5 Mantan Pemain Barcelona yang Bisa Pulang ke Catalunia Musim Depan

Efek Joan Laporta!

Barcelona kerap kali diperkuat oleh para pemain hebat setiap musimnya. Meski sejumlah pemain sudah tidak lagi berseragam Barcelona, mereka masih terus dikaitkan untuk kembali ke Camp Nou, baik menjadi pelatih maupun mengemban tugas lain. Beberapa nama bahkan semakin santer dihubungkan dengan Barca setelah tim tampil mengecewakan dalam beberapa bulan terakhir.

Barcelona baru saja tersingkir dari Liga Champions setelah dikalahkan oleh Paris Saint-Germain. Kini, kehadiran Joan Laporta sebagai presiden baru membuat sejumlah mantan pemain Barca dikaitkan untuk kembali ke Camp Nou. Lantas, siapa saja nama-nama tersebut? Check this out!

1. Victor Valdes 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bisa Pulang ke Catalunia Musim Depanfourfourtwo.com

Victor Valdes merupakan salah satu kiper terbaik  era modern yang pernah dimiliki oleh Barcelona. Ia dinilai bisa kembali ke Camp Nou jika dibutuhkan. Valdes sendiri membela Blaugrana lebih dari satu dekade lamanya. Sejumlah trofi bergengsi berhasil dimenangkan oleh sang kiper saat masih bermain di Camp Nou.

Total, 11 gelar sukses dipersembahkannya untuk para pendukung Barcelona. Kini di bawah kepemimpinan Laporta, ia dinilai bisa kembali ke Barcelona dengan tugas yang berbeda. Sebelumnya, pria yang saat ini berusia 39 tahun itu sudah pernah menjabat sebagai pelatih di tim muda Barcelona. Namun, karena perselisihannya dengan Patrick Kluivert, ia memilih mundur dari kursi pelatih U-19.

Baca Juga: Syarat Mutlak Messi Buat Bertahan di Barcelona

2. Jordi Cruyff 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bisa Pulang ke Catalunia Musim Depanfifa.com

Saat masih remaja, Jordi Cruyff pernah menimba ilmu di akademi Barcelona. Sayangnya, karier sang pemain di tim utama tidak berjalan mulus. Meski demikian, ia tetap dikenang sebagai salah satu pemain berbakat yang pernah dimiliki Barcelona. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, Jordi Cruyff sudah beberapa kali menangani sejumlah tim di luar Eropa.

Pria yang saat ini berusia 47 tahun itu diyakini akan kembali ke Barcelona di bawah kepemimpinan Laporta. Meski belum resmi menerima tawaran, ada indikasi ia akan ditunjuk sebagai administratif di klub asal Catalunya itu.

3. Carles Puyol 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bisa Pulang ke Catalunia Musim Depanfifa.com

Sepanjang kariernya, Carles Puyol hanya bermain untuk Barcelona. Karena itu, jangan lagi dipertanyakan soal kesetiaannya terhadap tim berjuluk Blaugrana tersebut. Saat masih aktif bermain, ia juga dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan menjadi panutan bagi para pemain muda.

Setelah pensiun, Puyol pernah menjabat sebagai administratif di Barcelona. Tak hanya itu, ia juga pernah mengemban tugas sebagai asisten direktur olahraga. Di bawah kepemimpinan Laporta, pria yang saat ini berusia 42 tahun itu bisa jadi akan diberi amanah yang lebih besar. Barcelona sendiri sangat membutuhkan ide dari Puyol, baik di dalam maupun luar lapangan.

4. Pep Guardiola 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bisa Pulang ke Catalunia Musim Depanfcbarcelona.com

Tak bisa dimungkiri bahwa Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Sebelum berjaya dengan Manchester City dan Bayern Munchen, pria berkepala pelontos itu pernah membesut Barcelona. Hasilnya, sejumlah gelar bergengsi berhasil dipersembahkan oleh Guardiola untuk para pendukung Barca.

Melihat kondisi klub yang mengecewakan saat ini, mengembalikan pelatih asal Spanyol itu ke Camp Nou bisa menjadi opsi yang menarik. Ia memang masih memiliki kontrak dengan Manchester City hingga saat ini. Namun, Guardiola bisa saja tergoda untuk kembali lagi ke Camp Nou.

5. Xavi Hernandez 

5 Mantan Pemain Barcelona yang Bisa Pulang ke Catalunia Musim Depanmarca.com

Jika gagal mendapatkan Guardiola, Barcelona dapat menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih utama. Pria berusia 41 tahun itu saat ini sedang melatih tim Qatar, Al Sadd. Meski pengalamannya masih minim, ia dinilai mampu membawa Barcelona kembali berjaya.

Kabarnya, Laporta sudah siap mendatangkan Xavi untuk prospek jangka panjang di Barcelona untuk menggantikan Ronald Koeman. Dengan dukungan dari Laporta, kembalinya Xavi ke Camp Nou bisa dibilang hanya soal waktu. Xavi sepertinya akan kembali ke Barcelona ketika momen yang tepat dan saat ini sedang menyempurnakan dirinya di Qatar.

 

Jika kelima mantan pemain Barcelona itu kembali ke Camp Nou, apakah akan berdampak signifikan ke performa Blaugrana?

Baca Juga: Harmonis, Ini 9 Potret Xavi Hernandez Bersama Keluarga Kecilnya

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya