Comscore Tracker

Gol Tunggal Fred Antarkan Rangnick Raih Kemenangan Perdana bersama MU

Manchester United menang tipis 1-0 atas Crystal Palace 

Ralf Rangnick baru saja menjalani pertandingan perdananya bersama Manchester United di pekan ke-15 Premier League. Dalam laga melawan Crystal Palace itu, Bruno Fernandes dan kolega berhasil menang tipis dengan skor 1-0 di Old Trafford pada Minggu (5/12/2021). Gol tunggal Setan Merah diciptakan oleh gelandang asal Brasil, Fred (77’).

Kemenangan tersebut membuat Manchester United untuk sementara berhasil menggeser Arsenal di posisi keenam. Sedangkan itu, kekalahan membuat Crystal Palace turun satu peringkat di urutan ke-13. Seperti apa fakta menarik dalam laga ini?

1. Manchester United sangat mendominasi pertandingan 

Gol Tunggal Fred Antarkan Rangnick Raih Kemenangan Perdana bersama MUSelebrasi Fred setelah mencetak gol ke gawang Crystal Palace. (twitter.com/ManUtd)

Berstatus sebagai tim tuan rumah, Manchester United langsung memegang kendali permainan sejak menit awal. Cristiano Ronaldo, Marcus Rashford, hingga Bruno Fernandes bergantian menciptakan peluang di depan gawang tim asuhan Patrick Vieira. Sayangnya, penampilan apik lini pertahanan Crystal Palace membuat skor 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Wilfried Zaha dan kolega mulai memberikan perlawanan yang cukup sengit. Namun, peluang-peluang yang tercipta gagal dimaksimalkan dengan baik. Di samping itu, Manchester United memutuskan untuk merotasi pemain dengan memasukkan Mason Greenwood di menit ke-62 menggantikan Jadon Sancho.

Keputusan Rangnick tersebut ternyata membuahkan hasil yang positif. Pasalnya, Greenwood berhasil menciptakan assist ke Fred di menit ke-77.

Gol tunggal Fred itu bertahan hingga babak kedua berakhir. Manchester United sendiri mendominasi segala hal di laga itu, mulai dari tendangan ke arah gawang, penguasaan bola, hingga akurasi operan.

2. Rangnick terapkan pressing ketat 

Gol Tunggal Fred Antarkan Rangnick Raih Kemenangan Perdana bersama MUSelebrasi Ralf Rangnick setelah Fred mencetak gol ke gawang Crystal Palace. (twitter.com/ManUtd)

Salah satu faktor keberhasilan Manchester United menang atas Crystal Palace adalah keputusan Rangnick untuk menerapkan pressing ketat. Hal itu membuat tim tamu sangat kesulitan untuk mengembangkan permainan. Bahkan, Manchester United memenangkan penguasaan bola di sepertiga akhir lapangan sebanyak 12 kali.

Catatan itu menjadi yang terbanyak bagi Setan Merah sepanjang musim ini. Di samping itu, lini pertahanan Manchester United yang diisi oleh Harry Maguire dan Victor Lindelof juga bermain apik sepanjang pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama Premier League yang Pernah Dilatih Ralf Rangnick

3. Clean sheet ketiga Manchester United musim ini 

Gol Tunggal Fred Antarkan Rangnick Raih Kemenangan Perdana bersama MUSelebrasi David de Gea setelah Fred mencetak gol ke gawang Crystal Palace. (twitter.com/ManUtd)

Tidak hanya meraih tiga poin di pekan ke-15, Manchester United juga berhasil mencatatkan clean sheet. Itu artinya Setan Merah telah membuat 3 clean sheets sepanjang musim ini di kompetisi Premier League. Sebelumnya, David de Gea dan kolega sudah menciptakan hal serupa ketika melawan Wolves dan Tottenham Hotspur.

Untuk klub sebesar Manchester United, catatan tersebut tentu masih sangat minim. Sebagai perbandingan, Arsenal yang berada di bawah Manchester United saat ini bahkan sudah membuat 6 clean sheets di Premier League.

4. Rangnick ciptakan rekor baru di Premier League 

Gol Tunggal Fred Antarkan Rangnick Raih Kemenangan Perdana bersama MURalf Rangnick (twitter.com/ManUtd)

Kemenangan Setan Merah atas Crystal Palace ternyata menghasilkan rekor baru bagi Rangnick. Pria berusia 63 tahun ini menjadi pelatih asal Jerman pertama yang berhasil meraih kemenangan di laga perdana Premier League.

Sebelumnya, lima pelatih asal Jerman gagal melakukan hal tersebut di kasta tertinggi Inggris. Mereka adalah Felix Magath, Jurgen Klopp, Jan Siewert, Daniel Farke, dan Thomas Tuchel.

5. Laga penentu Manchester United di Liga Champions 

Gol Tunggal Fred Antarkan Rangnick Raih Kemenangan Perdana bersama MUSelebrasi para pemain Manchester United setelah Fred mencetak gol ke gawang Crystal Palace. (twitter.com/DalotDiogo)

Pada 8 Desember 2021, Manchester United akan menjalani laga terakhir babak fase grup Liga Champions melawan BSC Young Boys. Setan Merah memang sudah dipastikan lolos ke babak gugur.

Tapi, mereka terancam dikudeta oleh Villarreal yang berada di posisi kedua saat ini. Manchester United hanya membutuhkan hasil imbang melawan wakil asal Swiss itu agar bisa lolos sebagai juara grup.

Setelah itu, tiga hari berselang, Manchester United akan melawan tim zona degradasi, Norwich City di lanjutan Premier League. Tiga poin menjadi hal yang wajib bagi tim asuhan Rangnick di laga itu. Sebab, kemenangan akan membuat Setan Merah semakin dekat dengan papan atas.

 

Itulah fakta menarik yang terjadi setelah laga Manchester United melawan Crystal Palace. Perubahan permainan Manchester United terlihat sangat jelas di bawah asuhan Rangnick. Hal tersebut tentu menjadi momen yang positif untuk klub agar bisa terus bersaing di posisi empat besar.

Baca Juga: 5 Fakta Ralf Rangnick, Manajer Interim Baru Manchester United

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya