Bulan Januari yang Tidak Bersahabat bagi AC Milan

Rossoneri hanya meraih 1 kemenangan dari 6 laga

AC Milan memulai kompetisi musim 2022/2023 dengan performa yang menjanjikan. Rossoneri sempat tidak terkalahkan dalam enam pertandingan awal Serie A. Mereka kemudian kalah dari Napoli pada giornata ketujuh, tapi berhasil bangkit dan tidak terkalahkan dalam empat pertandingan berikutnya.

Di ajang Liga Champions, meski tidak berjalan mulus, AC Milan berhasil lolos ke fase gugur. Olivier Giroud dan kolega melaju ke babak berikutnya dengan status runner-up Grup E setelah mengumpulkan 10 poin dari 6 laga.

Semuanya berjalan sesuai harapan bagi AC Milan sebelum jeda Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, ketika memasuki paruh kedua musim ini, performa Rossoneri menurun sangat drastis. Sepanjang Januari 2023, mereka hanya meraih 1 kemenangan dari 6 pertandingan yang dilalui.

1. Sempat mengalahkan Salernitana, AC Milan hanya mampu main imbang lawan AS Roma 

Bulan Januari yang Tidak Bersahabat bagi AC MilanSkuad AC Milan musim 2022/2023. (instagram.com/acmilan)

Setelah pergelaran Piala Dunia 2022 berakhir, AC Milan kembali melanjutkan perjalanannya di kompetisi Serie A. US Salernitana menjadi lawan pertama yang dihadapi anak asuh Stefano Pioli tersebut pada Rabu (4/1/2023). AC Milan berhasil mengalahkan tim tuan rumah dengan skor 2-1 lewat gol Rafael Leao dan Sandro Tonali.  

Pada Senin (9/1/2023), AC Milan menjamu AS Roma di San Siro. Rossoneri mampu unggul 2-0 hingga menit ke-80 lewat gol Pierre Kalulu dan Tommaso Pobega. Sayangnya, AC Milan kehilangan fokus pada sepuluh menit terakhir. AS Roma kemudian sukses menyamakan kedudukan melalui Roger Ibanez dan Tammy Abraham.

2. Kalah dari sepuluh pemain Torino pada babak 16 besar Coppa Italia 

Bulan Januari yang Tidak Bersahabat bagi AC MilanSkuad AC Milan musim 2022/2023. (instagram.com/acmilan)

Setelah ditahan imbang AS Roma, AC Milan bertemu Torino pada babak 16 besar Coppa Italia, Kamis (12/1/2023). Sebagai tim tuan rumah, AC Milan jelas lebih diunggulkan daripada lawannya tersebut. Namun, siapa sangka Torino berhasil memberikan perlawanan gigih.

Meski hanya bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-70, Torino sukses menahan imbang AC Milan 0-0 hingga waktu normal berakhir. Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak extra time. Pada menit ke-114, Torino secara mengejutkan mampu menjebol gawang AC Milan lewat Michel Adopo. Gol tersebut menjadi satu-satunya gol yang tercipta hingga laga berakhir. Rossoneri pun gagal melaju ke fase berikutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dibeli Lazio dari AC Milan, Siapa Saja?

3. Ditahan imbang Lecce di kompetisi Serie A 

Bulan Januari yang Tidak Bersahabat bagi AC MilanSkuad AC Milan ketika menghadapi RB Salzburg dalam matchday pertama Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/acmilan)

AC Milan kembali gagal memetik kemenangan pada giornata ke-18 Serie A 2022/2023. Bertamu ke kandang Lecce di Ettore Giardiniero, Minggu (15/1/2023), AC Milan hanya mampu berbagi poin setelah ditahan imbang 2-2.

Lecce unggul dua gol terlebih dahulu melalui gol bunuh diri Theo Hernandez dan sundulan Federico Baschirotto pada babak pertama. Sementara itu, Rossoneri berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Rafael Leao dan Davide Calabria pada babak kedua.

4. Dibantai Inter Milan di Supercoppa Italia 

Bulan Januari yang Tidak Bersahabat bagi AC MilanPara pemain AC Milan melakukan selebrasi setelah Olivier Giroud mencetak gol ke gawang Dinamo Zagreb pada matchday kelima UCL 2022/2023. (twitter.com/ChampionsLeague)

Final Supercoppa Italia 2022/2023 menghadirkan duel seru antara dua klub elite, yakni AC Milan melawan Inter Milan. Namun, siapa sangka, laga yang berlangsung di Stadion King Fahd International, Kamis (19/1/2023), memberi kenangan yang buruk bagi Rossoneri. Anak asuh Stefano Pioli tersebut dibantai Inter Milan dengan skor telak 0-3.

Tiga gol kemenangan Nerazzurri masing-masing diciptakan oleh Federico Dimarco, Edin Dzeko, serta Lautaro Martinez. Berkat hasil tersebut, Inter Milan sukses mempertahankan gelar juara yang mereka raih pada musim lalu.

5. Digunduli Lazio empat gol tanpa balas 

Bulan Januari yang Tidak Bersahabat bagi AC MilanPara pemain AC Milan melakukan selebrasi setelah Matteo Gabbia mencetak gol ke gawang Dinamo Zagreb pada matchday kelima UCL 2022/2023. (twitter.com/acmilan)

Terbaru, AC Milan kembali menelan kekalahan pada giornata ke-19 Serie A. Lawan yang berhasil menundukkan AC Milan kali ini adalah Lazio. Bermain di Stadio Olimpico, Rabu (25/1/2023), Lazio mampu mengunduli AC Milan empat gol tanpa balas.

Empat gol kemenangan Biancocelesti diciptakan oleh Sergej Milinkovic-Savic, Mattia Zaccagni, Luis Alberto, dan Felipe Anderson. Kemenangan besar itu mengantarkan Lazio naik ke posisi ketiga klasemen sementara. Mereka saat ini hanya terpaut satu poin dari AC Milan di atasnya.

 

AC Milan sendiri tinggal menyisakan satu pertandingan lagi pada Januari 2023 ini. Mereka akan menjamu Sassuolo di San Siro pada Minggu (29/1/2023) pukul 18.30 WIB. Mampukah Rossoneri memutus tren negatifnya di laga tersebut? Menarik kita nantikan.

Baca Juga: Lazio Curi Poin Penuh Atas AC Milan

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya