5 Momen Aneh Ronaldo yang Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2022

Termasuk klaim gol Bruno Fernandes 

Cristiano Ronaldo menjadi sorotan belakangan ini. Itu tidak lepas dari sikap sang pemain kala membela Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar. CR7, misalnya, terlihat kesal tidak dimainkan Fernando Santos sebagai starter saat Portugal membantai Swiss dengan skor 6-1 pada babak 16 besar, Rabu (7/12/2022).

Ternyata, itu bukan satu-satunya momen aneh Ronaldo yang mencuri perhatian di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, pemain berusia 37 tahun itu juga beberapa kali menjadi sorotan karena ulahnya yang ganjil.

1. Terlalu mudah jatuh saat melawan Ghana

5 Momen Aneh Ronaldo yang Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo (twitter.com/selecaoportugal)

Cristiano Ronaldo mencetak gol pertamanya di Piala Dunia 2022 saat melawan Ghana pada partai pembuka Grup H. Dia mencetak gol dari titik penalti sekaligus mengantarkan Selecao das Quinas menang dengan skor 3-2.

Meski begitu, hadiah penalti yang didapatkan Ronaldo itu sempat menjadi perdebatan. Sebab, dalam tayangan ulangnya, Ronaldo terlihat terlalu mudah jatuh. Padahal tekel dari pemain Ghana tergolong minim.

Kendati begitu, wasit dan VAR tetap memberikan hadiah tendangan penalti kepada Portugal. Keputusan wasit itu pada akhirnya membuat sejumlah penonton layar kaca kesal.

2. Mengeklaim gol Bruno Fernandes

5 Momen Aneh Ronaldo yang Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2022Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo (twitter.com/selecaoportugal)

Timnas Portugal kemudian bersua Uruguay pada matchday kedua Grup H. Bruno Fernandes menjadi bintang dalam pertandingan tersebut setelah mencetak brace sekaligus memastikan kemenangan Portugal 2-0.

Menariknya, Cristiano Ronaldo tiba-tiba mengeklaim gol pertama Fernandes sebagai miliknya. CR7 yang berada di depan gawang Uruguay berniat menyundul bola yang telah ditendang Fernandes. Namun, bola tidak mengenai kepalanya dan langsung masuk ke gawang Sergio Rochet.

Anehnya, Ronaldo justru melakukan selebrasi atas gol itu. FIFA kemudian mengumumkan bahwa gol tersebut milik Fernandes. Oleh karena hal itu, netizen pun ramai-ramai memberikan komentar negatif di media sosial mengenai aksi Ronaldo.

Baca Juga: Mengapa Portugal Bermain Lebih Cair Tanpa Cristiano Ronaldo?

3. Memberikan assist untuk Korea Selatan 

5 Momen Aneh Ronaldo yang Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo (twitter.com/selecaoportugal)

Cristiano Ronaldo kembali diturunkan sebagai starter pada pertandingan terakhir Grup H lawan Korea Selatan. Sialnya, Portugal saat itu justru kalah dengan skor 1-2 dari wakil Asia tersebut.

CR7 bikin assist di laga itu, tetapi bukan untuk rekan setimnya, melainkan buat Korea Selatan. Dalam situasi bertahan dari sepak pojok lawan, Ronaldo kaget mengantisipasi bola yang datang.

Bola kemudian mengenai punggungnya dan mengarah kepada Kim Young Gwon. Tanpa pengawalan, Kim Young Gwon dengan mudah menjebloskan bola ke gawang Portugal.

Tidak sampai di situ, Ronaldo kembali berulah saat ditarik keluar lapangan pada menit ke-65. Dia menunjukkan reaksi negatif dan terlibat adu mulut dengan pemain Korea Selatan yang memintanya keluar lebih cepat. Kabarnya, Fernando Santos tidak suka dengan sikap kapten Portugal tersebut.

4. Buntut panjang adu mulut Ronaldo 

Adu mulut Cristiano Ronaldo dengan pemain Korea Selatan tampaknya berbuntut panjang di ruang ganti Portugal. Akibatnya, Fernando Santos benar-benar tidak suka dengan sikap pemain berusia 37 tahun tersebut.

“Saya sungguh tidak suka melihatnya (sikap Ronaldo). Namun, kasus ini sudah selesai. Sekarang, kami harus memikirkan pertandingan besok,” ujar pelatih berusia 68 tahun tersebut setelah laga melawan Korea Selatan seperti dikutip Express.

Pada akhirnya, Santos memilih mencadangkan Ronaldo di pertandingan melawan Swiss pada babak 16 besar. Hal itu kabarnya dilakukan sang pelatih sebagai bentuk hukuman untuk sang pemain. Menariknya, tampil tanpa Ronaldo, Portugal justru bermain jauh lebih baik dengan sukses mencetak enam gol.

5. Ronaldo meninggalkan lapangan saat rekan-rekannya merayakan kemenangan 

Portugal berpesta saat melawan Swiss pada fase gugur Piala Dunia 2022. Mereka menang telak 6-1. Kemenangan besar itu jelas perlu dirayakan oleh para pemain dengan penggemar yang hadir di stadion.

Meski begitu, setelah laga berakhir, ketika para pemain Selecao das Quinas merayakan kemenangan bersama fans di stadion, Ronaldo justru terlihat melipir masuk ke ruang ganti sendirian. Sampai saat ini, belum diketahui apa alasan CR7 melakukan hal itu. Sikapnya tersebut dianggap banyak orang sebagai gestur negatif.

Terlepas dari itu semua, Ronaldo harus menyiapkan diri untuk menghadapi Maroko di perempat final Piala Dunia 2022. Pertandingan yang digelar di Al-Thumama Stadium tersebut akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Pelatih Portugal Buka-bukaan Alasan Cadangkan Ronaldo

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya