Mengapa Amerika Serikat Menyebut Sepak Bola dengan Soccer?

Istilah Soccer ternyata malah berasal dari Inggris, lho

Istilah football dan soccer belakangan kembali ramai diperbincangkan di media sosial. Itu tidak terlepas dari pertandingan Timnas Inggris melawan Timnas Amerika Serikat di Grup B Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (26/11/2022).

Baik football atau soccer, kedua kata tersebut sebenarnya memiliki makna yang sama, yakni sepak bola. Hanya saja, football lebih umum digunakan oleh banyak negara, termasuk Inggris, dalam menyebut permainan sepak bola. Sementara itu, soccer hanya dipakai oleh masyarakat Amerika Serikat dan sekitarnya untuk menjuluki permainan sepak bola.

Lantas, mengapa penduduk Negeri Paman Sam menyebut sepak bola dengan soccer?

1. Kata soccer justru berasal dari Inggris

Mengapa Amerika Serikat Menyebut Sepak Bola dengan Soccer?Timnas Amerika Serikat (instagram.com/usmnt)

Semua bermula pada abad ke-19 di Inggris. Dilansir Time, profesor ekonomi University of Michigan, Stefan Szymanski, dalam makalahnya tahun 2014, menulis bahwa soccer bukan berasal dari Amerika Serikat, tetapi berasal dari Inggris.

Kata soccer digunakan orang Inggris pada akhir abad ke-19 untuk membedakan antara sepak bola dengan rugbi. Ketika itu, sepak bola dan rugbi merupakan olahraga yang banyak dimainkan di Inggris.

Pada tahun 1863, Inggris kemudian membentuk Association Football untuk membuat beberapa aturan mengenai sepak bola. Di sisi lain, rugbi juga melakukan hal yang sama dengan membentuk Rugby Football pada 1871. Inilah yang menjadi awal mula perbedaan istilah sepak bola di Inggris dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Inggris Belum Pernah Menang dari Amerika Serikat di Piala Dunia

2. Istilah soccer masuk ke Amerika Serikat pada awal abad ke-20

Mengapa Amerika Serikat Menyebut Sepak Bola dengan Soccer?Aksi Tyler Adams (kiri) dalam pertandingan Timnas Amerika Serikat melawan Timnas Wales di Piala Dunia 2022. (twitter.com/tyler_adams14)

Menurut Stefan Szymanski, orang Inggris ketika itu sangat suka menyingkat kata-kata dan kerap menjadikannya sebagai frasa baru. Di sini kemudian muncul dua istilah. Rugby Football disingkat menjadi “rugger”, sedangkan Footbal Association dijuluki “soccer”.

Kedua jenis olahraga tersebut kemudian menyebar ke seluruh dunia. Dilansir Britannica, pada awal abad ke-20, soccer menjadi sebutan umum untuk sepak bola di Amerika Serikat. Julukan itu disematkan sebagai pembeda dari American Football. American Football adalah olahraga yang diadopsi dari permainan rugbi.

Karena permainan soccer makin dikenal banyak orang, Amerika Serikat kemudian mendirikan induk sepak bola di negaranya dengan nama United States Soccer Football Association pada 1945. Namun, nama tersebut kembali diubah dengan sebutan United States Soccer Federation pada 1974 yang dipakai sampai saat ini.

3. Inggris masih menggunakan kata Soccer hingga 1980-an 

Mengapa Amerika Serikat Menyebut Sepak Bola dengan Soccer?Sergino Dest dan Raheem Sterling dalam pertandingan Timnas Inggris vs Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Di Inggris, penduduk sana masih menggunakan istilah soccer untuk sepak bola hingga tahun 1980-an. Setelah itu, warga Inggris justru jengah dengan kata tersebut dan menggantinya dengan football.

Sebagai informasi, Amerika Serikat bukan satu-satunya negara yang menggunakan kata soccer untuk menyebut sepak bola. Negara-negara seperti Jepang, Kanada, dan Australia juga menggunakan istilah yang sama. Bahkan, Timnas Australia memiliki julukan The Socceroos.

Baca Juga: 6 Pemain EPL yang Dibawa Timnas Amerika Serikat ke Piala Dunia 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya