Dibeli Mahal, 5 Gelandang Ini Gagal Tampil Apik di Manchester United

Juan Sebastian Veron salah satunya

Manchester United kerap kali mendatangkan gelandang dengan nilai transfer yang cukup mahal. Salah satu gelandang yang mempunyai harga transfer termahal adalah Bruno Fernandes. Pemain asal Portugal ini bergabung dengan Setan Merah pada bursa transfer musim dingin 2020. Ketika itu Manchester United mendatangkannya dari Sporting CP dengan harga senilai 55 juta euro atau setara dengan Rp962 miliar.

Performa pemain berusia 26 tahun itu langsung mendapatkan banyak pujian. Sang pemain sudah mengoleksi 36 gol dan 22 assist dari 71 pertandingan. Akan tetapi, tidak semua gelandang seberuntung Fernandes. Banyak juga gelandang yang gagal di Manchester United setelah dibeli dengan harga yang mahal. Siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Juan Sebastian Veron 

Dibeli Mahal, 5 Gelandang Ini Gagal Tampil Apik di Manchester Unitedindependent.co.uk

Juan Sebastian Veron berada di puncak kariernya ketika bermain untuk Lazio. Performanya yang impresif membuat Setan Merah merekrutnya ke Old Trafford pada musim panas 2001. Manchester United menebus sang pemain dengan harga sebesar 42,6 juta euro atau setara dengan Rp745 miliar.

Akan tetapi, karier pemain asal Argentina itu di MU tidak berlangsung lama. Veron gagal beradaptasi dengan gaya permainan sepak bola Inggris. Ia tercatat berseragam Setan Merah hanya selama 2 musim dan akhirnya dijual ke Chelsea. Bersama Manchester United, sang pemain mencatatkan 82 pertandingan di semua ajang.

2. Morgan Schneiderlin 

Dibeli Mahal, 5 Gelandang Ini Gagal Tampil Apik di Manchester Unitedgoal.com

Morgan Schneiderlin datang ke Old Trafford pada musim panas 2015. Ketika itu gelandang asal Prancis ini digaet dari Southampton dengan harga sebesar 35 juta euro atau setara dengan Rp612 miliar. Saat itu ia diharapkan mampu memberikan warna yang berbeda di lini tengah Manchester United.

Sayangnya, Schneiderlin gagal menjadi pilihan utama di skuad reguler Manchester United. Ia hanya bertahan selama 1,5 musim hingga Januari 2017. Sebelum hengkang ke Everton, Schneiderlin hanya membukukan 32 pertandingan bersama Manchester United.

Baca Juga: 9 Potret Jude Bellingham, Gelandang Muda Dortmund Paling Berpotensi!

3. Anderson 

Dibeli Mahal, 5 Gelandang Ini Gagal Tampil Apik di Manchester Unitedgoal.com

Anderson mendarat di Manchester United ketika tim masih ditangani oleh Sir Alex Ferguson. Gelandang asal Brasil ini didatangkan dari FC Porto pada musim panas 2007. Setan Merah saat itu harus merogoh kocek hingga 31,5 juta euro atau setara dengan Rp551 miliar. Sayangnya, masalah cedera membuat kariernya tak berjalan mulus di Inggris.

Anderson gagal menunjukkan performa terbaiknya selama berseragam Manchester United. Walau menghabiskan 8 musim di Old Trafford, ia hanya tampil sebanyak 181 pertandingan di semua ajang. Anderson dilepas ke klub Brasil, Internacional, dengan status bebas transfer pada musim dingin 2015.

4. Owen Hargreaves 

Dibeli Mahal, 5 Gelandang Ini Gagal Tampil Apik di Manchester Unitedthesefootballtimes.co

Performa apik yang ditunjukkan oleh Owen Hargreaves bersama Bayern Munchen membuat Manchester United kepincut. Gelandang  berpaspor Inggris itu kemudian didatangkan ke Old Trafford pada musim panas 2007. Ketika itu Setan Merah mengeluarkan uang sebesar 25 juta euro atau setara dengan Rp437 miliar untuk memboyong sang pemain.

Namun, selama berseragam Manchester United, Hargreaves sering bermasalah dengan cedera. Akibatnya, ia harus rela menepi dari lapangan dalam waktu yang cukup lama. Selama 4 tahun di Old Trafford, ia hanya bermain sebanyak 39 kali. Hargreaves kemudian dilepas secara gratis ke klub rival, Manchester City, pada musim panas 2011.

5. Shinji Kagawa 

Dibeli Mahal, 5 Gelandang Ini Gagal Tampil Apik di Manchester Unitedgoal.com

Nama Shinji Kagawa pertama kali melesat ketika tampil impresif bersama Borussia Dortmund. Manchester United kemudian membelinya pada bursa transfer musim panas 2012. Pemain asal Jepang ini saat itu didatangkan dengan biaya sebesar 16 juta euro atau setara dengan Rp297 miliar. Namun, ia justru gagal menunjukkan performa yang sama di Old Trafford.

Kagawa hanya mampu membukukan 6 gol dari 57 pertandingan di berbagai ajang. Alhasil, ia bertahan di Manchester United hanya selama 2 tahun. Meski ikut membantu meraih gelar Premier League musim 2013/2014, Kagawa tetap memutuskan untuk kembali lagi berseragam Dortmund pada musim panas 2014.

 

Itulah lima gelandang mahal yang gagal tampil apik selama waktunya di Old Trafford. Kira-kira faktor apa yang membuat mereka gagal berkembang bersama Manchester United?

Baca Juga: 6 Pemain Portugal yang Pernah Membela Manchester United, Tak Hanya CR7

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya