Comscore Tracker

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak pada Musim 2021/2022

Sebagian besar merupakan pemain tim medioker 

Meski jarang disorot, tapi seorang kiper sebenarnya memiliki peran yang sangat besar untuk tim sepak bola. Penyelamatan-penyelamatan gemilang kerap dilakukan demi gawangnya terhindar dari kebobolan.

Musim ini ada sejumlah penjaga gawang yang performanya sangat mengesankan di kompetisi elite Eropa. Beberapa di antaranya bahkan berhasil melakukan penyelamatan terbanyak sejauh ini. Siapa saja?

1. Guglielmo Vicario (86 penyelamatan) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak pada Musim 2021/2022Guglielmo Vicario (twitter.com/EmpoliCalcio)

Guglielmo Vicario sangat pantas berada di puncak daftar ini karena sudah tampil mengesankan di kompetisi Serie A. Empoli mengontrak sang kiper dari Cagliari dengan status pinjaman selama satu musim. Empoli sendiri memiliki lini pertahanan terburuk sejauh ini dengan kebobolan 43 kali.

Catatan itu sangat mungkin bertambah jika sektor penjaga gawang tidak diisi oleh Vicario. Sejauh ini kiper berusia 25 tahun itu sudah menciptakan 3 clean sheet dari 22 laga di Serie A. Menariknya, salah satu clean sheet itu didapatkan Vicario ketika menghadapi Juventus. Selain itu, ia juga mampu membuat 86 penyelamatan.

2. Lukas Hradecky (82 penyelamatan) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak pada Musim 2021/2022Lukas Hradecky (twitter.com/bayer04_en)

Lukas Hradecky merupakan kapten sekaligus penjaga gawang andalan Bayer Leverkusen. Berkat performa gemilang kiper berusia 32 tahun itu, Bayer Leverkusen saat ini berada di urutan ketiga dalam klasemen Bundesliga. Kiper asal Finlandia itu sebenarnya sudah tampil apik sejak pertama kali membela tim tersebut pada tahun 2018 silam.

Musim ini Hradecky tercatat sudah tampil sebanyak 19 kali di Bundesliga. Dari seluruh pertandingan itu, ia mampu menciptakan 4 clean sheet dan 82 penyelamatan.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

3. Yann Sommer (77 penyelamatan) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak pada Musim 2021/2022Yann Sommer (twitter.com/SofaScoreINT)

Borussia Monchengladbach tampil cukup buruk di Bundesliga musim ini. Monchengladbach saat ini berada di posisi ke-12. Tapi mereka bisa menjadi jauh lebih buruk tanpa Yann Sommer. Meski sudah berusia 33 tahun, Sommer tetap bermain apik sejauh ini.

Ia telah membuat 77 penyelamatan dalam 19 pertandingan. Di samping itu, kiper asal Swiss tersebut juga mampu menciptakan 2 clean sheet. Jika tak ingin performanya semakin menurun, Monchengladbach harus segera memperbaiki lini pertahanan.

4. David de Gea (74 penyelamatan) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak pada Musim 2021/2022David de Gea (planetfootball.com)

David de Gea sempat mengalami penurunan performa yang sangat signifikan pada akhir musim lalu. Alhasil posisinya pun sempat beberapa kali digantikan oleh Dean Henderson. Namun pada musim ini, kiper asal Spanyol itu tetap menjadi pilihan utama Manchester United di bawah mistar gawang.

Meskipun hanya membuat 4 clean sheet dari 20 laga, tapi peran de Gea sangat besar di luar itu. Ia sejauh ini tercatat sudah membukukan 74 kali penyelamatan untuk Manchester United di Premier League. Catatan itu menjadi yang paling banyak daripada kiper-kiper lain di kasta tertinggi Inggris.

5. Manuel Riemann (74 penyelamatan) 

5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak pada Musim 2021/2022Manuel Riemann (twitter.com/VfLBochum1848EN)

Manuel Riemann tampil luar biasa untuk tim promosi Bundesliga, VfL Bochum. Ia sudah membela klub tersebut sejak tahun 2015 silam. Musim ini kiper berusia 33 tahun itu sudah memainkan 18 dari 19 pertandingan di Bundesliga. Dari seluruh penampilannya itu, sang kiper mampu menciptakan 6 clean sheet.

Selain itu Riemann juga membuat 74 penyelamatan gemilang. Berkat penampilan Riemann, VfL Bochum berhasil duduk di posisi ke-11 saat ini. Jika sang kiper mampu tampil lebih baik lagi, bukan tidak mungkin VfL Bochum bakal finis di zona Eropa musim ini.

Sebagian besar dari mereka sudah berusia di atas 30 tahun. Kendati begitu, penampilan mereka justru semakin solid. Jam terbang memang tidak bisa bohong!

Baca Juga: Jago Mencetak Gol, 6 Pemain Sepak Bola Ini Punya Julukan Gol

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya