11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Sama

Didominasi oleh pemain Jerman dan Bayern Munchen

Piala Dunia dan Liga Champions merupakan dua piala terbesar di sepak bola dunia saat ini. Piala Dunia diselenggarakan  4 tahun sekali dan diikuti oleh berbagai negara di dunia. Sedangkan Liga Champions adalah sebuah kompetisi yang diikuti oleh klub divisi tertinggi Eropa dan diselenggarakan tiap tahun.

Tentu suatu kebanggaan bagi setiap pemain sepak bola yang berhasil memenangkan dua piala tersebut. Apalagi para pemain sepak bola tersebut memenanginya di tahun yang sama. Tentu sebuah pencapaian yang luar biasa.

Berikut ini 11 pemain yang memenangi dua piala tersebut di tahun yang sama. Siapa saja?

1. Raphael Varane (Tahun 2018)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang SamaInstagram/raphaelvarane

Varane memenangi Liga Champions bersama Real Madrid setelah mengalahkan Liverpool di partai final dengan skor 3-1 dan memastikan Los Blancos menambah gelarnya menjadi 13 kali juara Liga Champions.

Dua bulan kemudian, Varane memenangi Piala Dunia bersama timnas Prancis setelah mengalahkan Kroasia di partai final dengan skor 4-2. Kedua momen tersebut terjadi di tahun 2018.

2. Sami Khedira (Tahun 2014)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang SamaInstagram/sami_khedira6

Khedira memenangi Liga Champions bersama Real Madrid pada bulan Mei 2014. Pada bulan Juli, ia membantu Jerman meraih kemenangan tipis 1-0 atas Argentina di Piala Dunia.

3. Roberto Carlos (Tahun 2002)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samaespn.com

Roberto Carlos adalah salah satu bek kiri terbaik di dunia saat itu. Golnya ke gawang Prancis pada 3 Juni 1997 akan selalu diingat oleh pencinta sepak bola. Pada tahun 2002, mungkin menjadi momen yang paling mengesankan bagi pemain asal Brazil tersebut. Ia mampu mengantar Real Madrid meraih juara Liga Champions setelah mengalahkan Bayer Leverkusen di final dan berhasil mempersembahkan gelar Piala Dunia untuk negaranya setelah mengalahkan Jerman 2-0.

4. Christian Karembeu (Tahun 1998)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samalequipe.fr

Christian Karembeu mungkin bukan pemain yang begitu sangat terkenal. Namun siapa sangka, pemain ini berhasil mengantarkan Real Madrid juara Liga Champions setelah mengalahkan Juventus di final. Ia juga turut mengantarkan timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia setelah mengalahkan Brazil di final dengan skor 3-0 pada tahun 1998.

5. Jupp Kapellmann (Tahun 1974)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samaabendzeitung-muenchen.de

Kapellmann merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Ia mampu mengantar tim Bayern Munchen dan Jerman Barat menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia pada tahun 1974.

Baca Juga: Siap Dimulai Lagi, Ini Jadwal Lengkap Liga Champions Babak 16 Besar

6. Hans-Georg Schwarzenbeck (Tahun 1974)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samagoal.com

Sama seperti Kapellmann, Schwarzenbeck juga menjadi bagian dari Bayern Munchen dan Jerman Barat pada tahun 1974 yang memenangi Liga Champions dan Piala Dunia.

7. Sepp Maier (Tahun 1974)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samadfb.de

Sepp Maier adalah penjaga gawang yang hebat bagi Bayern Munchen dan Jerman Barat. Ia selalu jadi andalan di bawah mistar gawang dan memenangi Liga Champions serta Piala Dunia pada tahun 1974.

8. Franz Beckenbauer (Tahun 1974)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samadailymail.co.uk

Beckenbauer merupakan salah satu bek yang melegenda di eranya. Ia menjadi salah satu pemain yang ikut mengantarkan Bayern Munchen dan Jerman Barat sebagai juara Liga Champions dan Piala Dunia di tahun yang sama yaitu tahun 1974.

9. Paul Breitner (Tahun 1974)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samadailymail.co.uk

Pemain lain yang memenangi Liga Champions dan Piala Dunia adalah Paul Breitner. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu mengantarkan Bayern Munchen dan Jerman Barat menjadi juara pada tahun 1974.

10. Uli Hoeness (Tahun 1974)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samaliverpoolecho.co.uk

Dia adalah pemain penting bagi Bayern Munchen ketika menjuarai Liga Champions pada 1974 dan berperan juga dalam kemenangan Jerman Barat di Piala Dunia di akhir tahun.

11. Gerd Muller (Tahun 1974)

11 Pemain Menjuarai Liga Champions dan Piala Dunia di Tahun yang Samafootyfair.com

Nama terakhir ini adalah pemain Bayern Munchen dan Jerman Barat yang ikut mengantarkan timnya menjadi juara Liga Campions dan Piala Dunia pada tahun 1974.

Itu tadi 11 pemain yang mampu memenangi Liga Champions dan Piala Dunia di tahun yang sama. Apakah pada Piala Dunia 2022 akan ada nama lagi yang mampu meraih kedua piala tersebut?

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Jamu Uni Emirat di Bali

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya