Comscore Tracker

5 Mantan Pemain Serie A yang Bermain di Liga 1, Ada Eks Juventus 

Tidak ada yang bertahan lama di Indonesia 

Semenjak berganti nama menjadi Liga 1 pada 2017, kompetisi tertinggi di sepak bola Indonesia tersebut telah menghasilkan beberapa pemain bintang. Liga 1 memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta sepak bola Indonesia. Salah satunya karena pemain asing yang didatangkan oleh para klub peserta Liga 1.

Tak jarang, beberapa klub juga mendatangkan para pemain asing yang pernah bermain di kasta tertinggi di Eropa, salah satunya kompetisi Serie A. Tercatat ada lima pemain yang pernah bermain di kasta tertinggi Italia tersebut dan melanjutkan karier di kompetisi Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Mohamed Sissoko 

5 Mantan Pemain Serie A yang Bermain di Liga 1, Ada Eks Juventus goal.com/Abi Yazid / Goal

Sebelum bergabung dengan Mitra Kukar pada tahun 2017, pemain berkebangsaan Mali ini telah bermain dengan beberapa klub elite, seperti Liverpool, PSG, Fiorentina, hingga Juventus. Dengan Juventus, Sissoko bermain selama 3,5 tahun dan mencatatkan 100 penampilan dan mencetak 3 gol serta 5 assist di semua ajang.

Bersama Mitra Kukar sendiri, Sissoko telah bermain sebanyak 26 pertandingan dan mencetak 5 gol serta 3 assist. Posisi asli Sissoko adalah gelandang bertahan.

2. Michael Essien 

5 Mantan Pemain Serie A yang Bermain di Liga 1, Ada Eks Juventus goal.com/Abi Yazid / Goal

Essien bergabung dengan Persib Bandung di Liga 1 pada tahun 2017. Sepanjang karier sepak bola profesionalnya, ia lebih banyak bermain untuk Chelsea. Bahkan, ia sempat mencicipi juara Liga Champions bersama The Blues pada musim 11/12.

Setelah cukup lama berseragam Chelsea, Essien sempat dipinjamkan ke Real Madrid sebelum akhirnya membela AC Milan dari tahun 2014 hingga 2015.

Selama membela AC Milan, pemain asal Ghana itu telah bermain sebanyak 22 laga di Serie A dan Liga Champions. Sedangkan bersama Persib Bandung, Essien bermain sebanyak 30 laga dan membukukan 5 gol dan 1 assist.

Baca Juga: Karier Essien, dari Bintang Eropa Lalu Diputus Kontrak Persib

3. Tijani Belaid 

5 Mantan Pemain Serie A yang Bermain di Liga 1, Ada Eks Juventus goal.com/Abi Yazid / Goal

Tijani Belaid merupakan pemain akademi Inter Milan. Namun setelah promosi ke skuad senior, ia hanya bermain sekali bersama Inter ketika melawan Reggina di Serie A dan lebih sering dipinjamkan. Hingga akhirnya ia dibeli oleh Slavia Prague pada Juli 2008.

Belaid berkarier di Indonesia bersama Sriwijaya FC pada tahun 2017 dan Borneo FC pada tahun 2018. Selama bermain di Liga 1, Belaid telah memainkan laga sebanyak 39 kali dan mencetak 6 gol serta 15 assist.

4. Douglas Packer 

5 Mantan Pemain Serie A yang Bermain di Liga 1, Ada Eks Juventus goal.com

Douglas Packer membela Barito Putera dari tahun 2017 hingga 2019. Bersama Laskar Antasari, ia berhasil mencetak 18 gol dan 4 assist dari 62 pertandigan. Sementara itu, Douglas Packer pernah memperkuat Juventus. Namun, ia tidak pernah bermain di Serie A bersama Bianconeri.

Ia tercatat bermain di Serie A dengan AC Siena sebanyak 4 kali. Total waktu bermainnya pun cukup minim yakni hanya 61 menit.

5. Marco Motta 

5 Mantan Pemain Serie A yang Bermain di Liga 1, Ada Eks Juventus goal.com/Alvino Hanafi

Marco Motta merupakan pemain asing Persija Jakarta terbaru di Liga 1 musim ini. Sebelum bergabung dengan Macan Kemayoran, Motta telah malang melintang di Serie A. Tercatat, ia telah bermain sebanyak 177 pertandingan dengan memperkuat Atalanta, Udinese, Torino, AS Roma, Bologna, Juventus, hingga Genoa.

Motta sendiri baru bermain sebanyak 2 kali bersama Persija dengan menciptakan 1 assist. Sebelum akhirnya Liga 1 harus terhenti karena pandemi virus korona.

 

Itu tadi lima eks pemain Serie A yang pernah bermain di liga tertinggi Indonesia. Namun sayang, tidak ada pemain yang bertahan lama di Indonesia. Kini hanya menyisakan Marco Motta yang baru didatangkan Persija Jakarta awal musim ini.

Baca Juga: 6 Pemain Lokal Liga 1 Ini Siap Merumput di Luar Negeri, Siapa Saja? 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya