Comscore Tracker

5 Legenda Real Madrid yang Hengkang dengan Status Bebas Transfer

Selain Sergio Ramos, ada siapa lagi, ya?

Real Madrid merupakan klub dengan prestasi yang sangat gemilang. Tim yang memiliki julukan Los Blancos tersebut terkenal selalu memiliki deretan pemain hebat setiap musimnya. Bahkan, ada beberapa pemain yang datang ke Santiago Bernabeu dengan status pemain termahal di dunia. Akan tetapi, Real Madrid tidak melulu mendatangkan bintang dengan biaya mahal.

Musim ini, misalnya, tim asuhan Carlo Ancelotti itu berhasil merekrut David Alaba dari Bayern Munchen dengan status bebas transfer. Tak hanya merekrut pemain, Real Madrid juga cukup sering melepas pemain dengan gratis. Beberapa di antaranya bahkan layak disebut sebagai legenda. Siapa saja para pemain itu? Berikut ulasannya!

1. Roberto Carlos ke Fenerbahce (2007) 

5 Legenda Real Madrid yang Hengkang dengan Status Bebas TransferRoberto Carlos. (goal.com)

Roberto Carlos dikenal sebagai bek kiri terbaik pada masanya. Real Madrid mendapatkan jasa pemain asal Brasil itu dari klub Serie A, Inter Milan, pada tahun 1996. Ia total bermain di Santiago Bernabeu selama 11 musim.

Dalam periode itu, Carlos mampu mencatatkan 527 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga sukses memenangi 4 gelar LaLiga dan 3 trofi Liga Champions. Namun, pada musim panas 2007, Carlos memutuskan untuk hengkang ke Fenerbahce dengan status bebas transfer. Delhi Dynamos menjadi tim terakhir Carlos sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2016 silam.

2. Fernando Hierro ke Al-Rayyan SC (2003) 

5 Legenda Real Madrid yang Hengkang dengan Status Bebas TransferFernando Hierro. (goal.com)

Fernando Hierro merupakan salah satu pemain Spanyol yang sangat impresif performanya bersama Real Madrid. Selama 14 musim berseragam Los Blancos, ia dikenal sebagai bek tengah yang mumpuni dan kokoh. Hierro didatangkan oleh Real Madrid dari Valladolid pada tahun 1989.

Dari 601 pertandingan di semua ajang, sang pemain mampu menciptakan 126 gol untuk Real Madrid. Catatan tersebut tentu saja sangat membanggakan bagi pemain yang beroperasi di lini pertahanan. Ia juga sukses mempersembahkan lima gelar LaLiga dan tiga trofi Liga Champions. Hierro meninggalkan Real Madrid pada tahun 2003 dan memilih melanjutkan kariernya bersama klub Qatar, Al-Rayyan SC.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Spanyol Terbaik yang Pernah Memperkuat Real Madrid

3. Sergio Ramos ke PSG (2021) 

5 Legenda Real Madrid yang Hengkang dengan Status Bebas TransferSergio Ramos. (marca.com)

Sergio Ramos menjadi pemain terbaru Real Madrid yang meninggalkan tim secara gratis. Sebelumnya, pemain yang menjadi langganan tim nasional Spanyol ini merupakan kapten di Santiago Bernabeu. Ia sudah membela Los Blancos sejak tahun 2005 setelah direkrut dari Sevilla.

Selama di Madrid, Ramos berhasil mengantarkan timnya itu meraih total 22 gelar, termasuk 4 trofi Liga Champions. Sayangnya, sang bek akhirnya harus hengkang musim ini karena tidak menemui kesepakatan kontrak baru dengan manajemen klub. Kini pria berusia 35 tahun ini akan melanjutkan kariernya bersama raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

4. Raul Gonzalez ke Schalke 04 (2010)

5 Legenda Real Madrid yang Hengkang dengan Status Bebas TransferRaul Gonzalez. (90min.com)

Raul Gonzalez merupakan penyerang yang sangat haus gol pada masanya. Ia bahkan sempat menjadi pencetak gol terbanyak Los Blancos sebelum dilewati oleh Cristiano Ronaldo. Raul mampu mengoleksi 324 gol dari 724 pertandingan di semua kompetisi.

Selama 16 musim membela Real Madrid, sang penyerang juga berhasil memenangi 16 gelar juara. Sayangnya, ia dipaksa untuk hengkang oleh manajemen Real Madrid pada musim panas 2010. Alhasil, Raul pergi ke Schalke 04 dengan status bebas transfer.

5. Iker Casillas ke FC Porto (2015) 

5 Legenda Real Madrid yang Hengkang dengan Status Bebas TransferIker Casillas. (beinsports.com)

Iker Casillas adalah penjaga gawang nomor satu di Real Madrid pada eranya. Ia berseragam Los Blancos dalam rentang waktu 16 musim sejak 1999 hingga 2015. Dalam periode tersebut, sang kiper mampu membukukan 264 clean sheet dari 725 pertandingan di seluruh kompetisi.

Casillas juga turut menyumbangkan total 19 trofi untuk publik Santiago Bernabeu. Namun, ia pada akhirnya harus meninggalkan tim pada musim panas 2015. Ia pun memilih hijrah ke kompetisi Portugal dengan membela FC Porto dan pensiun pada tahun 2020.

 

Hengkangnya para legenda itu sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Real Madrid memang dikenal selalu melepas pemainnya yang sudah tidak lagi muda.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Liga Champions, Ada Casillas!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya