5 Kiper yang Berpeluang Raih Golden Glove Premier League Musim Ini

Siapa jagoanmu?

Tugas utama seorang kiper adalah mencegah lawan mencetak gol. Semakin banyak clean sheet yang diciptakan, semakin besar pula peluang kiper menjadi yang terbaik. Di Premier League, kiper yang mampu tampil cemerlang tiap musimnya dan mencatatkan banyak clean sheet mendapatkan penghargaan Golden Glove atau sarung tangan emas.

Di musim lalu, Alisson Becker meraih penghargaan tersebut dengan catatan 21 clean sheet. Ia unggul dari Ederson Moraes yang mencatat 20 clean sheet. Lalu bagaimana dengan musim ini, siapa kira-kira yang akan berpeluang meraih Golden Glove? Berikut pembahasannya.

1. Alisson Becker

5 Kiper yang Berpeluang Raih Golden Glove Premier League Musim Inigoal.com

Kiper andalan Timnas Brasil ini merupakan salah satu pemain yang paling berpengaruh dalam penampilan heroik Liverpool beberapa musim terakhir. Peluangnya untuk meraih Golden Glove di musim ini terbilang cukup terbuka. Mengingat Alisson sejauh ini telah mencatatkan 12 clean sheet di Premier League dan paling banyak di antara yang lain.

Tak hanya itu, ia juga berpeluang  mengantarkan Liverpool meraih trofi Premier Legue. Sebab, The Reds hanya butuh dua kemenangan lagi untuk memastikan juara Premier League musim ini.

2. Nick Pope

5 Kiper yang Berpeluang Raih Golden Glove Premier League Musim Inigoal.com

Nick Pope tampil sangat menjanjikan musim ini bersama Burnley. Meski telah kebobolan sebanyak 40 gol di Premier League, Pope tetap menjadi kiper yang berpeluang mendapatkan Golden Glove. Sejauh ini, ia telah mencatatkan 11 clean sheet di Premier League.

Penampilan apik Pope tersebut membuatnya masuk ke dalam skuad Timnas Inggris dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020. Bahkan ia mencatatkan penampilan keduanya bersama Inggris ketika melawan Kosovo. Saat laga itu, Pope berhasil mencatatkan clean sheet dalam kemenangan 4-0.

Baca Juga: Solskjaer: Dean Henderson Bisa Jadi Kiper Utama Manchester United

3. Dean Henderson

5 Kiper yang Berpeluang Raih Golden Glove Premier League Musim Inigoal.com

Selain Pope, nama lain yang cukup mengejutkan musim ini adalah Dean Henderson, kiper milik Manchester United yang saat ini dipinjamkan ke Sheffield United. Meski berstatus sebagai tim promosi, Sheffield mampu tampil cemerlang musim ini. Tim asuhan Chris Wilder tersebut berada di posisi ketujuh dengan 43 poin. Bahkan berada di atas Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Tentu pencapaian Sheffield tidak terlepas dari kokohnya lini belakang, terutama penjaga gawang yang dijaga oleh Henderson. Kiper berusia 23 tahun tersebut telah mencatat 10 clean sheet sejauh ini. Ia juga menjadi kiper kedua yang kebobolan paling sedikit di Premier League dengan 22 gol setelah Alisson Becker.

4. Ederson Moraes

5 Kiper yang Berpeluang Raih Golden Glove Premier League Musim Inigoal.com

Meski terganggu akibat masalah cedera, performa Ederson Moraes musim ini tetap mengkilap. Ia mampu catatkan 10 clean sheet dalam 24 pertandingan di Premier League musim ini. Selain itu, kiper berusia 26 tahun ini memiliki persentase penyelamatan sebesar 40%, terbanyak kedua setelah Alisson yang mencapai 60%.

Ederson sendiri bergabung bersama Manchester City setelah diboyong dari Benfica pada bursa transfer musim panas tahun 2017. Selama membela The Citizens, Ederson telah bermain sebanyak 131 pertandingan dan berhasil mencatatkan 62 clean sheet di semua ajang.

5. Kasper Schmeichel

5 Kiper yang Berpeluang Raih Golden Glove Premier League Musim Inibleacherreport.com

Kasper Schmeichel merupakan salah satu sosok yang turut mengantarkan Leicester City juara Premier League pada musim 2015/2016. Meski para koleganya saat itu telah banyak yang hengkang, Schmeichel masih tetap memilih untuk berseragam The Foxes. Sejauh ini, Leicester berada di urutan ketiga dengan 53 poin.

Schmeichel sendiri saat ini telah membuat 10 clean sheet dari 28 pertandingan di Premier League. Catatan tersebut sangat mungkin naik, mengingat Premier League akan kembali bergulir pada 17 Juni 2020.

Akankah Alisson kembali meriah penghargaan Golden Glove atau ada nama baru musim ini?

Baca Juga: Raih Golden Glove, Thibaut Courtois Cetak Rekor Dunia Baru

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya