Comscore Tracker

5 Kiper yang Berhasil Mencetak Gol di Premier League, Alisson Terbaru!

Ada kiper yang mencetak gol dari wilayah kotak penaltinya!

Kiper merupakan posisi yang cukup istimewa dalam permainan sepak bola. Pasalnya, ia menjadi satu-satunya pemain yang boleh memegang bola menggunakan tangannya. Tugas utama seorang kiper adalah menjaga gawangnya untuk tidak kebobolan.

Meski demikian, ada juga sejumlah kiper yang berhasil mencetak gol. Di ajang Premier League, terdapat beberapa kiper yang pernah membukukan gol dalam sebuah pertandingan. Siapa saja kiper tersebut? Check this out!

1. Peter Schmeichel 

5 Kiper yang Berhasil Mencetak Gol di Premier League, Alisson Terbaru!Peter Schmeichel saat membela Aston Villa. (90min.com)

Nama Peter Schmeichel melejit di Premier League ketika berseragam Manchester United. Namun, satu-satunya gol yang pernah diciptakan kiper legendaris itu justru tercipta ketika membela Aston Villa. Di pertandingan melawan Everton pada musim 2001/2002, Aston Villa mendapatkan hadiah tendangan pojok di menit-menit terakhir.

Walau Aston Villa tertinggal 1-3, Schmeichel memutuskan untuk tetap maju ke area kotak penalti lawan. Hasilnya, ia sukses menciptakan gol melalui tendangan voli dan berhasil mengubah kedudukan menjadi 2-3.

2. Paul Robinson 

5 Kiper yang Berhasil Mencetak Gol di Premier League, Alisson Terbaru!Paul Robinson saat membela Tottenham Hotspur. (football.london)

Gol spektakuler lainnya pernah dicetak oleh Paul Robinson ketika masih membela Tottenham Hotspur pada musim 2006/2007. Ketika menghadapi Watford di White Hart Lane, kiper asal Inggris itu sukses mencetak gol jarak jauh dari samping kotak penaltinya. Tembakan sang kiper saat itu melambung sangat tinggi dan dibantu oleh angin yang kencang.

Bola sempat memantul ke tanah sebelum akhirnya memperdaya kiper Watford saat itu, Ben Foster. Di pertandingan itu, Spurs berhasil menang dengan skor 3-1 atas Watford.

Baca Juga: Kisah Sedih di Balik Tandukan Super Alisson Becker

3. Alisson Becker 

5 Kiper yang Berhasil Mencetak Gol di Premier League, Alisson Terbaru!Alisson Becker (kanan) saat merayakan golnya ke gawang WBA bersama Firmino. (teamtalk.com)

Alisson Becker menjadi kiper terbaru yang berhasil mencatatkan gol di ajang tertinggi Inggris. Kiper asal Brasil itu sukses menciptakan gol ke gawang WBA di menit 90+5. Lebih hebatnya lagi, ia mencetak gol tersebut menggunakan kepalanya.

Berkat golnya itu, Liverpool masih memiliki peluang untuk bisa lolos ke Liga Champions musim depan. Tim asuhan Jurgen Klopp pun menang dengan skor 2-1 di kandang West Bromwich Albion.

4. Asmir Begovic 

5 Kiper yang Berhasil Mencetak Gol di Premier League, Alisson Terbaru!Asmir Begovic saat membela Stoke City. (goal.com)

Asmir Begovic merupakan kiper berpengalaman yang sudah malang melintang di kompetisi Inggris. Kiper yang saat ini berusia 33 tahun itu pernah mencetak gol ketika masih membela Stoke City pada musim 2013/2014. Ia bisa dibilang sebagai kiper yang membukukan gol tercepat di Premier League.

Pasalnya, saat pertandingan baru berjalan 13 detik, Begovic mampu mencetak gol dari wilayah kotak penaltinya. Dengan dibantu angin, bola sempat memantul ke tanah sebelum akhirnya masuk ke gawang Southampton yang dijaga oleh Artur Boruc.

5. Brad Friedel 

5 Kiper yang Berhasil Mencetak Gol di Premier League, Alisson Terbaru!Brad Friedel saat membela Blackburn Rovers. (eurosport.com)

Kiper terakhir dalam daftar ini yang mampu mencetak gol di Premier League adalah Brad Friedel. Kejadiannya tercipta ketika ia masih membela Blackburn Rovers pada musim 2003/2004. Ketika timnya tertinggal 2-1 dari Charlton Athletic, Friedel memutuskan untuk ikut maju membantu serangan ketika timnya mendapatkan hadiah tendangan pojok di menit-menit terakhir.

Sempat tercipta kemelut, Friedel kemudian menendang bola dan terjadilah sebuah gol. Gol tersebut sekaligus membawa Blackburn terhindar dari kekalahan.

 

Gol kelima kiper di atas akan selalu diingat oleh pencinta Premier League. Gol siapa yang menurutmu paling sulit untuk dilakukan?

Baca Juga: 10 Potret Yassine Bounou, Kiper Pencetak Gol Penyelamat bagi Sevilla

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya