5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak dalam Sejarah LaLiga

Torehan Diego Alves tak terkejar 

Menyelamatkan tendangan penalti merupakan suatu hal yang sangat membanggakan bagi seorang kiper. Pasalnya, mereka mampu menggagalkan suatu peluang yang hampir 90 persen menjadi gol.

Dalam sejarah LaLiga Spanyol, ada banyak sekali penjaga gawang yang mampu menggagalkan tendangan penalti. Namun, hanya beberapa nama yang berhasil melakukannya sebanyak belasan kali atau lebih.

1. Diego Alves (22 kali) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak dalam Sejarah LaLigaDiego Alves (fcbarcelonanoticias.com)

Diego Alves memiliki reputasi yang sangat bagus dalam menghadapi tendangan penalti. Penjaga gawang asal Brasil itu mampu menggagalkan 22 penalti dari 46 percobaan di LaLiga. Jika dihitung, ia mempunyai rasio penyelamatan sebesar 47,8 persen.

Torehan tersebut dibuat Alves bersama dua klub berbeda, Almeria dan Valencia. Sayangnya, ia gagal meraih satu pun gelar juara bersama dua klub tersebut. Kini, pria berusia 36 tahun itu membela klub Brasil, Flamengo.

2. Andres Palop (13 kali) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak dalam Sejarah LaLigaAndres Palop (skysports.com)

Andres Palop membuat tiga belas penyelamatan penalti selama waktunya di LaLiga. Rasio penyelamatan Palop menyentuh angka 33,3 persen dari 39 penalti. Ia menciptakan hal tersebut bersama Villarreal, Valencia, dan Sevilla.

Di samping itu, Palop mampu menciptakan 101 clean sheet dari 294 penampilan di LaLiga. Ia berhasil memenangi 2 trofi LaLiga dan 3 trofi Liga Europa selama kariernya di kasta tertinggi Spanyol.

Baca Juga: 5 Kiper Top dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak di Serie A

3. Sergio Asenjo (12 kali) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak dalam Sejarah LaLigaSergio Asenjo (marca.com)

Sergio Asenjo menghabiskan seluruh kariernya untuk membela klub-klub asal Spanyol, seperti Real Valladolid, Atletico Madrid, Malaga, hingga Villarreal. Namun, ia menikmati waktunya saat berseragam Villarreal. Sang penjaga gawang sudah bermain untuk tim tersebut sejak 2013.

Secara keseluruhan, Asenjo telah mencatatkan 12 penyelamatan penalti dari 46 percobaan. Rasio penyelamatan penalti Asenjo sebesar 26,1 persen. Sejauh ini, ia sudah memenangi 3 trofi Liga Europa dan 1 gelar LaLiga.

4. Santiago Canizares (11 kali) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak dalam Sejarah LaLigaSantiago Canizares (sportmob.com)

Santiago Canizares merupakan salah satu penjaga gawang terbaik Spanyol pada masanya. Kiper yang identik dengan rambut perak ini mampu mengandaskan tendangan penalti sebanyak 11 kali dengan persentase sebesar 23,9 persen di LaLiga.

Pria yang saat ini berusia 58 tahun itu sudah memutuskan pensiun sejak 2008. Canizares total memainkan pertandingan sebanyak 380 kali di kasta tertinggi Spanyol. Semua catatan itu dibuat sang pemain bersama Celta de Vigo, Real Madrid, dan Valencia.

5. Diego Lopez (11 kali) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Terbanyak dalam Sejarah LaLigaDiego Lopez (skysports.com)

Diego Lopez dikenal sebagai penjaga gawang yang kerap bergonta-ganti klub. Ia tercatat pernah membela enam klub berbeda sepanjang kariernya. Khusus di LaLiga, pria berusia 40 tahun tersebut pernah berseragam Real Madrid, Villarreal, Sevilla, dan Espanyol.

Lopez mampu membukukan 382 penampilan di kasta teratas Spanyol tersebut. Dari seluruh laga itu, ia berhasil menciptakan 112 clean sheet dan 11 penyelamatan penalti. Rasio penyelamatan penalti Lopez sebesar 21,2 persen.

Dari nama-nama tersebut, hanya Sergio Asenjo dan Diego Lopez yang berpotensi menambah torehannya lagi. Pasalnya, kedua kiper tersebut saat ini masih aktif bermain di LaLiga.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya