Comscore Tracker

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abad

Ada klub yang pernah kebobolan sembilan gol, loh!

Liga Inggris sering dianggap sebagai liga yang paling seru dan kompetitif di dunia. Dengan begitu banyaknya klub-klub elite yang bersaing, Liga Inggris sering menyajikan pertandingan seru dan tercipta banyak gol.

Tak jarang, klub-klub elite juga pernah mengalami kekalahan telak dalam sejarahnya. Berikut ini, 10 kekalahan paling memalukan di Liga Inggris sejak tahun 2001.

1. Manchester United 1-6 Manchester City (2011)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abaddailymail.co.uk

Derby Manchester tersaji di Old Trafford pada Minggu (23/10/2011). Secara tidak terduga, Manchester City berhasil membantai tuan rumah dengan skor 1-6. Sekaligus menjadi kekalahan terbesar United di kandang sejak Februari 1955. Salah satu momen yang paling diingat dalam pertandingan ini adalah selebrasi Mario Balotelli yang menggunakan baju bertulisan “Why Always Me?”. Saat itu, Manchester United masih dinakhodai oleh Sir Alex Ferguson.

2. Southampton 0-9 Leicester City (2019)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abadgoal.com

Kebangkitan Leicester City di bawah kepemimpinan Brandon Rodgers berada di puncaknya setelah membantai Southampton pada Oktober tahun lalu. Di pertandingan itu, Jamie Vardy dan Ayoze Perez sama-sama mencetak hattrick. Laga tersebut juga menjadi kemenangan tandang terbesar sepanjang sejarah Liga Inggris. Saat itu Southampton hanya bermain dengan 10 pemain setelah Ryan Bertrand diusir oleh wasit.

3. Stoke City 6-1 Liverpool (2015)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abad90min.com

Perpisahan Steven Gerrard bersama Liverpool di Liga Inggris bisa dibilang cukup mengecewakan. The Reds harus mengakui kekalahan dari Stoke City dengan skor 6-1. Liverpool sendiri tertinggal 5 gol di babak pertama. Sempat memperkecil ketertinggalan melalui Gerrard, Stoke City kembali menjauh lewat gol Peter Crouch di menit ke-86.

4. Manchester United 8-2 Arsenal (2011)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abad90min.com

Manchester United tampil sangat superior pada pekan ketiga Liga Inggris musim 2011/2012. Tim asuhan Alex Ferguson berhasil membantai Arsenal dengan skor 8-2. Di laga tersebut, Wayne Rooney berhasil mencetak hattrick. Dua gol Arsenal saat itu dicetak oleh Theo Walcott dan Robin van Persie.

5. Manchester City 6-0 Chelsea (2019)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abad90min.com

Di musim lalu, Chelsea hanya kalah sebanyak 8 pertandingan di Liga Inggris. Salah satu kekalahan terbesarnya adalah saat melawan Manchester City di Etihad pada Februari 2019. Aguero menjadi bintang pada pertandingan tersebut dengan mencetak hattrick. Sedangkan tiga gol lain dicetak oleh Raheem Sterling (2) dan Ilkay Gundogan (1).

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan TVRI Siarkan Liga Inggris, Bukan Liga 1 Indonesia

6. Chelsea 6-0 Arsenal (2014)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abad90min.com

Arsene Wenger yang menjalani laga ke-1000 bersama Arsenal harus rela dibantai Chelsea dengan skor telak 6-0.  Pertandingan baru berjalan tujuh menit, The Blues sudah unggul dua gol melalui Samuel Eto'o dan Andre Schurrle. Langkah Arsenal semakin sulit ketika Kieran Gibbs diusir oleh wasit pada menit ke-15. Sedangkan empat gol Chelsea yang lain dicetak oleh Hazard (1), Oscar (2) dan Salah (1).

7. Middlesbrough 8-1 Manchester City (2008)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abad90min.com

Sebelum diambil alih oleh Sheikh Mansour, Manchester City bukanlah tim yang superior seperti sekarang. Bahkan dulu pada tahun 2008, The Citizens pernah dibantai habis oleh Middlesbrough dengan skor 8-1. Pada pertandingan itu, penyerang Middlesbrough asal Brasil, Afonso Alves berhasil mencetak hattrick.

8. Newcastle United 5-1 Tottenham Hotspur (2016)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abad90min.com

Di Stadion James Park, Tottenham yang hanya perlu menang melawan Newcastle untuk mengamankan posisi kedua ternyata harus kalah dengan skor yang cukup telak. Meski harus kehilangan Aleksandar Mitrovic di menit ke-67, Newcastle tetap mampu tampil apik. Mereka berhasil membantai The Lilywhites dengan skor 5-1. Bahkan menurut pelatih Tottenham saat itu, Mauricio Pochettino, pertandingan itu adalah yang terburuk dalam kariernya.

9. Southampton 8-0 Sunderland (2014)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abad90min.com

Graziano Pelle dkk berhasil mencetak rekor baru bagi Southampton pada 2014. Mereka berhasil membantai Sunderland dengan skor 8-0. Saat itu, Pelle berhasil mencetak dua gol, Jack Cork satu gol, Victor Wanyama satu gol dan Dusan Tadic satu gol. Uniknya, tiga gol yang lain dicetak oleh pemain Sunderland alias gol bunuh diri.

10. Tottenham Hotspur 9-1 Wigan Athletic (2009)

10 Kekalahan Paling Memalukan di Liga Inggris Sejak Pergantian Abadtottenhamhotspur.com

Pada 22 November 2009, Tottenham berhasil menggilas Wigan dengan skor 9-1. Jermaine Defoe sendiri berhasil menjadi bintang dalam pertandingan ini dengan mencetak 5 gol alias quintrick. Ia juga menjadi pemain ketiga di Liga Inggris yang mampu memborong 5 gol dalam satu pertandingan setelah Andy Cole dan Alan Shearer.

Dari semua laga di atas, pertandingan mana yang paling kalian ingat?

Baca Juga: 5 Pemain yang Mencetak Quintrick dalam Pertandingan Liga Inggris

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya