Comscore Tracker

5 Klub dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Ada Everton

Ada klub jagoanmu? 

Bisa mencatatkan clean sheet dalam satu pertandingan tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk sebuah klub, tak terkecuali tim yang bermain di Premier League. Sejak era Premier League dibentuk pada tahun 1992, beberapa klub telah mencapai ratusan pertandingan tanpa kebobolan.

Bahkan ada yang menembus 400 pertandingan lebih. Berikut ini 5 klub dengan catatan clean sheet terbanyak dalam sejarah Premier League.

1. Manchester United – 458 clean sheet 

5 Klub dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Ada Evertonplanetfootball.com

Tidak mengejutkan jika Manchester United berada di urutan pertama. Mereka mencatatkan banyak clean sheet ketika masih di bawah kepemimpinan pelatih legendaris yaitu Sir Alex Ferguson. Tak hanya mengorbitkan para pemain bintang dan memenangi banyak trofi, Ferguson juga mencatatkan beberapa rekor, salah satunya menorehkan 14 clean sheet secara beruntun pada musim 2008/09.

Kombinasi duet bek tengah Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic serta ketangguhan kiper Edwin van der Sar membuat pertahanan Setan Merah sulit dibobol. Hingga saat ini belum ada klub yang mampu melewati rekor tersebut.

2. Chelsea – 431 clean sheet 

5 Klub dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Ada Evertonskysports.com

Tim dengan clean sheet tertinggi kedua dalam sejarah Premier League adalah Chelsea. Keberhasilan klub London Barat itu dimulai ketika Chelsea diakusisi oleh pengusaha tajir asal Rusia yaitu Roman Abramovich pada tahun 2003. Berbagai gelar kemudian perlahan-lahan mulai dipersembahkan, termasuk gelar back-to-back Premier League pada musim 2004/05 dan 2005/06 saat masih ditangani oleh pelatih asal Portugal, Jose Mourinho.

Pada musim 2004/05, Chelsea tak hanya mendapatkan gelar, mereka juga mencatatkan rekor sebagai klub dengan kebobolan terendah sepanjang sejarah dengan hanya kemasukan 15 gol. Setelah musim berakhir, John Terry berhasil dinobatkan sebagai Pemain Terbaik PFA dan menjadi bek kedua di era Premier League yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Tak hanya itu, Chelsea pada musim tersebut juga mencatatkan 10 clean sheet. Petr Cech yang menjaga gawang The Blues berhasil memberikan penampilan terbaiknya. Kiper berkebangsaan Ceko tersebut memiliki rekor tak kebobolan terbanyak di Premier League dengan 162 clean sheet. Ia juga mendapatkan Golden Glove pada tiga kesempatan berbeda.

3. Arsenal – 412 clean sheet 

5 Klub dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Ada Evertongoal.com

Beberapa musim terakhir mungkin Arsenal memiliki masalah dalam lini pertahanan. Namun The Gunners pernah memiliki pertahanan terbaik di liga. Saat itu Arsenal masih dibela oleh Lee Dixon, Tony Adams, Steve Bould dan Nigel Winterburn. Serta penampilan apik Davis Seamen sebagai palang pintu terakhir bagi Arsenal. Seamen mencatat jumlah clean sheet tertinggi keempat dalam sejarah Liga Premier dengan 137 pertandingan.

Pada musim 1998/99, The Gunners menjadi klub dengan kebobolan paling sedikit yaitu 17 gol. Namun sayang, mereka hanya mampu finish di posisi kedua pada musim tersebut. Arsenal hanya tertinggal satu poin dari Manchester United.

Baca Juga: 20 Klub Liga Top Eropa dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21

4. Liverpool – 410 clean sheet 

5 Klub dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Ada EvertonTwitter/LFC

Dalam beberapa musim terakhir, Liverpool menjadi tim dengan pertahanan terbaik di Premier League. Sebelum memiliki Alisson Backer, Liverpool pernah mempunyai kiper berkualitas lain yaitu Pepe Reina. Pria berkepala plontos itu menjadi kiper yang ikut berkontribusi dalam catatan clean sheet The Reds.

Reina berhasil meraih penghargaan Golden Glove tiga kali secara beruntun pada periode 2006 hingga 2008. Sementara Liverpool membukukan 8 clean sheet secara berturut selama periode yang sama di bawah kepemimpinan pelatih Rafael Benitez.

5. Everton – 331 clean sheet 

5 Klub dengan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Ada Evertonfootball-addict.com

Everton menjadi klub Merseyside lain yang berada di daftar ini. The Toffes dalam beberapa musim terakhir penampilannya bisa dibilang tak stabil. Bahkan Everton terakhir kali bermain di Liga Champions pada musim 2004/05 setelah finis di posisi keempat. Dari 331 clean sheet yang dicapai Everton, 112 clean sheet berhasil dipersembahkan oleh Tim Howard. Kiper berkebangsaan Amerika Serikat itu membela Everton selama 10 tahun.

Namun sayang dalam 13 musim terakhir mereka hanya dua kali berada di posisi 10 besar. Tentu hal tersebut tidak mencerminkan kekuatan Everton yang sesungguhnya.

Dalam waktu dekat, capaian clean sheet Arsenal bisa saja akan disalip oleh Liverpool jika tim asal London Utara itu tak mampu tampil solid di lini pertahanan. Kira-kira klub mana yang bakal mencatatkan clean sheet terbanyak musim ini?

Baca Juga: 8 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Abad 21, Legenda!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya