10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggris

Tinggal satu kiper yang masih aktif bermain di Liga Inggris

Liga Inggris merupakan kompetisi yang menyajikan permainan yang ofensif. Ratusan gol tercipta tiap musimnya. Meski tercipta banyak gol, bukan berarti peran kiper tidak berpengaruh.

Bahkan sejak Liga Primer Inggris bergulir musim 1992/1993, kompetisi tertinggi di Britania Raya itu telah melahirkan kiper-kiper penuh talenta dari era David Seaman hingga Petr Cech. Beberapa torehan apik pun berhasil diciptakan, salah satunya catatan clean sheet terbanyak. Berikut ini 10 kiper dengan catatan clean sheet terbanyak sejak era Liga Inggris.

1. Petr Cech (202 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggris90min.com

Cech didatangkan Chelsea dari klub asal Prancis, Stade Rennais pada musim panas 2004. Sebelas tahun membela Chelsea, kiper asal Republik Ceko itu berhasil menunjukkan performa yang apik sebelum pindah ke Arsenal pada 2015. Cech hanya tiga tahun membela The Gunners sebelum akhirnya memilih gantung sarung tangan. Sepanjang kariernya di Liga Inggris, ia telah mencatatkan 202 clean sheet dan menjadi yang terbanyak sampai saat ini.

2. David James (169 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggrisgoal.com

James memulai karier profesionalnya bersama Watford. Penampilannya yang impresif di Watford membuat Liverpool membelinya pada tahun 1992. Setelah tujuh musim di Anfield, ia berpindah-pindah klub ke Aston Villa, West Ham, dan Manchester City. Namun puncak kariernya terjadi ketika membela Portsmouth. Ia ikut mengantarkan timnya memenangi Piala FA pada 2008.

3. Mark Schwarzer (151 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggrissquawka.com

Schwarzer memulai kariernya di Inggris bersama Bradford. Setelah itu, ia membela 4 klub Liga Inggris yaitu Middlesbrough, Fulham, Chelsea dan Leicester. Klub terlama yang dibela oleh kiper berkebangsaan Australia ini adalah Middlesbrough selama 10 tahun lebih.

4. David Seaman (140 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggris90min.com

Pria yang identik dengan kumis tebal ini merupakan kiper andalan Arsenal dan timnas Inggris di era 1990 hingga 2000-an. Berbagai trofi pun berhasil diraihnya bersama The Gunners, termasuk 3 gelar Liga Inggris. Selain Arsenal, Seaman juga pernah membela Peterborough, Birmingham, QPR, dan Manchester City.

5. Nigel Martyn (137 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggrisleedsunited.com

Memulai karier bersama Bristol City, Nigel Martyn melejit ketika memperkuat Leeds United. Penampilannya di bawah mistar gawang pun tak perlu diragukan lagi. Ia pernah menjadi kiper terbaik selama tiga tahun berturut-turut dalam team of the year Liga Inggris dari tahun 1997 hingga 2000.

Baca Juga: Kepa Hingga Buffon, Inilah 6 Kiper Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

6. Pepe Reina (134 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggristbrfootball.com

Kiper berkepala plontos ini merupakan produk akademi La Masia. Namanya semakin terkenal ketika membela Liverpool selama delapan tahun. Setelah meninggalkan Liverpool, Reina musim ini kembali lagi ke Liga Inggris memperkuat Aston Villa dengan status peminjaman dari AC Milan.

7. Tim Howard (133 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggrisindependent.co.uk

Selama bekarier di Liga Inggris, Howard hanya membela 2 klub yaitu Manchester United dan Everton. Bersama klub yang disebut terakhir itulah penampilannya semakin meningkat. Ia mempersembahkan 112 clean sheet di Liga Inggris dan sisanya bagi Manchester United.

8. Edwin van der Sar (132 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggrisgoal.com

Selama 6 tahun membela Manchester United, van der Sar telah mempersembahkan berbagai gelar bergengsi termasuk 4 trofi Liga Inggris dan 1 trofi Liga Champions. Sebelum bermain dengan Manchester United, kiper asal Belanda tersebut lebih dulu membela Fulham selama 4 tahun.

9. Brad Friedel (132 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggrisgoal.com

Friedel memulai debutnya di Liga Inggris dengan membela Liverpool pada tahun 1997. Setelah itu, ia memilih pindah ke Blackburn Rovers dan Aston Villa. Klub terakhir yang dibelanya adalah Tottenham selama 4 tahun dan gantung sarung tangan pada 2015.

10. Peter Schmeichel (128 clean sheet)

10 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Liga Inggrisstandard.co.uk

Sebelum memiliki van der Sar, Manchester United telah memiliki kiper berpengalaman lain yaitu Peter Schmeichel. Kiper asal Denmark tersebut turut mengantarkan United meraih 1 trofi Liga Champions dan 5 trofi Liga Inggris. Sempat memilih pindah ke Sporting Lisbon di Liga Portugal, Schmeichel kembali lagi ke Liga Inggris dengan membela Aston Villa serta Manchester City.

Itu tadi sepuluh kiper dengan catatan clean sheet terbanyak sejak era Liga Inggris. Kini tinggal menyisakan Pepe Reina yang masih aktif bermain di Liga Inggris.

Source:

https://www.instagram.com/p/CAsi6-IJ1Xb/

Baca Juga: 7 Pemain Outfield Ini Pernah Jadi Kiper Tanpa Kebobolan! 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya