6 Gelandang yang Bisa Menggantikan Peran Granit Xhaka di Arsenal

Xhaka dikabarkan menjadi incaran utama AS Roma

Dalam beberapa hari terakhir, gelandang Arsenal, Granit Xhaka, telah dikaitkan kepindahannya ke AS Roma. Pakar transfer sepak bola, Fabrizio Romano, juga telah memberikan informasi tentang berita tersebut. Xhaka sendiri merupakan salah satu gelandang andalan Arsenal dalam beberapa tahun terakhir.

Sejauh ini ia sudah tampil sebanyak 220 kali dan mencetak 13 gol serta 20 assist bagi The Gunners. Kepergian gelandang asal Swiss itu tentu akan menjadi kehilangan yang sangat besar bagi Arsenal. Oleh karena itu, Arsenal harus mendatangkan sosok gelandang baru untuk menggantikan Xhaka. Berikut ini 6 gelandang yang bisa menggantikan peran Granit Xhaka di Arsenal.

1. Fabian Ruiz 

6 Gelandang yang Bisa Menggantikan Peran Granit Xhaka di ArsenalFabin Ruiz. (manchestereveningnews.co.uk)

Sejak pertama kali bergabung dengan Napoli, Fabian Ruiz sudah menjadi langganan untuk bermain reguler. Gelandang asal Spanyol ini bergabung dengan klub Italia itu pada tahun 2018 dari Real Betis. Musim ini sang pemain tampil sangat solid di lini tengah.

Ruiz mampu bermain sebanyak 42 pertandingan di semua kompetisi. Dari seluruh laga itu, ia berhasil membukukan 4 gol dan 1 assist. Sama seperti Xhaka, Ruiz juga memiliki kaki kiri yang baik serta mempunyai jangkauan umpan yang luar biasa. Kehadiran Ruiz bisa jadi akan membuat lini tengah Arsenal tampil jauh lebih baik lagi.

2. Denis Zakaria 

6 Gelandang yang Bisa Menggantikan Peran Granit Xhaka di ArsenalDenis Zakaria. (90min.com)

Denis Zakaria sudah bermain bersama Borussia Monchengladbach sejak musim 2017/2018. Sampai saat ini peran sang pemain belum juga tergantikan di lini tengah Monchengladbach. Pemain berusia 24 tahun itu sudah tampil sebanyak 128 kali bersama klubnya itu. Ia mampu menciptakan 9 gol dan 7 assist dari pertandingan tersebut.

Dengan kontraknya yang akan berakhir pada tahun depan, Zakaria bisa saja dijual pada musim panas nanti. Kesempatan itu tentu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Arsenal. Sebagai gambaran, Zakaria memiliki permainan yang hampir mirip dengan N’Golo Kante. Pasalnya, pemain asal Swiss itu dikenal sebagai sosok gelandang yang cepat dan kuat di atas lapangan.

Baca Juga: Cari Pemain Tengah, Manchester United Berminat Datangkan Denis Zakaria

3. Eduardo Camavinga 

6 Gelandang yang Bisa Menggantikan Peran Granit Xhaka di ArsenalEduardo Camavinga. (eurosport.co.uk)

Umur Eduardo Camavinga saat ini memang masih 18 tahun, namun ia sudah bermain secara reguler bersama Rennes. Musim ini sang gelandang bisa dibilang sebagai salah satu pemain kunci bagi timnya. Ia tercatat dimainkan sebanyak 39 kali di semua kompetisi.

Camavinga juga sukses menciptakan 1 gol serta 3 assist dari seluruh laga itu. Namun, untuk bisa memboyong sang pemain, Arsenal harus bersaing dengan klub elite lainnya. Camavinga juga diincar oleh Bayern Munchen, Paris Saint-Germain, dan Real Madrid.

4. Yves Bissouma 

6 Gelandang yang Bisa Menggantikan Peran Granit Xhaka di ArsenalYves Bissouma. (footballreporting.com)

Walau hanya bermain dengan klub papan bawah, Yves Bissouma nyatanya tetap berhasil membuktikan kualitasnya. Bersama Brighton, ia menjadi gelandang yang tak tergantikan di Premier League. Dari 38 pertandingan musim ini, sang pemain tercatat hanya kehilangan dua laga saja.

Bissouma sendiri dikenal sebagai sosok gelandang yang sangat energik. Berkat performanya yang bagus itu, ia diincar oleh sejumlah klub elite Inggris, mulai dari Liverpool, Manchester United, hingga Arsenal. Jika Arsenal bisa merekrutnya, ia dinilai akan membentuk mitra duet yang menjanjikan bersama Thomas Partey.

5. Teun Koopmeiners 

6 Gelandang yang Bisa Menggantikan Peran Granit Xhaka di ArsenalTeun Koopmeiners. (liverpoolecho.co.uk)

Teun Koopmeiners merupakan pemain andalan AZ Alkmaar sekaligus kapten tim. Pemain berusia 23 tahun itu diprediksi bakal menjadi tulang punggung tim nasional Belanda pada masa depan. Walau posisi aslinya gelandang bertahan, ia juga bisa ditempatkan sebagai bek tengah.

Musim ini Koopmeiners bermain sangat menjanjikan dengan mengoleksi 17 gol dan 7 assist dari 40 pertandingan di semua kompetisi. Torehan itu tentu sangat istimewa bagi pemain yang beroperasi di lini tengah. Kualitas sang pemain dinilai akan semakin membaik jika berkarier di liga top Eropa. Arsenal kabarnya menjadi salah satu klub elite yang mengantre untuk mendapatkan tanda tangan Koopmeiners.

6. Manuel Locatelli 

6 Gelandang yang Bisa Menggantikan Peran Granit Xhaka di ArsenalManuel Locatelli. (eurosport.com)

Manuel Locatelli merupakan salah satu gelandang muda yang berhasil mencuri perhatian di kompetisi Serie A musim ini. Gelandang asal Italia ini tampil sangat mengesankan bersama Sassuolo. Musim ini sang pemain sukses membukukan 4 gol dan 3 assist dari 34 pertandingan di kasta tertinggi Italia.

Berkat performanya itu, ia mendapatkan panggilan untuk bermain bersama tim nasional Italia di ajang Piala Eropa 2020. Dengan tipe permainan yang hampir sama dengan Xhaka, Locatelli sepertinya bisa menjadi alternatif yang cocok bagi Arsenal.

 

Jika Granit Xhaka hengkang, menurutmu, siapa yang layak untuk menggantikan peran sang pemain di Arsenal?

Baca Juga: 9 Pemain yang Menjuarai Liga Champions setelah Hengkang dari Arsenal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya