Hal yang Membuat Maroko Tampil Impresif di Piala Dunia 2022

Maroko tidak terkalahkan sepanjang fase grup 

Timnas Maroko tampil luar biasa di Piala Dunia 2022 Qatar. The Atlas Lions secara mengejutkan keluar sebagai juara Grup F. Padahal, mereka bersaing dengan dua negara top Eropa, Belgia dan Kroasia.

Hebatnya lagi, Maroko tidak terkalahkan di grup tersebut dengan meraih 2 kemenangan dan 1 imbang. Prestasi ini tentu sesuatu yang membanggakan bagi anak asuh Walid Regragui tersebut.

Mereka kini jadi tim Afrika pertama yang menjuarai fase grup Piala Dunia sejak 24 tahun terakhir. Lantas, apa yang membuat Maroko tampil impresif di Piala Dunia 2022?

1. Lini pertahanan yang solid 

Hal yang Membuat Maroko Tampil Impresif di Piala Dunia 2022Kegembiraan para pemain Maroko setelah berhasil lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022. (twitter.com/EnMaroc)

Lini pertahanan Maroko tampil solid sepanjang fase grup. The Atlas Lions sukses mencatatkan 2 clean sheet dan hanya kebobolan 1 gol dari 3 pertandingan. Menariknya, dua clean sheet itu dihasilkan Maroko kala menghadapi dua tim besar, Belgia dan Kroasia.

Apresiasi lebih tentu layak diberikan kepada Romain Saiss, Nayef Aguerd, Achraf Hakimi, dan Noussair Mazraoui yang memberikan rasa nyaman bagi Bono dalam mengawal gawangnya. Khusus Hakimi, ia tidak hanya hebat dalam bertahan, tetapi juga jago dalam membantu serangan. Bek kanan milik Paris Saint-Germain itu tercatat sudah menciptakan satu assist sejauh ini.

Dilansir Whoscored, Hakimi jadi pemain Maroko dengan rating tertinggi pada fase grup. Ia didapuk dengan nilai 7,51.

2. Para pemain yang sudah berpengalaman di liga top Eropa 

Hal yang Membuat Maroko Tampil Impresif di Piala Dunia 2022Achraf Hakimi (twitter.com/AchrafHakimi)

Tidak dapat dimungkiri, skuad Maroko saat ini bisa dibilang sebagai yang terbaik daripada edisi-edisi sebelumnya. Sebab, hampir seluruh pemain The Atlas Lions berkarier di kompetisi top Eropa. Tidak hanya sebagai pelengkap, mereka bahkan memainkan peran kunci di klubnya masing-masing.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika skuad Maroko tampil begitu mengerikan di Piala Dunia edisi kali ini. Bahkan, ada beberapa netizen yang menyebut skuad Maroko sebagai generasi emas.

Baca Juga: 6 Bintang yang Membawa Maroko Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022

3. Berkat tangan dingin Walid Regragui 

Hal yang Membuat Maroko Tampil Impresif di Piala Dunia 2022Walid Regragui (instagram.com/walid.regragui)

Keputusan Federasi Sepak Bola Maroko menunjuk Walid Regragui sebagai kepala pelatih sangatlah tepat. Pasalnya, sejak dilatih pria berusia 47 tahun itu, Maroko terus menunjukkan performa yang konsisten.

Dari enam pertandingan yang telah dilalui, mereka belum sekali pun kalah. Maroko berhasil meraih 4 kemenangan dan 2 imbang. Hebatnya lagi, Bono dan kolega sukses menciptakan lima clean sheet secara berturut-turut sebelum gawang mereka dijebol Kanada pada laga pemungkas Grup F.

4. Deretan striker Maroko masih tumpul 

Hal yang Membuat Maroko Tampil Impresif di Piala Dunia 2022Youssef En-Nesyri (instagram.com/ennesyri15)

Selayaknya sebuah tim sepak bola, Maroko juga masih memiliki banyak kekurangan. Salah satu hal yang menjadi titik lemah The Atlas Lions sejauh ini adalah tumpulnya deretan striker mereka.

Walid Regragui tercatat membawa tiga striker ke Piala Dunia 2022. Mereka adalah Youssef En-Nesyri, Walid Cheddira, dan Abderrazak Hamdallah. Namun, dari seluruh nama itu, baru Youssef En-Nesyri yang berhasil mengemas gol di Piala Dunia edisi kali ini.

En-Nesyri mencetak satu gol saat Maroko mengalahkan Kanada 2-1. Sementara itu, Abderrazak Hamdallah dan Walid Cheddira belum memberikan sumbangsihnya.

5. Maroko akan menghadapi Spanyol pada babak 16 besar 

Hal yang Membuat Maroko Tampil Impresif di Piala Dunia 2022Timnas Maroko (twitter.com/EnMaroc)

Hasil positif yang diraih Maroko pada babak grup jelas membuat rasa percaya diri para pemain meningkat jelang babak 16 besar. Maroko yang menjadi juara Grup F bakal berjumpa dengan Spanyol yang keluar sebagai runner-up Grup E.

Pertandingan ini menjadi pembuktian bagi The Atlas Lions untuk melihat sejauh mana kualitas mereka menghadapi salah satu tim unggulan juara Piala Dunia 2022. Apalagi, Spanyol membawa sejumlah pemain bintang.

Baca Juga: Zakaria Aboukhlal, Bintang Maroko yang Jago Mengaji

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya