Comscore Tracker

5 Gelandang Terbaik yang Dimiliki Manchester United Sepanjang Sejarah

Paul Scholes salah satunya!

Manchester United bisa dibilang sebagai salah satu klub terbaik dan tersukses di dunia. Puluhan gelar juara berhasil diraih oleh klub berjuluk The Red Devils tersebut sejauh ini. Tidak hanya di kompetisi domestik, Manchester United juga cukup perkasa di ajang Eropa. Semua kesuksesan yang diraih oleh Setan Merah tentu saja tidak terlepas dari banyaknya pemain bintang yang bergabung dengan tim tersebut.

Dari sekian posisi, gelandang menjadi salah satu posisi yang selalu konsisten melahirkan bakat-bakat hebat. Bahkan, tidak sedikit gelandang yang menjadi legenda untuk klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Berikut ini lima gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh Setan Merah sepanjang sejarah.

1. Nobby Stiles 

5 Gelandang Terbaik yang Dimiliki Manchester United Sepanjang SejarahNobby Stiles. (skysports.com)

Nobby Stiles merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik pada eranya. Ia dikenal sebagai sosok pemain yang tidak kenal kompromi dan sangat tangguh di atas lapangan. Walau postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, hal tersebut justru membuat dirinya sangat andal dalam mengelola bola. Banyak yang menilai Stiles memiliki gaya permainan seperti Claude Makelele saat bermain untuk Chelsea.

Tidak hanya sukses di level klub, Stiles juga menjadi andalan tim nasional Inggris pada masanya. Ia menjadi roda penggerak dalam permainan The Three Lions yang memenangi gelar Piala Dunia 1966. Stiles sendiri tercatat bermain untuk Manchester United selama 11 tahun sejak 1960.

2. Bryan Robson 

5 Gelandang Terbaik yang Dimiliki Manchester United Sepanjang SejarahBryan Robson. (skysports.com)

Bryan Robson merupakan kapten terlama dalam sejarah Manchester United. Ia bermain untuk Setan Merah pada tahun 1981 setelah meninggalkan West Bromwich Albion. Sang pemain dikenal sebagai sosok gelandang box-to-box terbaik pada masanya. Tak hanya itu, ia juga memiliki kemampuan membaca permainan yang sangat bagus.

Robson sukses memenangi dua gelar Premier League dalam tahun-tahun terakhirnya membela klub. Selain itu, ia juga mampu menjuarai tiga trofi Piala FA dan satu gelar Piala Winners Eropa. Robson kemudian memilih meninggalkan Manchester United pada tahun 1994.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Gagal Tampil Apik di Era Alex Ferguson

3. Roy Keane 

5 Gelandang Terbaik yang Dimiliki Manchester United Sepanjang SejarahRoy Keane. (skysports.com)

Roy Keane adalah pemain yang tempramental dan sangat agresif di atas lapangan. Walau begitu, pemain asal Irlandia ini tetap dianggap sebagai sosok kapten yang fantastis bagi para pendukung Manchester United. Pasalnya, semua hal ia lakukan demi mengantarkan Setan Merah meraih kemenangan di setiap pertandingan dan tidak membiarkan musuhnya tertawa di akhir laga.

Capaian terbaiknya bersama Manchester United tercipta pada musim 1998/1999. Ketika itu Keane dan kolega berhasil menjadi tim pertama asal Inggris yang meraih treble winner. Bahkan, Sir Alex Ferguson tidak ragu menyebut Keane sebagai sosok yang menginspirasi semua pemain di Manchester United. Total ia menghabiskan 12 musim di Old Trafford sampai tahun 2005.

4. Paul Scholes 

5 Gelandang Terbaik yang Dimiliki Manchester United Sepanjang SejarahPaul Scholes. (eurosport.com)

Paul Scholes bisa dibilang sebagai gelandang era modern terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Pria asal Inggris ini mendapatkan banyak sekali pujian dari para penggemar sepak bola karena gaya permainannya yang sangat mengesankan. Terlebih lagi, ia menjadi pemain kunci dalam kesuksesan Manchester United era Sir Alex Ferguson.

Scholes bahkan sempat kembali dari masa pensiunnya dan membantu tim meraih gelar Premier League musim 2012/2013. Ia dikenal sebagai gelandang yang memiliki visi permainan luar biasa dan mempunyai kelebihan dalam mencetak gol dari luar kotak penalti. Berkat penampilan apik sang pemain di atas lapangan, legenda Barcelona, Xavi Hernandez, tak ragu menyebut Scholes sebagai gelandang terbaik yang pernah dilihatnya dalam waktu 15--20 tahun terakhir. Scholes menghabiskan waktunya di Old Trafford hampir dua dekade dan meraih banyak sekali gelar juara.

5. Sir Bobby Charlton 

5 Gelandang Terbaik yang Dimiliki Manchester United Sepanjang SejarahSir Bobby Charlton. (manutd.com)

Nama Sir Bobby Charlton akan selalu memiliki tempat khusus di hati para penggemar Manchester United. Pria yang selamat dari tragedi Munchen tahun 1958 itu sempat memutuskan berhenti bermain sepak bola dalam waktu yang cukup lama. Namun, setelah kondisi dirinya mulai membaik, ia memilih untuk melanjutkan lagi karier sepak bolanya bersama Manchester United.

Bobby Charlton bisa dibilang sebagai wajah kebangkitan Setan Merah pada tahun 1960-an. Tercatat, ia mampu membukukan 249 gol untuk Manchester United. Catatan itu hanya bisa dipecahkan oleh Wayne Rooney sejauh ini. Bahkan, Charlton sukses memenangi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 1966. Karena sumbangsihnya itu, tidak mengherankan jika ia akan selalu diingat sebagai pesepak bola terbaik sepanjang masa.

 

Kelima pemain di atas merupakan gelandang andalan Manchester United pada eranya masing-masing. Kini Setan Merah kembali memiliki gelandang mumpuni dalam diri Bruno Fernandes. Kehadiran pemain asal Portugal itu juga diharapkan mampu membawa kembali Manchester United berjaya.

Baca Juga: Lampu Hijau Manchester United Lancarkan Proyek Galaksi

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya