5 Jebolan Akademi Chelsea yang Sekarang Sukses di Klub Lain

Keputusan mereka untuk pergi membuahkan hasil positif

Chelsea secara luas dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki akademi terbaik di dunia. Sudah banyak sekali jebolan akademi The Blues yang menghiasi tim senior. Pada musim 2021/2022, ada Reece James, Mason Mount, dan Trevoh Chalobah yang menjadi bagian dari skuad inti Chelsea.

Namun, banyak juga pemain yang harus angkat kaki dari Stamford Bridge karena gagal menembus tim senior. Menariknya, dari sekian banyak lulusan akademi Chelsea yang hengkang ke klub lain, ada beberapa nama yang berhasil tampil impresif pada musim 2021/2022.

1. Marc Guehi 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Sekarang Sukses di Klub LainMarc Guehi (football365.com)

Marc Guehi tercatat hanya tampil dua kali bersama tim senior Chelsea. Setelah itu, ia dilepas ke Crystal Palace dengan harga 23,34 juta euro atau Rp358 miliar pada musim panas 2021. The Blues memutuskan menjual Guehi karena sudah memiliki stok bek tengah yang melimpah.

Di bawah asuhan Patrick Vieira, sang pemain berkembang sangat pesat. Bek berusia 21 tahun itu total bermain sebanyak 42 kali dan mencetak 4 gol serta 1 assist di semua kompetisi. Performa impresif itu membuat Guehi mendapatkan panggilan memperkuat Tim Nasional Inggris.

2. Jamal Musiala 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Sekarang Sukses di Klub LainJamal Musiala (twitter.com/Squawka)

Jamal Musiala meninggalkan Stamford Bridge pada musim panas 2019. Ia memutuskan untuk bergabung dengan Bayern Munchen dan memulai kiprahnya di skuad U-17. Hanya butuh waktu setahun, Musiala berhasil promosi ke tim senior.

Pemain berusia 19 tahun itu sekarang menjadi salah satu pemain kunci Julian Nagelsmann di lini tengah. Sepanjang musim 2021/2022, Musiala mampu tampil sebanyak 40 penampilan di semua ajang. Ia berhasil menorehkan 8 gol serta 6 assist dari seluruh penampilannya tersebut.

Baca Juga: 9 Potret Jamal Musiala, Gelandang Berbakat Bayern Munchen

3. Tammy Abraham 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Sekarang Sukses di Klub LainTammy Abraham (skysports.com)

Sebelum masuk ke skuad utama Chelsea, Tammy Abraham sempat dipinjamkan terlebih dahulu ke beberapa tim Inggris. Ketika tim dilatih Frank Lampard, sang penyerang pernah menjadi pilihan utama di lini serang. Sayangnya, Abraham mulai tersisihkan sejak kehadiran Thomas Tuchel.

Pada musim panas 2021, penyerang asal Inggris itu memutuskan pergi dari Stamford Bridge dan bergabung bersama AS Roma. Abraham tampil sangat menjanjikan di lini depan tim asuhan Jose Mourinho itu. Dari 53 laga di berbagai kompetisi, ia berhasil menciptakan 27 gol dan 5 assist.

4. Fikayo Tomori 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Sekarang Sukses di Klub LainFikayo Tomori melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Liverpool. (twitter.com/ChampionsLeague)

Fikayo Tomori berhasil naik kasta ke tim senior pada tahun 2016. Ia mendapatkan cukup banyak kesempatan bermain ketika klub masih dilatih Frank Lampard. Namun, semua cerita berubah sejak nakhoda berganti ke tangan Thomas Tuchel.

Tomori kemudian memilih hengkang ke AC Milan pada Januari 2021. Di kompetisi Italia, bek berusia 24 tahun itu tampil sangat solid di jantung pertahanan Rossoneri. Ia berhasil mengantarkan klubnya itu meraih Scudetto pada musim 2021/2022.

5. Declan Rice 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Sekarang Sukses di Klub LainDeclan Rice (planetfootball.com)

Declan Rice bermain bersama tim muda Chelsea sejak umur 6 tahun. Namun, pada usia 14 tahun, ia memutuskan hijrah ke West Ham United. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu mendapatkan debut senior bersama The Hammers ketika umurnya masih 18 tahun.

Kini Rice menjadi sosok yang tak tergantikan di lini tengah. Ia tercatat mampu menorehkan 5 gol serta 4 assist dalam 50 pertandingan di semua kompetisi pada musim 2021/2022. Penampilan ciamik Rice itu membuatnya dikaitkan dengan Manchester United dan Chelsea.

 

Keputusan mereka untuk pergi dari Chelsea ternyata membuahkan hasil yang positif. Kini, para pemain tersebut menjadi sosok penting untuk klubnya masing-masing.

Baca Juga: 5 Pemain West Ham dengan Banderol Termahal Saat Ini, Ada Declan Rice 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya