5 Kapten Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola, Memiliki Peran Penting!

Ada pemain yang mampu bangkit dari tragedi mengerikan

Seorang kapten memiliki peran yang sangat penting bagi tim sepak bola. Selain menjadi pemain yang paling bertanggung jawab, kapten juga memiliki tugas untuk memberi motivasi kepada para rekan-rekannya. Peran kapten itulah yang akan membuat semangat tim berkobar dan bisa membawa klubnya meraih kemenangan.

Sepanjang sejarah sepak bola, banyak sekali kapten yang memiliki jiwa kepemimpinan hebat. Akan tetapi, tidak banyak kapten yang layak dinobatkan sebagai sosok terbaik dalam sejarah sepak bola. Berikut ini lima kapten terbaik sepanjang sejarah.

1. Sir Bobby Charlton 

5 Kapten Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola, Memiliki Peran Penting!Sir Bobby Charlton (manutd.com)

Sir Bobby Charlton adalah salah satu legenda terbaik yang pernah dimiliki oleh Manchester United dan Timnas Inggris. Ia hampir saja berhenti bermain sepak bola lantaran trauma menjadi korban tragedi Munchen pada tahun 1958. Namun, seiring berjalannya waktu, sang pemain mampu bangkit dan memutuskan untuk melanjutkan kariernya.

Bahkan, Charlton dipercayai untuk menjadi kapten Manchester United dalam beberapa tahun. Salah satu performa terbaiknya tercipta pada final Piala Eropa 1968. Ketika itu, sang pemain mampu mencetak 2 gol dalam babak perpanjangan waktu dan membantu Manchester United menang melawan tim raksasa, Benfica. Selama 17 tahun berseragam Setan Merah, Charlton mampu menciptakan 249 gol dari 758 pertandingan.

2. Carles Puyol 

5 Kapten Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola, Memiliki Peran Penting!Carles Puyol (skysports.com)

Carles Puyol adalah salah satu pesepak bola yang hanya membela satu klub sepanjang kariernya, yaitu Barcelona. Total 27 tahun pemain asal Spanyol itu habiskan di Camp Nou. Ia mulai ditunjuk sebagai kapten tim pada tahun 2004.

Selama membela Barcelona, sang pemain sukses memenangi 3 gelar Liga Champions, 6 LaLiga, 3 Piala Super Eropa, 2 Piala Dunia Antarklub, dan 8 Piala Super Spanyol. Lebih hebatnya lagi, Puyol meraih semua itu ketika menjabat sebagai kapten.

Baca Juga: 5 Duet Bek Tengah Terbaik pada Abad ke-21, Ada Puyol dan Pique!

3. Johan Cruyff 

5 Kapten Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola, Memiliki Peran Penting!Johan Cruyff (goal.com)

Sebelum era Carles Puyol, Barcelona juga sempat memiliki kapten hebat dalam diri Johan Cruyff. Blaugrana memang sangat beruntung pernah diperkuat pemain asal Belanda tersebut. Pasalnya, sang pemain dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang sejarah.

Tidak hanya itu, Cruyff juga dinilai sebagai sosok yang mengubah Barcelona menjadi klub terbaik di dunia. Selama menjabat sebagai kapten di Barcelona, ia memang hanya memenangi sedikit gelar. Namun, dampak yang dia berikan masih terasa sampai saat ini. Berkat Cruyff, Barcelona mempunyai akademi terbaik di dunia yang menghasilkan bakat-bakat hebat seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez, hingga Andres Iniesta.

4. Roy Keane 

5 Kapten Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola, Memiliki Peran Penting!Roy Keane. (skysports.com)

Barangkali tak ada kapten Manchester United yang ditakuti dan dihormati seperti Roy Keane. Pemain asal Irlandia itu dikenal sebagai sosok yang tak kenal kompromi di atas lapangan. Kepemimpinannya yang sangat gigih membuat rekan-rekannya tampil jauh lebih baik lagi. Karena sosoknya yang temperamental, ia telah mendapatkan 11 kartu merah sepanjang kariernya.

Meski demikian, hal tersebut tetap membuat Alex Ferguson memilih Keane sebagai sosok kapten sejak tahun 1997. Banyak sekali gelar juara yang didapatkan oleh sang pemain selama berseragam Setan Merah. Salah satu tahun terbaiknya tercipta pada musim 1998/1999 saat Manchester United berhasil meraih treble winner.

5. Franz Beckenbauer 

5 Kapten Terbaik dalam Sejarah Sepak Bola, Memiliki Peran Penting!Franz Beckenbauer. (beinsports.com)

Franz Beckenbauer adalah pesepak bola terbaik pada era 1960-an hingga 1970-an. Selama berkostum tim nasional Jerman dan Bayern Munchen, sang pemain meraih banyak sekali gelar juara. Ia juga turut mengantarkan Bayern Munchen memenangi trofi Bundesliga selama 3 musim secara berturut-turut pada tahun 1972 hingga 1974.

Tak berhenti sampai di situ, Beckenbauer langsung melanjutkan meraih tiga trofi berturut-turut dalam ajang Liga Champions pada tahun 1974 hingga 1976. Bersama tim nasional Jerman, ia meraih satu gelar Piala Dunia pada tahun 1974. Torehannya semakin lengkap karena Beckenbauer meraih dua penghargaan Ballon d’Or tahun 1972 dan 1976.

 

Itulah lima kapten yang layak dinobatkan sebagai sosok terbaik dalam sejarah sepak bola. Dari nama-nama tersebut, siapa kapten idolamu?

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Skuad Tim Nasional Jerman di Turnamen Piala Eropa 2020

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya