5 Jebolan Akademi Chelsea yang Saat Ini Membela Tim Elite Eropa

Ada yang bermain untuk AC Milan, Barcelona, dan Arsenal 

Chelsea dikenal secara luas sebagai salah satu tim sepak bola yang memiliki akademi terbaik di dunia. Sudah banyak jebolan akademi Chelsea yang bermain di tim senior. Musim ini, ada Reece James, Armando Broja, Trevoh Chalobah, Conor Gallagher, hingga Mason Mount yang menjadi bagian dari skuad inti The Blues.

Di sisi lain, banyak juga jebolan akademi Chelsea yang tak mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi di tim utama. Alhasil, mereka memutuskan untuk berganti tim.

Berikut lima jebolan akademi Chelsea yang saat ini membela tim elite Eropa!

1. Tammy Abraham (AS Roma) 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Saat Ini Membela Tim Elite EropaTammy Abraham (twitter.com/ASRomaEN)

Setelah menimba ilmu di tim muda Chelsea, Tammy Abraham dipinjamkan ke sejumlah klub Inggris. Striker berusia 25 tahun ini sempat menjadi pilihan utama di lini depan The Blues era Frank Lampard. Akan tetapi, sang pemain tersisihkan dari skuad Chelsea setelah kehadiran Thomas Tuchel.

Abraham kemudian memutuskan meninggalkan Stamford Bridge dan bermain untuk AS Roma. Sejauh ini, ia telah menorehkan 29 gol serta 8 assist dari 64 penampilan di semua kompetisi untuk klub Italia itu. Abraham memberikan kontribusi besar saat timnya meraih gelar UEFA Conference League 2021/2022.

2. Fikayo Tomori (AC Milan) 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Saat Ini Membela Tim Elite EropaFikayo Tomori (twitter.com/acmilan)

Fikayo Tomori berhasil promosi ke tim senior Chelsea pada 2017. Ia sempat diberi banyak kesempatan bermain ketika tim dilatih Frank Lampard. Sayangnya, kedatangan Thomas Tuchel membuat karier sang pemain di Stamford Bridge harus berakhir.

Tomori lalu memilih hengkang ke AC Milan pada Januari 2021. Ia tampil apik dan menjadi bek utama di lini pertahanan AC Milan sampai saat ini. Pemain berusia 24 tahun itu juga turut andil dalam kesuksesan Rossoneri merengkuh scudetto pada 2021/2022 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan Akademi Barcelona yang Pernah Membela Chelsea

3. Andreas Christensen (Barcelona) 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Saat Ini Membela Tim Elite EropaAndreas Christensen (twitter.com/FCBarcelona)

Andreas Christensen mulai menimba ilmu di tim muda Chelsea ketika usianya 16 tahun. Ia kemudian dipinjamkan ke Borussia Moenchengladbach selama 2 tahun. Setelah masa peminjamannya berakhir, pemain asal Denmark itu masuk ke skuad utama The Blues.

Christensen mencatatkan 161 pertandingan bersama Chelsea di semua kompetisi. Sang pemain meninggalkan Stamford Bridge pada musim panas 2022 setelah kontraknya berakhir. Kini, pria berusia 26 tahun itu menjadi bagian dari Barcelona.

4. Nathan Ake (Manchester City) 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Saat Ini Membela Tim Elite EropaNathan Ake (twitter.com/NathanAke)

Nathan Ake bergabung dengan akademi Chelsea pada 2011. Setelah promosi ke tim utama, pemain berkebangsaan Belanda itu sangat jarang mendapatkan kesempatan bermain. Alhasil, ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain, seperti Watford, Reading, dan Bournemouth.

Performa apik Ake pada masa peminjaman membuat Bournemouth mempermanenkannya pada 2017. Bersama The Cherries, sang pemain mulai menjadi salah satu bek yang diperhitungkan di English Premier League (EPL). Manchester City akhirnya memboyongnya seharga 45,3 juta euro atau Rp676 miliar pada 2020.

5. Eddie Nketiah (Arsenal) 

5 Jebolan Akademi Chelsea yang Saat Ini Membela Tim Elite EropaEddie Nketiah (twitter.com/EddieNketiah9)

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Eddie Nketiah merupakan jebolan akademi Chelsea. Ia bermain untuk tim muda The Blues hingga usia 16 tahun. Setelah itu, Arsenal merekrutnya pada 2015.

Nketiah mulai mendapatkan kesempatan bermain di tim utama The Gunners sejak 2017. Sampai saat ini, striker berusia 23 tahun itu sudah menorehkan 103 pertandingan di semua kompetisi. Nketiah berhasil membukukan 25 gol serta 3 assist dari seluruh penampilannya tersebut.

Keputusan mereka untuk pergi dari Stamford Bridge ternyata membuahkan hasil yang baik. Kini, kelima pemain itu menjadi sosok kunci bagi timnya masing-masing.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan Akademi Real Madrid yang Kini Membela Atletico Madrid

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya