5 Gelandang Bertahan yang Tampil Mengesankan Sepanjang 2022/2023

Peran mereka sangat krusial 

Dalam sepak bola, posisi gelandang bertahan begitu krusial. Mereka memiliki tugas menjadi pelindung bagi bek dan kiper di lini pertahanan. Para pemain ini juga tidak jarang menjadi penyeimbang lini tengah.

Saat ini, ada banyak gelandang bertahan berkualitas di kompetisi top Eropa. Namun, hanya beberapa nama yang tampil konsisten sepanjang 2022/2023. Siapa saja mereka?

1. Rodri (Manchester City) 

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Mengesankan Sepanjang 2022/2023Rodri (twitter.com/ManCity)

Rodri merupakan bagian penting dari skuad Manchester City. Pemain asal Spanyol ini tampil sebagai gelandang bertahan tunggal di bawah asuhan Pep Guardiola. Ia melakoni tugasnya dengan mengagumkan sepanjang 2022/2023.

Rodri tercatat bermain sebanyak 51 laga dengan mencetak 3 gol dan 7 assist di semua kompetisi. Keunggulan Rodri sebagai gelandang jangkar adalah mampu membaca pergerakan lawan dengan baik. Umpan-umpannya juga berkelas hingga memanjakan lini depan Manchester City.

2. Joshua Kimmich (Bayern Munich) 

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Mengesankan Sepanjang 2022/2023Joshua Kimmich (instagram.com/jok_32)

Posisi asli Joshua Kimmich sebenarnya adalah bek sayap kanan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, ia mulai dipatenkan di lini tengah. Performanya sangat memuaskan ketika diplot sebagai gelandang bertahan.

Tidak hanya solid dalam bertahan, Kimmich juga produktif dalam urusan membantu penyerangan. Buktinya, pada musim 2022/2023 ini, ia berhasil mengoleksi 7 gol dan 11 assist dalam 45 penampilan. Catatan yang menakjubkan untuk seorang gelandang jangkar.

Baca Juga: 5 Gelandang Brasil yang Tampil Apik di EPL, Casemiro Selanjutnya?

3. Casemiro (Manchester United) 

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Mengesankan Sepanjang 2022/2023Casemiro (twitter.com/Casemiro)

Manchester United melakukan perekrutan besar pada awal 2022/2023. The Red Devils memboyong bintang Real Madrid, Casemiro, seharga 70 juta euro atau Rp1,1 triliun. Kepindahan Casemiro ke Manchester United awalnya sedikit menimbulkan keraguan. Pasalnya, usia sang pemain sudah menginjak kepala tiga. Namun, seiring berjalannya waktu, Casemiro berhasil membungkam semua kritikan.

Pemain asal Brasil tersebut tampil apik sebagai gelandang jangkar di Old Trafford. Kualitas bertahan yang luar biasa serta distribusi bola yang baik menjadi keunggulan Casemiro dibandingkan gelandang lain. Bisa dibilang, Casemiro menjadi tumpuan utama bagi Erik ten Hag sepanjang 2022/2023.

4. Thomas Partey (Arsenal) 

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Mengesankan Sepanjang 2022/2023Thomas Partey (arsenal.com)

Kesuksesan Arsenal berada di papan atas English Premier League (EPL) 2022/2023 tentu tidak terlepas dari kontribusi besar para pemain kuncinya. Salah satu nama yang tampil bagus dan konsisten adalah Thomas Partey. Bermain sebagai gelandang bertahan, pemain asal Ghana itu tampil energik dan spartan sepanjang musim ini.

Kepiawaian Partey dalam mengatur ritme permainan terbukti dari persentase umpan akuratnya yang mencapai 87,5 persen. Di samping itu, ia juga sukses menciptakan 3 gol dari 38 penampilan di semua kompetisi. Jumlah gol tersebut menjadi yang tertinggi selama Partey membela The Gunners.

5. Marco Verratti (Paris Saint-Germain) 

5 Gelandang Bertahan yang Tampil Mengesankan Sepanjang 2022/2023Marco Verratti (twitter.com/PSG_English)

Marco Verratti telah berseragam Paris Saint-Germain lebih dari 1 dekade. Kontribusi besar sudah diberikan gelandang asal Italia tersebut. Tercatat 29 trofi mayor berhasil dipersembahkan Verratti untuk publik Parc des Princes.

Pada musim 2022/2023 ini, peran Verratti belum juga tergantikan di lini tengah PSG. Pemain berusia 30 tahun itu memainkan 35 laga dan menyumbang 1 assist di semua ajang. Secara statistik Verratti memang tidak terlalu mengesankan. Namun, ia memiliki kemampuan yang baik dalam mengendalikan tempo permainan, membaca situasi, dan melakukan umpan-umpan akurat untuk menciptakan peluang bagi rekan setimnya.

Kelima nama tersebut merupakan tulang punggung klubnya masing-masing. Apakah kamu sepakat jika mereka disebut sebagai gelandang bertahan terbaik 2022/2023?

Baca Juga: Ada Pogba dan Kimmich, 5 Pemain Bernomor Punggung 6 Termahal Saat Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya