5 Kiper Bundesliga yang Menggagalkan Penalti Terbanyak Sepanjang Masa

Tidak ada nama Manuel Neuer, Oliver Kahn, maupun Sepp Maier

Bundesliga merupakan kompetisi yang melahirkan banyak sekali penjaga gawang legendaris. Nama-nama seperti Manuel Neuer, Oliver Kahn, hingga Sepp Maier menjadi buktinya.

Menariknya, meski memiliki nama besar, para penjaga gawang tersebut justru sangat jarang menggagalkan tendangan penalti. Sebaliknya, kiper-kiper yang tidak terlalu terkenal cukup sering menyelamatkan tendangan penalti di ajang Bundesliga. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Rudi Kargus (24 penyelamatan) 

5 Kiper Bundesliga yang Menggagalkan Penalti Terbanyak Sepanjang MasaRudi Kargus (ndr.de)

Rudi Kargus menghabiskan seluruh kariernya dengan membela klub-klub asal Jerman. Ia bermain di kompetisi Bundesliga sebanyak 408 pertandingan. Dari seluruh penampilannya tersebut, sang kiper berhasil menciptakan 102 clean sheets.

Dalam urusan tendangan penalti, Kargus sukses menggagalkan sebanyak 24 kali dari 72 tembakan. Itu artinya, ia memiliki persentase penyelamatan tendangan penalti sebesar 33,3 persen. Di samping itu, Kargus mampu meraih banyak gelar juara saat berseragam Hamburger SV dan FC Nuremberg.

2. Norbert Nigbur (21 penyelamatan) 

5 Kiper Bundesliga yang Menggagalkan Penalti Terbanyak Sepanjang MasaNorbert Nigbur (twitter.com/s04_en)

Norbert Nigbur menghabiskan total enam belas tahun di ajang Bundesliga. Dalam prosesnya, ia bermain untuk dua klub berbeda, yakni FC Schalke dan Hertha Berlin. Dari 62 tendangan penalti yang dihadapi, Norbert berhasil menyelamatkan 21 kali.

Alhasil, persentase penyelamatan sang kiper menyentuh angka 33,9 persen. Norbert tercatat pernah menjadi bagian dari tim nasional Jerman (Jerman Barat) sebanyak enam kali. Puncaknya, ia berhasil memenangkan gelar juara Piala Dunia 1974.

Baca Juga: 5 Pemain Jerman Terakhir yang Menjadi Top Skor Bundesliga

3. Toni Schumacher (19 penyelamatan) 

5 Kiper Bundesliga yang Menggagalkan Penalti Terbanyak Sepanjang MasaToni Schumacher (dfb.de)

Toni Schumacher merupakan penjaga gawang andalan tim nasional Jerman pada tahun 1980-an. Ia tercatat bermain untuk Der Panzer sebanyak 76 pertandingan. Pemain yang memiliki nama lengkap Harald Anton Schumacher itu berhasil mempersembahkan satu gelar juara untuk negaranya, yakni Piala Eropa 1980.

Di samping itu, Schumacher juga pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Jerman sebanyak dua kali pada tahun 1984 dan 1986. Sementara di level klub, ia pernah membela FC Koln, FC Schalke, Bayern Munchen, dan Borussia Dortmund. Bersama tim-tim itu, sang kiper sukses menyelamatkan 19 tendangan penalti dari 84 percobaan.

4. Andreas Kopke (17 penyelamatan) 

5 Kiper Bundesliga yang Menggagalkan Penalti Terbanyak Sepanjang MasaAndreas Kopke (injuredly.com)

Andreas Kopke melakukan debut di kompetisi Bundesliga pada musim 1986/1987. Ia saat itu bermain untuk FC Nuremberg. Sang kiper tampil dengan klub tersebut sampai musim 1993/1994. Setelah itu, ia pindah ke Eintracht Frankfurt.

Bersama dua klub tersebut, Kopke sukses menyelamatkan 17 penalti dari 45 percobaan di Bundesliga. Ia memiliki persentase penyelamatan sebesar 37,8 persen. Sementara di level internasional, Kopke mampu membukukan 59 pertandingan dan meraih trofi Piala Dunia 1990 serta Piala Eropa 1996.

5. Richard Golz (17 penyelamatan) 

5 Kiper Bundesliga yang Menggagalkan Penalti Terbanyak Sepanjang MasaRichard Golz (sportbuzzer.de)

Richard Golz memulai debut di Bundesliga bersama Hamburger SV pada tahun 1987. Ia kemudian hengkang ke SC Freiburg pada 1998.

Bersama klub tersebut, ia berhasil meraih satu gelar juara, yakni trofi kasta kedua Jerman pada musim 2002/2003. Setelah delapan tahun berseragam Freiburg, Golz melanjutkan karier dengan Hannover, sebelum akhirnya pensiun pada 2008.

Golz tercatat membukukan total 453 pertandingan di Bundesliga. Dari seluruh penampilannya itu, ia berhasil menciptakan 123 clean sheets. Di sisi lain, Golz mampu menyelamatkan 17 tendangan penalti dari 53 tembakan.

 

Semua nama di atas sudah gantung sarung tangan alias pensiun. Rekor Rudi Kargus sepertinya bakal bertahan hingga puluhan tahun ke depan. Adakah penjaga gawang yang kamu kenali dalam daftar tersebut?

Baca Juga: 5 Bintang dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Bundesliga

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya