5 Klub dengan Torehan Gelar Serie A Terbanyak Sepanjang Sejarah

Juventus memimpin sangat jauh

Serie A adalah salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia. Ajang tersebut pertama kali dilaksanakan pada musim 1897/1898. Sejauh ini, banyak sekali pemain-pemain hebat yang lahir dari kompetisi tertinggi di Italia tersebut.

Pertarungan dalam meraih gelar Scudetto sendiri selalu menarik untuk ditunggu setiap musimnya. Terbaru, Inter Milan berhasil memenangi gelar tersebut pada musim ini setelah mengakhiri dominasi Juventus. Berikut ini lima klub dengan torehan gelar juara Serie A terbanyak sepanjang sejarah.

1. Juventus – 36 kali 

5 Klub dengan Torehan Gelar Serie A Terbanyak Sepanjang SejarahJuventus meraih trofi Serie A. (juvefc.com)

Juventus sampai saat ini masih menjadi tim dengan perolehan gelar juara terbanyak di Serie A. Klub berjuluk Bianconeri tersebut sangat mendominasi dengan meraih sebanyak 36 kali. Bahkan, Juventus pernah menjadi juara selama sembilan musim berturut-turut.

Namun, catatan tersebut harus terhenti pada musim ini karena Inter Milan berhasil meraih juara. Musim depan klub asal Turin tersebut diyakini akan kembali meramaikan perburuan Scudetto.

2. Inter Milan – 19 kali 

5 Klub dengan Torehan Gelar Serie A Terbanyak Sepanjang SejarahInter Milan meraih trofi Serie A. (Twitter/gaglio94)

Setelah menunggu cukup lama, Nerazzurri akhirnya bisa kembali meraih Scudetto pada musim ini. Bahkan, Inter Milan sudah memastikan gelar juara pada pekan ke-34 Serie A. Tambahan satu trofi tersebut membuat Inter Milan sudah mengoleksi total 19 gelar juara.

Sebelumnya, tim yang identik dengan warna biru hitam itu terakhir kali meraih gelar Serie A pada musim 2009/2010. Saat itu, Inter Milan ditangani oleh pelatih bertangan dingin, Jose Mourinho.

Baca Juga: Pemain Inter Milan Protes Gajinya Ditunggak

3. AC Milan – 18 kali 

5 Klub dengan Torehan Gelar Serie A Terbanyak Sepanjang SejarahAC Milan meraih trofi Serie A. (sempremilan.com)

Walau dalam beberapa musim terakhir sering kali tampil inkonsisten, AC Milan tetaplah klub dengan prestasi yang mentereng di Serie A. Sampai saat ini klub yang memiliki julukan Rossoneri tersebut sudah mengoleksi 18 gelar Scudetto. AC Milan terakhir kali meraih gelar Serie A pada musim 2010/2011 lalu.

Ketika itu, tim masih dilatih oleh Massimiliano Allegri. Musim ini AC Milan berhasil finis di urutan kedua dengan mengumpulkan 79 poin dari 38 pertandingan. Bahkan, tim asuhan Stefano Pioli sempat memimpin klasemen Serie A dalam beberapa pekan sebelum akhirnya tergelincir.

4. Genoa – 9 kali 

5 Klub dengan Torehan Gelar Serie A Terbanyak Sepanjang SejarahSkuad Genoa musim 2020/2021. (sport.sky.it)

Genoa adalah salah satu klub tertua di kompetisi Italia. Klub tersebut didirikan pada tahun 1893. Walau saat ini lebih sering berkutat di papan tengah, I Rossoblu ternyata pernah menjadi raksasa di kompetisi Serie A. Buktinya, Genoa sudah mengoleksi 9 gelar Scudetto.

Genoa terakhir kali meraih gelar juara Serie A pada musim 1923/1924. Kini hal tersebut sepertinya bakal sulit untuk diulangi lagi oleh Genoa. Bahkan, pada musim lalu Genoa hampir saja terdegradasi ke Serie B setelah hanya finis di urutan ke-17.

5. Torino – 7 kali 

5 Klub dengan Torehan Gelar Serie A Terbanyak Sepanjang SejarahSkuad Torino musim 2020/2021. (thelaziali.com)

Torino adalah rival satu kota Juventus. Tim yang berdiri pada tahun 1906 ini pernah berjaya pada masanya. Torino sejauh ini sudah meraih gelar juara sebanyak 7 kali di ajang Serie A. Bahkan, Torino pernah meraihnya selama lima musim berturut-turut pada periode 1940-an.

Terakhir kali Torino meraih gelar Serie A pada musim 1975/1976. Musim ini tim yang dilatih oleh Davide Nicola hampir saja terdegradasi karena hanya bisa finis di urutan ke-17.

 

Juventus begitu mendominasi dalam sedekade terakhir. Bangkitnya AC Milan dan Inter Milan diharapkan bisa membuat Serie A kembali seru. Kira-kira, klub mana yang bakal menjuarai gelar Serie A pada musim depan?

Baca Juga: AC Milan Akhirnya Pulang ke Liga Champions

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya