Comscore Tracker

5 Hal Menarik Laga Ajax Amsterdam vs. Liverpool di MD5 UCL 2022/2023

Jurgen Klopp catatkan seratus persen kemenangan lawan Ajax

Liverpool kembali meraih hasil positif pada matchday kelima Grup A UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. Anak asuh Jurgen Klopp itu menang 3-0 atas tuan rumah Ajax Amsterdam di Johan Cruyff Arena, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB.

Liverpool berhasil membuka keunggulan melalui Mohamed Salah pada menit ke-42. The Reds kemudian menambah dua gol cepat pada awal babak kedua lewat Darwin Nunez pada menit ke-49 dan Harvey Elliott pada menit ke-51.

Tidak hanya menghasilkan banyak gol, laga Ajax kontra Liverpool kali ini juga menorehkan sejumlah catatan menarik. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Jurgen Klopp catatkan seratus persen kemenangan lawan Ajax 

5 Hal Menarik Laga Ajax Amsterdam vs. Liverpool di MD5 UCL 2022/2023Jurgen Klopp (liverpoolfc.com)

Kemenangan atas Ajax Amsterdam dini hari tadi membuat Jurgen Klopp melanjutkan tren positifnya. Pelatih asal Jerman itu kini belum sekali pun terkalahkan saat menghadapi Ajax di kompetisi UCL.

Dari enam pertandingan yang telah dilalui, Klopp sukses menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Dua pertandingan Klopp lalui dengan Borussia Dortmund, sedangkan sisanya bersama Liverpool.

Liverpool sendiri telah lolos ke babak fase gugur UCL untuk keenam kalinya secara beruntun di bawah asuhan Klopp. Catatan tersebut menjadi yang terbaik dalam sejarah The Reds di kompetisi UCL.

2. Mohamed Salah sudah terlibat 51 gol di UCL bagi Liverpool 

5 Hal Menarik Laga Ajax Amsterdam vs. Liverpool di MD5 UCL 2022/2023Mohamed Salah (twitter.com/ChampionsLeague)

Mohamed Salah tampil begitu impresif dalam pertandingan kali ini. Bintang asal Mesir itu tercatat membukukan masing-masing 1 gol serta 1 assist. Dengan kontribusinya tersebut, Salah telah terlibat dalam 51 gol (39 gol dan 12 assist) di kompetisi UCL bagi Liverpool.

Torehan itu menjadikan Salah sebagai pemain ketiga yang terlibat langsung dalam 50 gol lebih untuk klub Inggris di UCL. Ia hanya kalah dari legenda Manchester United, Ryan Giggs (69 gol), dan legenda Arsenal, Thierry Henry (52 gol).

Baca Juga: 5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier League

3. Mohamed Salah sejajar dengan Kylian Mbappe 

5 Hal Menarik Laga Ajax Amsterdam vs. Liverpool di MD5 UCL 2022/2023Mohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Dengan tambahan 1 gol, Mohamed Salah saat ini telah membukukan total 6 gol di UCL 2022/2023. Catatan tersebut menjadikan Salah sebagai pencetak gol terbanyak UCL sejauh ini. Ia sejajar dengan Kylian Mbappe yang juga telah mengoleksi 6 gol.

Soal kontribusi assist, Salah dan Mbappe tidak jauh berbeda. Salah baru membukukan 1 assist, sedangkan Mbappe sudah mencatatkan 2 assist di UCL musim ini.

4. Harvey Elliott jadi Man of the Match 

5 Hal Menarik Laga Ajax Amsterdam vs. Liverpool di MD5 UCL 2022/2023Harvey Elliott (kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam pada matchday kelima UCL 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Harvey Elliott menjadi sorotan dalam pertandingan Ajax Amsterdam kontra Liverpool. Pasalnya, ia tampil impresif di lini tengah dan turut menyumbang satu gol bagi The Reds.

Gol tersebut cukup spesial bagi Elliott. Ia untuk pertama kalinya berhasil mencetak gol secara berturut-turut dalam dua pertandingan UCL. Sebelumnya Elliot berhasil menjebol gawang Rangers pada matchday keempat.

Performa apik itu membuat Elliott jadi Man of the Match. Whoscored memberikan rating tertinggi untuk pemain berusia 19 tahun itu, yakni angka 8.

5. Liverpool lolos ke babak 16 besar 

5 Hal Menarik Laga Ajax Amsterdam vs. Liverpool di MD5 UCL 2022/2023Darwin Nunez ketika mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam pada matchday kelima UCL 2022/2023. (twitter.com/LFC)

Kemenangan ini memastikan Liverpool lolos ke babak 16 besar UCL 2022/2023. The Reds berada di urutan kedua dengan koleksi 12 poin dari 5 pertandingan, terpaut 3 angka dari Napoli di puncak klasemen.

Bagi Ajax, kekalahan ini membuat langkah mereka terhenti di kompetisi UCL musim ini. Meski masih menyisakan satu pertandingan lagi, poin Ajax tidak mampu menyalip raihan Liverpool. Ajax sendiri baru mengumpulkan 3 poin dari 5 laga.

 

Matchday terakhir Grup A UCL 2022/2023 akan berlangsung pada Rabu (2/11/2022) dini hari pukul 03.00 WIB. Liverpool akan menjamu Napoli di Anfield, sedangkan Ajax bakal menjamu Rangers di Johan Cruyff Arena.

Baca Juga: Amburadulnya Liverpool dan Kutukan Musim ke-7 Juergen Klopp

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya