5 Hal Besar yang Diubah Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United

Performa Setan Merah mulai membaik seiring berjalannya waktu

Seiring berjalannya waktu, Ole Gunnar Solskjaer berhasil membuktikan mampu membuat perubahan di Manchester United. Kini klub berjuluk Setan Merah ini telah kembali menjelma tim yang sangat tangguh di Premier League. Manchester United musim ini dipastikan akan menjadi runner-up di kompetisi tertinggi Inggris.

Selain itu, Manchester United juga masih memiliki peluang untuk bisa memenangi gelar Liga Europa asalkan mampu mengalahkan Villarreal di partai final. Jika melihat performa tersebut, tentu saja pujian layak diberikan kepada Solskjaer yang sudah membuat Setan Merah kembali ganas. Lantas, perubahan apa saja yang dilakukan oleh sang pelatih sejauh ini? Berikut ulasannya!

1. Menangani pemain dengan sangat baik

5 Hal Besar yang Diubah Ole Gunnar Solskjaer di Manchester UnitedOle Gunnar Solskjaer dan Maguire. (eurosport.com)

Ketika masih ditangani Jose Mourinho, para pemain Manchester United seperti tak memiliki chemistry. Bahkan, pelatih asal Portugal itu kerap kali berselisih dengan para pemainnya. Para pemain seperti Paul Pogba, Luke Shaw, hingga Anthony Martial pernah berurusan dengan mantan pelatih Chelsea tersebut.

Hal berbeda terlihat jelas di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Pelatih asal Norwegia itu selalu tersedia untuk para pemainnya dalam kondisi apa pun. Cara tersebut tentunya sangat bagus dan membuat kinerja pemain semakin optimal. Harry Maguire dan Mason Greenwood yang sempat mendapatkan kritikan di awal musim buktinya mampu tampil lebih baik dalam beberapa bulan terakhir.

2. Lini pertahanan semakin solid 

5 Hal Besar yang Diubah Ole Gunnar Solskjaer di Manchester UnitedHarry Maguire dan Victor Lindelof. (thepeoplesperson.com)

Sejak ditangani Solskjaer, perubahan yang sangat terlihat tentu saja lini pertahanan yang semakin solid. Sempat tampil cukup buruk di awal musim, pertahanan Setan Merah mulai membaik seiring berjalannya waktu. Semua itu tentu saja tidak terlepas dari peran dua bek tengah, Harry Maguire dan Victor Lindelof.

Walau sempat mendapatkan banyak kritikan, mereka berdua terbukti semakin matang dalam membaca pergerakan lawan. Manchester United sebenarnya kebobolan cukup banyak gol pada musim ini. Namun, catatan tersebut cenderung mengalami penurunan dari musim sebelum-sebelumnya.

Baca Juga: Bek Tangguh Ini Calon Tandem Maguire di Manchester United

3. Sangat fokus ke pemain muda 

5 Hal Besar yang Diubah Ole Gunnar Solskjaer di Manchester UnitedMason Greenwood. (premierleague.com)

Hal baik lainnya yang dilakukan Solskjaer adalah tetap menjaga regenerasi di skuad Manchester United. Hal tersebut dapat dilihat dari kepercayaan sang pelatih menurunkan pemain-pemain muda di tim utama. Mason Greenwood menjadi salah satu pemain muda yang sangat sering mendapatkan waktu tampil yang cukup.

Selain itu, Solskjaer juga merekrut bakat-bakat muda hebat, seperti Amad Diallo dan Facundo Pellistri. Jika mampu memanfaatkan potensi mereka dengan sangat baik, tidak menutup kemungkinan Setan Merah akan akan menjadi lebih kuat di masa mendatang.

4. Strategi yang tepat 

5 Hal Besar yang Diubah Ole Gunnar Solskjaer di Manchester UnitedOle Gunnar Solskjaer. (skysports.com)

Saat masih ditangani Sir Alex Ferguson, Manchester United dikenal sebagai tim dengan gaya permainan yang lebih fokus dalam melakukan penyerangan. Akan tetapi, hal tersebut tidak terlihat ketika tim ditangani oleh David Moyes, Louis van Gaal, dan Jose Mourinho. Namun, Solskjaer berhasil mengembalikan filosofi permainan tersebut seiring berjalannya waktu.

Bahkan, salah satu pelatih terbaik di Premier League, Marcelo Bielsa, memuji strategi yang diterapkan oleh Solskjaer. Menurut pelatih Leeds United itu, Solskjaer melakukan tugasnya dengan sangat baik dengan menginstruksikan pemain untuk terus menyerang lawan.

5. Manchester United mendatangkan pemain sesuai kebutuhan tim 

5 Hal Besar yang Diubah Ole Gunnar Solskjaer di Manchester UnitedBruno Fernandes. (goal.com)

Perubahan terakhir yang sangat jelas dilakukan oleh Solskjaer adalah mendatangkan pemain baru sesuai kebutuhan tim. Hal-hal tersebut dapat dilihat dari kehadiran Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka yang membuat lini pertahanan semakin solid. Tak hanya itu, peran Bruno Fernandes juga sangat menjanjikan sejauh ini.

Selain nama-nama tersebut ada juga Odion Ighalo, Daniel James, Amad Diallo, Alex Telles, Edinson Cavani, hingga Donny van de Beek yang memiliki bakat luar biasa. Kini Manchester United kembali dikaitkan dengan sejumlah nama top, seperti Jadon Sancho, Erling Haaland, hingga Jude Bellingham.

 

Kelima poin tersebut dianggap sebagai perubahan besar yang dilakukan oleh Solskjaer selama menangani Manchester United. Apakah Setan Merah mampu tampil lebih baik lagi pada musim depan?

Baca Juga: Solskjaer yang Kagum Lihat Aksi Pogba Bawa Bendera Palestina

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya