5 Kapten Tertua di Kompetisi Premier League Musim 2022/2023

Mereka memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi 

Kapten merupakan jabatan yang sangat penting dalam sebuah klub sepak bola. Pemain yang ditunjuk menggunakan ban kapten biasanya memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan sudah berpengalaman.

Di kompetisi English Premier League (EPL) musim 2022/2023, terdapat sejumlah kapten yang tergolong gaek. Mereka mengemban tugas berat sebagai pemimpin tim ketika umurnya sudah lebih dari kepala tiga. Berikut daftar lima kapten tertua di Premier League musim ini.

1. Hugo Lloris (35 tahun) 

5 Kapten Tertua di Kompetisi Premier League Musim 2022/2023Hugo Lloris (twitter.com/SpursOfficial)

Hugo Lloris adalah pemain paling senior di skuad Tottenham Hotspur saat ini. Penjaga gawang asal Prancis itu sudah membela Spurs sejak satu dekade lalu. Karena pengalaman yang sudah banyak, tidak mengherankan jika pemain berusia 35 tahun tersebut ditunjuk sebagai kapten tim.

Lloris mulai menggunakan ban kapten Spurs pada tahun 2014 setelah Michael Dawson hijrah ke Hull City. Sejauh ini, Lloris sudah tampil sebanyak 413 pertandingan di semua kompetisi bersama Spurs. Ia berhasil menciptakan 142 clean sheet dari seluruh penampilannya tersebut.

2. Seamus Coleman (33 tahun) 

5 Kapten Tertua di Kompetisi Premier League Musim 2022/2023Seamus Coleman (twitter.com/Everton)

Seamus Coleman merupakan sosok yang sangat setia membela Everton. Ia telah menjadi bagian dari tim Merseyside tersebut sejak tahun 2009 silam. Coleman sebenarnya sempat beberapa kali dikaitkan dengan klub lain, namun ia pada akhirnya tetap loyal di Goodison Park.

Coleman menjadi kapten tim sejak 2019 menyusul kepergian Phil Jagielka setelah menjabat selama 12 musim. Kontrak Coleman bersama Everton masih tersisa hingga 2023. Itu artinya, musim ini berpotensi menjadi musim terakhir sang pemain menjabat sebagai kapten The Toffees. Selama membela Everton, Coleman sudah memainkan 384 laga dan mencetak 27 gol dan 32 assist.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jordan Henderson, Kapten Andalan Liverpool

3. Jordan Henderson (32 tahun) 

5 Kapten Tertua di Kompetisi Premier League Musim 2022/2023Jordan Henderson (twitter.com/JHenderson)

Liverpool adalah klub Premier League kedua yang dibela oleh Jordan Henderson. Gelandang asal Inggris ini pindah ke Anfield dari Sunderland pada musim panas 2011. Ia mulai ditunjuk menjadi kapten tetap Liverpool pada tahun 2015 setelah Steven Gerrard hengkang Los Angeles.

Selama menjabat sebagai kapten tim, Henderson sudah mempersembahkan banyak sekali gelar juara untuk The Reds, mulai dari trofi Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub. Sampai saat ini, pemain berusia 32 tahun itu telah mencatatkan 450 laga dan menorehkan 33 gol serta 58 assist di berbagai ajang untuk Liverpool.

4. Cesar Azpilicueta (32 tahun) 

5 Kapten Tertua di Kompetisi Premier League Musim 2022/2023Cesar Azpilicueta (twitter.com/CesarAzpi)

Chelsea merekrut Cesar Azpilicueta dari Marseille dengan banderol 8,8 juta euro atau Rp133 miliar pada musim panas 2012. Tak butuh waktu lama, pemain asal Spanyol itu langsung menjadi andalan The Blues di sektor bek sayap kanan. Ia mulai mengemban tugas sebagai kapten tim sejak tahun 2019.

Azpilicueta saat itu menggantikan peran Gary Cahill yang cabut ke Crystal Palace. Meski baru 3 musim menjabat sebagai kapten tim, Azpilicueta sudah sukses mengantarkan Chelsea meraih trofi Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Kontrak sang pemain di Stamford Bridge masih tersisa setahun lagi.

5. Luka Milivojevic (31 tahun) 

5 Kapten Tertua di Kompetisi Premier League Musim 2022/2023Luka Milivojevic (twitter.com/MilivojevicL04)

Crystal Palace merupakan klub pertama Luka Milivojevic di kompetisi top Eropa. Pemain asal Serbia itu datang ke Inggris setelah direkrut dari tim Yunani, Olympiakos, pada Januari 2017. Kini, di usia 31 tahun, ia masih dipercaya untuk menjadi kapten utama tim.

Walau memiliki jabatan yang istimewa, Milivojevic justru cukup jarang dimainkan. Pada musim 2021/2022 lalu, sang pemain tercatat hanya tampil sebanyak lima belas kali di kompetisi Premier League.

 

Mereka dipilih para pelatih sebagai kapten karena dianggap memiliki pengaruh besar dalam tim. Gaya kepemimpinan siapa yang paling kamu favoritkan dalam daftar tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Menjadi Kapten di Premier League 2022/2023

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya