Comscore Tracker

Termasuk Didier Drogba, Ini 5 Legenda Terbaik Chelsea Sepanjang Masa

Mereka mempersembahkan banyak gelar bagi The Blues 

Chelsea adalah tim yang sangat disegani di kompetisi Premier League. Klub berjuluk The Blues ini telah menjadi rumah bagi sejumlah pemain top yang memiliki kualitas mumpuni.

Kesuksesan Chelsea memang lebih banyak datang saat era Roman Abramovich. Namun, sebelum era taipan asal Rusia itu, Chelsea tetap tim yang besar di Premier League.

Dalam sejarahnya, klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini dikenal memiliki sederet legenda yang berkualitas. Mereka tidak hanya bermain apik saat berseragam Chelsea, tapi juga mempersembahkan banyak gelar. Berikut ini 5 legenda terbaik The Blues sepanjang sejarah.

1. Didier Drogba 

Termasuk Didier Drogba, Ini 5 Legenda Terbaik Chelsea Sepanjang Masaexpress.co.uk

Didier Drogba total bermain dengan Chelsea selama 9 musim. Ia pertama kali didatangkan dari Marseille pada tahun 2004 dengan biaya yang cukup besar waktu itu, yakni 38,5 juta euro atau setara Rp660 miliar.

Pemain asal Pantai Gading ini tampil sangat menjanjikan di lini depan Chelsea. Ia bisa dibilang sebagai salah satu penyerang terbaik di Premier League.

Selama membela The Blues, Drogba sukses menciptakan 164 gol dan 86 assist dari 381 pertandingan. Ia juga berhasil meraih 2 kali gelar top skor Premier League pada musim 2006/2007 dan 2009/2010. Dalam urusan trofi, pria yang saat ini berusia 42 tahun itu berhasil memenangi total 16 gelar, termasuk 1 trofi Liga Champions.

2. Gianfranco Zola 

Termasuk Didier Drogba, Ini 5 Legenda Terbaik Chelsea Sepanjang Masagoal.com

Gianfranco Zola merupakan pesepak bola asal Italia yang memiliki kualitas mumpuni. Chelsea menjadi satu-satunya klub asal Inggris yang pernah dibela oleh sang pemain.

Zola bermain dengan Chelsea selama 6 musim, dari tahun 1997 hingga 2003. Selama waktunya tersebut, ia berhasil membuat banyak orang kagum terhadap keahliannya.

Bahkan, pelatih Manchester United kala itu, Sir Alex Ferguson tak sungkan untuk memuji kualitas sang pemain. Zola sendiri berhasil mempersembahkan 6 trofi bagi Chelsea. Dari 300 pertandingan di seluruh kompetisi, ia mampu menciptakan 74 gol dan 20 assist.

Baca Juga: 11 Pemain Chelsea dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Masa, Legenda!

3. Peter Osgood 

Termasuk Didier Drogba, Ini 5 Legenda Terbaik Chelsea Sepanjang Masachelseafc.com

Peter Osgood merupakan pahlawan Chelsea sepanjang tahun 1960 hingga 1970-an. Penyerang asal Inggris itu merupakan produk asli akademi The Blues. Ia promosi ke skuad utama pada tahun 1964 saat usianya masih 17 tahun. Kehebatan sang pemain terlihat saat Chelsea melakukan tur akhir musim ke Australia, di mana ia mampu menciptakan 12 gol dalam 8 pertandingan.

Meski sempat patah kaki dan absen selama setahun, hal tersebut ternyata tidak menghalangi kesuksesan dari sang pemain. Osgood selalu diandalkan Chelsea di lini depan untuk menciptakan gol.

Selama membela Chelsea, ia mampu membukukan 96 gol dalam 226 pertandingan. Untuk mengenang jasa sang pemain yang sudah meninggal pada tahun 2006, Chelsea telah mendirikan patung Osgood di luar Stamford Bridge.

4. Jimmy Floyd Hasselbaink 

Termasuk Didier Drogba, Ini 5 Legenda Terbaik Chelsea Sepanjang Masaplanetfootball.com

Jimmy Floyd Hasselbaink membela Chelsea selama 4 musim, dari tahun 2000 hingga 2004. Walau tergolong cukup singkat, ia sukses memberikan kesan yang luar biasa di Stamford Bridge.

Di laga debutnya, sang pemain mampu menciptakan gol ke gawang Manchester United pada pertandingan Piala FA. Tak hanya itu, pemain asal Belanda itu juga mampu meraih penghargaan top skor Premier League sebanyak 2 kali, pada musim 1998/1999 dan 2000/2001.

Hasselbaink juga membentuk mitra duet yang baik bersama Eidar Gudjohnsen di lini depan The Blues. Dari 177 laga di berbagai ajang, ia mampu membukukan 88 gol dan 24 assist. Meski hanya mempersembahkan 1 gelar, sang pemain tetap dinilai sebagai legenda modern di klub.

5. John Terry 

Termasuk Didier Drogba, Ini 5 Legenda Terbaik Chelsea Sepanjang Masagoal.com

John Terry adalah salah satu pemain paling berprestasi dalam sejarah Premier League. Ia total menghabiskan 19 tahun di Stamford Bridge dan memenangi begitu banyak gelar juara.

Bek asal Inggris itu pindah ke Chelsea saat usianya masih sangat muda, yakni 14 tahun. Ia baru masuk ke tim utama pada tahun 1998. Pada musim 2000/2001, sang pemain sukses membuktikan dirinya sebagai pemain reguler di skuad inti.

Terry sendiri telah memenangi lima gelar Premier League, lima Piala FA, tiga Piala Liga, dua Community Shield, satu Liga Europa, dan satu Liga Champions. Ia juga memenangi PFA Player of the Year pada musim 2004/2005. Terry merupakan kapten tersukses dalam sejarah Chelsea dan telah membuat lebih dari 500 penampilan untuk klub.

 

Itulah tadi deretan 5 legenda Chelsea terbaik sepanjang masa. Dari kelima legenda itu, siapa yang paling kamu idolai?

Baca Juga: 8 Pemain Paling Diandalkan Chelsea Sepanjang Sejarah, Darah Biru!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya