala Liga Inggris, dan 1 Piala FA.

Performa menjanjikan yang ditunjukkan oleh sang pemain membuatnya direkrut oleh Manchester United pada musim panas 2017. Selama bermain untuk Chelsea, gelandang yang saat ini berusia 32 tahun itu sudah mencatatkan 154 pertandingan di semua kompetisi.

5. Claude Makelele 

5 Gelandang Bertahan Termahal yang Pernah Direkrut Chelseathesefootballtimes.co

The Blues merekrut Claude Makelele pada musim panas 2003. Gelandang berpaspor Prancis itu digaet dari raksasa Spanyol, Real Madrid dengan biaya 20 juta euro atau setara Rp338 miliar. Selama 5 musim bermain di Stamford Bridge, Makelele meraih banyak kesuksesan, di mana ia memenangi 6 trofi.

Makelele mencatatkan 2 gol dan 6 assist dari 217 pertandingan bersama Chelsea. Pada tahun 2008, ia kemudian melanjutkan kariernya dengan Paris Saint-Germain sebelum akhirnya gantung sepatu pada tahun 2011.

 

Dari kelima nama tersebut, menurutmu siapa gelandang bertahan terbaik yang pernah dibeli oleh Chelsea?

Baca Juga: 7 Pemain Bintang yang Pernah Kena Kutukan Nomor Punggung 9 Chelsea

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya