5 Kapten yang Meninggalkan Klubnya pada Transfer Musim Panas 2022

Mulai dari Kasper Schmeichel hingga Fernandinho 

Bursa transfer musim panas 2022 berjalan seru. Ada banyak sekali pemain top yang memutuskan berganti klub. Menariknya, dari sekian banyak bintang yang pindah tim, ada beberapa nama yang berstatus sebagai kapten.

Para kapten itu meninggalkan timnya dengan berbagai alasan, mulai dari kontrak habis, dijual secara permanen, hingga pensiun. Berikut kelima kapten yang berganti klub pada bursa transfer musim panas 2022.

1. Kasper Schmeichel 

5 Kapten yang Meninggalkan Klubnya pada Transfer Musim Panas 2022Kasper Schmeichel ketika diperkenalkan sebagai pemain baru Nice. (ogcnice.com)

Kasper Schmeichel sudah menjadi bagian dari Leicester City sejak tahun 2011. Sayangnya, kebersamaan mereka harus berakhir pada musim panas 2022. Penjaga gawang asal Denmark itu memutuskan pindah ke tim Prancis, Nice, dengan biaya 1 juta euro atau setara Rp15 miliar.

Schmeichel meninggalkan The Foxes dengan status sebagai legenda klub. Sang kapten merupakan bagian dari skuad yang berhasil meraih gelar Premier League 2015/2016. Selain itu, ia juga sukses mempersembahkan trofi Piala FA dan Community Shield bagi publik King Power Stadium.

2. Mark Noble 

5 Kapten yang Meninggalkan Klubnya pada Transfer Musim Panas 2022Mark Noble (whufc.com)

Mark Noble adalah produk asli jebolan akademi West Ham United. Gelandang asal Inggris tersebut berhasil naik kasta ke tim utama pada tahun 2006. Pada musim panas 2022 ini, ia memilih berpisah dengan The Hammers.

Bukan pindah klub, Noble memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama West Ham untuk gantung sepatu alias pensiun. Selama 18 musim berseragam West Ham, pria berusia 35 tahun tersebut mampu mencatatkan 548 pertandingan di semua kompetisi sekaligus menorehkan 62 gol serta 61 assist dari seluruh penampilannya tersebut.

Baca Juga: 5 Transfer Termahal Sebelum Bursa Transfer Musim Panas 2022 Dibuka

3. Fernandinho 

5 Kapten yang Meninggalkan Klubnya pada Transfer Musim Panas 2022Fernandinho (twitter.com/AthleticoPR)

Manchester City merekrut Fernandinho dari Shakhtar Donetsk pada tahun 2013. Pemain asal Brasil tersebut membantu tim meraih banyak sekali gelar juara di kompetisi domestik. Ia sendiri menjabat sebagai kapten The Citizens sejak tahun 2020 pasca David Silva hengkang dari Stadion Etihad.

Fernandinho mengakhiri kebersamaan dengan Manchester City pada musim panas 2022. Ia meninggalkan klub dengan status bebas transfer karena kontraknya berakhir. Gelandang berusia 37 tahun ini pun memilih kembali ke klub lamanya, Athletico Paranaense.

4. Alexandre Lacazette 

5 Kapten yang Meninggalkan Klubnya pada Transfer Musim Panas 2022Alexandre Lacazette (twitter.com/OL)

Alexandre Lacazette sebenarnya baru ditunjuk menjadi kapten utama Arsenal pada musim 2021/2022 menggantikan peran Pierre-Emerick Aubameyang yang hengkang ke Barcelona pada Januari 2022. Meski begitu, Lacazette ternyata juga memilih meninggalkan Arsenal pada musim panas 2022 ini.

Penyerang Prancis itu kembali ke Lyon setelah kontraknya bersama Arsenal berakhir. Setelah Lacazette pergi, The Gunners pun menunjuk Martin Odegaard sebagai kapten baru.

5. Ben Mee 

5 Kapten yang Meninggalkan Klubnya pada Transfer Musim Panas 2022Ben Mee (brentfordfc.com)

Ben Mee menghabiskan waktunya selama 11 tahun di Burnley. Selama periode itu, sang kapten mampu memainkan 376 pertandingan di semua kompetisi. Ia turut menyumbang 12 gol serta 12 assist dari seluruh penampilannya tersebut.

Mee tercatat pernah membawa The Clarets dua kali promosi ke kompetisi Premier League. Pemain berusia 32 tahun itu memutuskan pindah ke Brentford pada musim panas 2022 ini. Ia hengkang ke Brentford dengan status bebas transfer setelah kontraknya bersama Burnley usai.

Kepergian mereka membuat para pelatih pun menunjuk kapten baru. Para pelatih pasti akan memilih kapten baru yang memiliki pengaruh besar dalam tim. Dalam daftar tersebut, gaya kepemimpinan siapa yang paling kamu favoritkan?

Baca Juga: 5 Rekor Transfer Pinjaman Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya