5 Penjaga Gawang yang Diprediksi Tampil Impresif di Piala Eropa 2020

Dari Manuel Neuer hingga Unai Simon

Setelah sempat tertunda akibat pandemi COVID-19, Piala Eropa 2020 akhirnya akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli 2021. Hampir semua negara memiliki skuad yang baik dalam menyambut Piala Eropa edisi tahun ini. Sejumlah tim nasional bahkan memiliki deretan penyerang berkualitas saat ini.

Selain penyerang, para penjaga gawang juga tidak terlepas dari sorotan. Sejumlah kiper bahkan diprediksi akan tampil impresif dalam ajang Piala Eropa edisi 2020. Siapa saja para penjaga gawang tersebut? Check this out!

1. Manuel Neuer – Jerman 

5 Penjaga Gawang yang Diprediksi Tampil Impresif di Piala Eropa 2020Manuel Neuer bersama tim nasional Jerman. (90min.com)

Manuel Neuer telah menjadi kiper andalan tim nasional Jerman dalam beberapa tahun terakhir. Meski banyak nama top di posisi penjaga gawang, peran Neuer sampai saat ini belum juga tergantikan. Bahkan, ia telah dipercayai untuk menjadi kapten Die Mannschaft. Keberhasilan Jerman dalam memenangi Piala Dunia 2014 juga tidak terlepas dari andil sang kiper.

Musim ini Neuer kembali membawa Bayern Munchen juara Bundesliga untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut. Ajang Piala Eropa 2020 bisa saja menjadi turnamen terakhir bagi kiper berusia 35 tahun itu. Tentunya ia berharap bisa tampil menjanjikan dan membawa Jerman melangkah jauh di ajang tersebut.

2. Jordan Pickford – Inggris 

5 Penjaga Gawang yang Diprediksi Tampil Impresif di Piala Eropa 2020Jordan Pickford bersama tim nasional Inggris. (eurosport.com)

Pada ajang Piala Dunia 2018, Jordan Pickford adalah penjaga gawang andalan tim nasional Inggris. Meski secara keseluruhan tampil apik dalam ajang tersebut, ia tercatat pernah melakukan kesalahan beberapa kali. Di level klub musim ini, sang kiper mampu mencatatkan 10 clean sheet dari 31 laga di Premier League.

Dengan keluarnya Nick Pope dari skuad Inggris karena cedera, besar kemungkinan Pickford bakal menjadi pilihan utama Gareth Southgate di Piala Eropa tahun ini. Walau begitu, ia akan tetap menghadapi persaingan ketat dari Dean Henderson dan Sam Johnstone. Pickford tentunya harus melakukan yang terbaik untuk membayar kepercayaan yang ditunjukkan kepadanya oleh Southgate.

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Tersingkir dari Skuad Timnas Inggris

3. Hugo Lloris – Prancis 

5 Penjaga Gawang yang Diprediksi Tampil Impresif di Piala Eropa 2020Hugo Lloris bersama tim nasional Prancis. (eurosport.com)

Lloris telah menjadi penjaga gawang dan kapten utama Prancis selama hampir satu dekade. Ia juga memiliki caps terbanyak dari kiper Prancis mana pun. Keberhasilan Les Bleus memenangi gelar Piala Dunia 2018 tentu juga berkat andil dari dirinya. Didier Deschamps sendiri telah memasukkan Mike Maignan dan Steve Mandanda ke dalam skuadnya.

Meski begitu, posisi Lloris sepertinya bakal sulit untuk digeser oleh kedua nama tersebut. Pasalnya, kiper milik Tottenham Hotspur ini sudah berpengalaman dan telah mencatatkan 124 pertandingan bersama tim nasional Prancis. Dengan usia yang tidak lagi muda, 34 tahun, memenangi gelar Piala Eropa 2020 tentu akan menjadi kesempatan terbaik bagi Lloris untuk mengakhiri kariernya di Prancis.

4. Gianluigi Donnarumma – Italia 

5 Penjaga Gawang yang Diprediksi Tampil Impresif di Piala Eropa 2020Gianluigi Donnarumma bersama tim nasional Italia. (goal.com)

Walau secara umur masih sangat muda, Gianluigi Donnarumma telah menunjukkan kualitasnya sejauh ini. Performa impresif bersama AC Milan pada musim ini menjadi pembuktian dari sang kiper. Dari 37 pertandingan di Serie A, ia berhasil mencatatkan total 14 clean sheet. Sampai saat ini kiper berusia 22 tahun itu telah tampil sebanyak 26 kali bersama tim nasional Italia.

Banyak orang menilai Donnarumma sebagai penerus dari Gianluigi Buffon. Jika melihat kualitasnya, hal tersebut tentu tidak berlebihan. Sekadar informasi, Donnarumma melakukan debutnya di tim nasional Italia ketika masih berusia 17 tahun lebih 189 hari. Ajang Piala Eropa 2020 tentu akan menjadi turnamen yang ideal bagi sang kiper untuk memantapkan dirinya sebagai penjaga gawang kelas dunia.

5. Unai Simon – Spanyol 

5 Penjaga Gawang yang Diprediksi Tampil Impresif di Piala Eropa 2020Unai Simon bersama tim nasional Spanyol. (football-addict.com)

Unai Simon menjadi salah satu nama penjaga gawang yang harus diwaspadai pada ajang Piala Eropa 2020. Meski Spanyol telah memiliki David de Gea, tidak menutup kemungkinan Simon bakal menyegel posisi inti di bawah mistar gawang. Pelatih La Furia Roja, Luis Enrique, bahkan telah memercayai Simon untuk tampil beberapa kali dalam pertandingan persahabatan.

Performa Simon sendiri terbilang cukup menjanjikan. Kiper berusia 23 tahun itu merupakan salah satu sosok kunci dalam skuad Athletic Bilbao musim ini. Jika tanpa kehadiran dirinya, bisa jadi Athletic Bilbao akan finis jauh lebih buruk. Sejauh ini Simon baru tampil sebanyak 7 kali bersama tim nasional Spanyol.

 

Itulah lima penjaga gawang yang diprediksi bakal tampil impresif dalam ajang Piala Eropa 2020. Kira-kira siapa yang mampu mengantarkan negaranya meraih trofi Piala Eropa tahun ini?

Baca Juga: 10 Kiper dengan Banderol Termahal di Dunia, Oblak Hingga Unai Simon!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya