5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Barcelona pada Musim Ini

Salah satunya menjual Luis Suarez ke Atletico Madrid

Setelah musim lalu tanpa gelar juara, Barcelona kembali gagal meraih trofi LaLiga musim ini. Kepastian itu tercipta setelah harus kalah melawan Celta Vigo pada pekan ke-37. Meski memenangi gelar Copa del Rey, pelatih Barcelona, Ronald Koeman, diprediksi akan tetap dipecat pada akhir musim.

Xavi Hernandez kabarnya akan menjadi pelatih Blaugrana pada musim depan. Agar bisa kembali berjaya di LaLiga, Barcelona tentu perlu perombakan dan sosok pelatih yang mumpuni. Berikut kami sajikan lima kesalahan terbesar yang dilakukan oleh Barcelona pada musim ini.

1. Menukar Arthur Melo dan Miralem Pjanic 

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Barcelona pada Musim IniMiralem Pjanic (90min.com)

Musim panas lalu, Barcelona memutuskan untuk menukar gelandang muda potensialnya, Arthur Melo, dengan Miralem Pjanic. Kesepakatan pertukaran tersebut sempat tidak diterima dengan baik oleh para pendukung Barcelona. Pasalnya, mereka menganggap Arthur sebagai bagian terpenting tim dan masih memiliki masa depan yang panjang.

Hampir satu musim kemudian, kedua pemain itu justru gagal tampil maksimal bersama klub barunya. Arthur tercatat hanya tampil sebanyak 21 pertandingan di Serie A bersama Juventus. Sementara Pjanic bernasib lebih buruk karena hanya memulai 6 pertandingan sebagai starter musim ini. Jika Juventus memutuskan menjual Arthur, tim akan mendapatkan banyak sekali pundi-pundi uang mengingat usianya masih muda. Sayangnya, Barcelona tidak dapat melakukan hal yang sama terhadap Pjanic.

2. Tidak memberikan kesempatan kepada Riqui Puig 

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Barcelona pada Musim IniRiqui Puig (90min.com)

La Masia memang selalu memasok pemain hebat ke Barcelona dalam beberapa musim terakhir. Salah satu pemain muda yang dipromosikan pada musim ini ke tim senior adalah Riqui Puig. Ketika itu banyak yang menilai sang pemain akan menjadi pemain hebat mengingat Puig tampil sangat baik bersama Barcelona B.

Akan tetapi, pemain berusia 21 tahun itu jarang sekali dimainkan oleh Ronald Koeman sepanjang musim ini. Tercatat ia hanya membuat dua kali starter di pertandingan LaLiga. Selain Puig, penyerang muda asal Portugal, Francisco Trincao, yang baru dibeli dari Braga juga tak mendapatkan kesempatan bermain yang maksimal. Padahal, Barcelona harus mengeluarkan biaya sebesar 31 juta euro atau setara dengan Rp532 miliar untuk memboyong sang pemain ke Camp Nou.

Baca Juga: 9 Potret Riqui Puig, Bintang Muda Barcelona yang Berparas Memikat

3. Tidak mendatangkan bek tengah yang mumpuni 

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Barcelona pada Musim IniPique, Mingueza, Araujo, dan Lenglet. (tribuna.com)

Karena kendala keuangan, Barcelona tidak bisa mendatangkan banyak pemain top pada musim ini. Padahal, tim asuhan Ronald Koeman tersebut sangat membutuhkan sosok bek baru. Gerard Pique saat ini usianya sudah tidak lagi muda. Tak hanya itu, Clement Lenglet dan Samuel Umtiti juga sering kali tampil inkonsisten sejauh ini.

Uniknya, Koeman cukup sering memasang dua bek muda, yaitu Ronald Araujo dan Oscar Mingueza di lini pertahanan. Dalam beberapa kesempatan, kedua pemain itu memang terkadang tampil cukup baik. Namun, dengan usia yang masih sangat muda, kedua pemain itu dianggap belum saatnya untuk menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Barcelona.

4. Terlalu mengandalkan pemain muda seperti Pedri dan Ansu Fati 

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Barcelona pada Musim IniAnsu Fati dan Pedri. (corrieredellosport.it)

Pada awal musim, Barcelona membuat langkah dengan menjual para pemain seniornya. Luis Suarez, Arturo Vidal, Nelson Semedo, dan Ivan Rakitic dilepas untuk mencoba memberi kesempatan pemain muda untuk bersinar. Akan tetapi, ada ketergantungan berlebihan pada bintang-bintang muda seperti Pedri dan Ansu Fati.

Sebelum mengalami cedera, Fati tampil sangat baik dengan membukukan 5 gol dan 4 assist dalam 10 pertandingan. Sementara itu, Pedri yang direkrut musim panas lalu dari Las Palmas telah menjadi salah satu pemain muda terbaik pada musim ini. Selain kedua pemain itu, pemain muda lain yang tampil impresif adalah Sergino Dest.

5. Menjual Luis Suarez ke Atletico Madrid 

5 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan oleh Barcelona pada Musim IniLuis Suarez (goal.com)

Banyak penggemar sepak bola yang terkejut ketika mendengar kabar Barcelona menjual Luis Suarez ke Atletico Madrid. Pasalnya, penyerang asal Uruguay itu masih tampil konsisten dan menjadi andalan di lini depan Blaugrana. Kepergian Suarez saat itu sempat membuat Lionel Messi murka.

Pasalnya, Messi menganggap Suarez sebagai pemain yang masih memiliki peran penting untuk Barcelona. Benar saja, Suarez tetap tampil impresif bersama Atletico Madrid dengan mengoleksi 20 gol dari 31 pertandingan di LaLiga. Berkat dirinya, Los Rojiblancos berpeluang besar memenangi gelar LaLiga pada musim ini.

 

Kelima hal tersebut dianggap sebagai kesalahan terbesar Barcelona sepanjang musim ini. Kira-kira, mampukah Barcelona kembali menjuarai LaLiga pada musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Baru yang Paling Berpengaruh pada Musim Ini, Ada Luis Suarez!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya