5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Kompetisi Top Eropa pada 2022

Didominasi oleh klub-klub Premier League 

Sepak bola era saat ini tidak hanya sekadar hiburan semata. Klub-klub juga bersaing untuk bisa mencatatkan prestasi di luar lapangan. Jika tim bisa dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin sejumlah sponsor pun bakal mengantre.

Dengan begitu, nilai dari sebuah tim akan semakin mahal. Berikut ini lima klub sepak bola paling berharga di kompetisi top Eropa pada tahun 2022.

1. Manchester City – Rp16,14 triliun 

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Kompetisi Top Eropa pada 2022Selebrasi para pemain Manchester City ketika Raheem Sterling mencetak gol ke gawang Club Brugge. (skysports.com)

Pep Guardiola berhasil membuat Manchester City jadi klub yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Berkat tangan dingin dari pelatih asal Spanyol itu, The Citizens sukses meraih banyak sekali trofi domestik. Kesuksesan itu juga tidak terlepas dari strategi transfer yang digunakan oleh Guardiola.

Banyak sekali pemain bintang yang sudah didatangkan Guardiola ke Kota Manchester. Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Phil Foden, Jack Grealish, Bernardo Silva, Ruben Dias, Joao Cancelo, Rodri, dan Gabriel Jesus menjadi sederet pemain paling berharga di skuad Manchester City saat ini. Jika ditotal, skuad Manchester City saat ini berada di kisaran harga 992 juta euro atau setara Rp16,14 triliun.

2. Paris Saint-Germain – Rp14,9 triliun 

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Kompetisi Top Eropa pada 2022Skuad Paris Saint-Germain musim 2021/2022 (twitter.com/psg_english)

Paris Saint-Germain menjadi pusat perhatian selama bursa transfer musim panas tahun lalu. Bagaimana tidak, tim asal Prancis itu mendatangkan banyak sekali pemain bintang. Lionel Messi, Sergio Ramos, Achraf Hakimi, Gianluigi Donnarumma, dan Georginio Wijnaldum didatangkan sekaligus dalam satu jendela transfer ke Stadion Parc des Princes.

Kehadiran mereka membuat skuad PSG menjadi sangat "gemuk". Oleh karena itu, tidak mengherankan jika total harga skuad PSG saat ini berada di kisaran angka 916 juta euro atau setara Rp14,9 triliun. Sementara itu, pemain dengan label termahal sendiri dipegang oleh Kylian Mbappe.

Baca Juga: 5 Perbedaan Mencolok dari Sepak Bola di Amerika Serikat dan di Eropa

3. Chelsea – Rp14,3 triliun 

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Kompetisi Top Eropa pada 2022Skuad Chelsea ketika melawan Zenit di Liga Champions. (twitter.com/ChelseaFC)

Setelah berhasil menjuarai gelar Liga Champions musim lalu, sebagian besar market value para pemain Chelsea mengalami peningkatan yang lumayan. Demi bisa mempertahankan gelar itu, Thomas Tuchel kemudian memutuskan untuk mendatangkan Romelu Lukaku dari Inter Milan dengan biaya sebesar 115 juta euro atau setara Rp1,99 triliun.

Kehadiran Lukaku jelas membuat nilai pasar Chelsea juga ikut melambung. Tahun 2022 ini, harga jumlah seluruh skuad Chelsea berada di angka 879 juta euro atau senilai Rp14,3 triliun. Ada banyak sekali pemain muda Chelsea yang memiliki market value tinggi, seperti Mason Mount, Kai Havertz, hingga Reece James.

4. Manchester United – Rp14 triliun 

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Kompetisi Top Eropa pada 2022Skuad Manchester United musim 2021/2022 (twitter.com/Donny_beek6)

Manchester United bisa dibilang tampil tak terlalu istimewa musim ini. Hingga saat ini, Setan Merah masih tertahan di posisi ketujuh dengan perolehan 31 poin dari 19 pertandingan di kompetisi Premier League. Torehan tersebut tentu sangat mengecewakan bagi tim sekelas Manchester United.

Lebih mengejutkannya lagi, para pemain Setan Merah memiliki market value gabungan di angka 865 juta euro atau senilai Rp14 triliun. Itu membuat tim asuhan Ralf Rangnick menjadi klub termahal keempat di liga top Eropa pada tahun 2022. Bruno Fernandes menjadi pemain termahal Manchester United dengan banderol 90 juta euro atau setara Rp1,4 triliun.

5. Liverpool – Rp14 triliun 

5 Klub Sepak Bola Paling Berharga di Kompetisi Top Eropa pada 2022Skuad Liverpool musim 2021/2022 (thisisanfield.com)

Sejak dilatih Jurgen Klopp, Liverpool kembali menjadi salah satu klub paling dominan di kompetisi Eropa. Bahkan, mereka selalu finis di papan atas Premier League dalam beberapa musim terakhir. Selain skema strategi, keberhasilan The Reds itu tentu saja tidak terlepas dari strategi transfer Klopp.

Virgil van Dijk, Mohamed Salah, Sadio Mane, Diogo Jota, hingga Andrew Robertson memberikan dampak yang sangat besar untuk Liverpool. Kini total market value para pemain The Reds berada di kisaran 861 juta euro atau senilai Rp14 triliun. Sedangkan itu, pemain dengan label harga termahal dipegang oleh Mohamed Salah, yakni 100 juta euro atau setara Rp1,6 triliun.

Itulah lima klub sepak bola paling berharga di kompetisi top Eropa pada tahun 2022. Tidak mengherankan jika tim-tim asal Premier League paling dominan karena kasta tertinggi Inggris memang kerap dianggap sebagai ajang paling prestisius di dunia.

Baca Juga: 5 Klub Sepak Bola Top Eropa yang Dimiliki Pengusaha Asal Amerika 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya